UNTUK INDONESIA

M Lutfi Jadi Menteri Perdagangan, Martin: Langsung Kerja!

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung meminta Muhammad Lutfi langsung bekerja, usai ditetapkan menjadi Menteri Perdagangan.
Wakil Ketua Komisi VI dari Fraksi Partai NasDem, Martin Manurung. (Foto: Tagar/Dokumen Martin Manurung)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau mengumumkan perombakan atau reshuffle di Kabinet Indonesia Maju, pada Selasa, 22 Desember 2020.

Dalam pengumuman tersebut, Jokowi mengenalkan enam orang nama sebagai menteri-menteri baru di pemerintahannya. Salah satunya adalah Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi yang menggantikan Agus Suparmanto.

Kita harapkan jajaran Kemendag untuk terus terjun ke lapangan guna memastikan kecukupan pasokan dan kelancaran distribusi, khususnya bahan pangan

Menanggapi pergantian orang nomor satu di Kementerian Perdagangan ini, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung menyebut langkah yang diambil itu adalah prerogatif presiden.

Namun sebagai bagian dari pengawas kementerian tersebut, dia berharap Lutfi bisa langsung bekerja, mengingat jabatan tersebut bukanlah hal yang baru baginya.

"Sebelumnya sudah pernah menjabat (Menteri Perdagangan) juga. Saya berharap tidak perlu lagi banyak penyesuaian dan langsung bekerja," ujarnya.

Ketua DPP Partai NasDem ini juga mengingatkan adanya tantangan yang harus dihadapi dalam waktu yang sangat cepat oleh Mendag baru.

Tantangan yang dimaksud adalah bagaimana mendorong kinerja perdagangan, khususnya ekspor, di masa pandemi dan pemulihan ekonomi.

Tak hanya itu, Martin menegaskan, menghadapi pandemi Covid-19 ini, penting untuk terus memperkuat pasar domestik di tengah persaingan global.

"Kedua hal ini dilakukan dengan mendorong produk-produk unggulan nasional sehingga memperoleh pasar global lebih luas," kata dia.

Lebih lanjut, kata Martin, sebagai Mendag yang baru, Lutfi diharapkan bisa meneruskan stabilitas harga agar dapat melindungi konsumen dan produsen nasional.

"Kita harapkan jajaran Kemendag untuk terus terjun ke lapangan guna memastikan kecukupan pasokan dan kelancaran distribusi, khususnya bahan pangan," ucap Martin Manurung.[]

Berita terkait
Martin Manurung: DPP NasDem Kawal Kemenangan Vantas di Samosir
Martin Manurung menegaskan, DPP Partai NasDem akan terus mengawal kemenangan Vandiko Gultom - Martua Sitanggang di Pilkada Kabupaten Samosir.
Profesional Jabat Menteri, Jokowi Harus Tendang Wakil Partai
Presiden Joko Widodo atau Jokowi harus pertimbangkan profesional nonpartai duduki menteri Kabinet Indonesia Maju, tendang wakil partai korupsi.
Pengamat: Kabinet Reshuffle Jokowi untuk Realisasikan Omnibus Law
Pengamat Sosial Politik menilai reshuffle kabinet kali ini kurang menggambarkan itikad istana memperbaiki kinerja kabinet Jokowi Jilid II.
0
M Lutfi Jadi Menteri Perdagangan, Martin: Langsung Kerja!
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung meminta Muhammad Lutfi langsung bekerja, usai ditetapkan menjadi Menteri Perdagangan.