UNTUK INDONESIA
Luis Suarez Gagal Menangkan Barcelona Atas Celta
Striker Luis Suarez memborong 2 gol, namun Barcelona gagal raih 3 poin usai ditahan Celta Vigo. Meski ke puncak, Barca bisa digeser Real Madrid.
Striker Luis Suarez (menghadap lensa) memborong 2 gol, namun Barcelona gagal raih 3 poin usai ditahan Celta Vigo 2-2 di pertandingan La Liga Spanyol di Stadion Balaidos, Minggu, 28 Juni 2020 dini hari WIB. Meski kembali ke puncak, Barca bisa digeser Real Madrid. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Striker Luis Suarez memborong 2 gol, namun Barcelona gagal meraih 3 poin setelah ditahan Celta Vigo 2-2 dalam duel La Liga Spanyol di Stadion Balaidos, Minggu, 28 Juni 2020 dini hari WIB. Meski kembali ke puncak klasemen, namun posisi Barca sama sekali tidak aman dan bisa digeser Real Madrid. 

Hasil mengecewakan kembali diraih Barca saat menghadapi persaingan ketat dengan Madrid dalam perebutan titel liga. Ke-2 tim silih berganti menduduki tahta klasemen. 

Dalam persaingan ini, Madrid lebih diuntungkan karena unggul head to head dengan Barca. Saat ke-2 tim memiliki poin sama, Madrid yang bertengger di puncak. 

Kami tak lagi berusaha mencetak gol dan merasa nyaman di babak kedua. Hasil ini memang tak adil bagi kami

Ini yang menjadikan Barca bakal kesulitan setelah hanya meraih 1 poin di kandang lawan. Dan, ini untuk kali ke-2 Blaugrana kehilangan poin karena sebelumnya mereka ditahan Sevilla tanpa gol. 

Hasil tersebut memang mengembalikan Barca ke puncak dengan poin 69. Namun Lionel Messi dkk hanya unggul 1 poin dari Madrid yang bakal kembali ke puncak bila menang atas Espanyol dalam laga pada Senin, 29 Juni 2020 dini hari WIB. Bahkan hasil imbang di laga tersebut sudah bisa membawa Los Merengues ke puncak. 

Sementara, Celta Vigo masih berkutat di papan bawah. Mereka menduduki peringkat 16 dengan poin 34.

Pelatih Barca Quique Setien merasa kecewa dengan hasil imbang tersebut. Menurut dia Barca seharusnya memenangkan laga karena bermain lebih baik dan menguasai permainan. 

Hanya dia mengakui Celta Vigo berani mengambil risiko saat pertandingan memasuki menit-menit akhir. Upaya mereka membuahkan hasil dengan mencetak gol yang menyamakan kedudukan.

"Mereka mengambil risiko di menit-menit terakhir dan berhasil mencetak gol yang menjadikan mereka meraih poin," kata Setien kepada Marca

"Kami seharusnya tidak berada dalam situasi seperti itu karena kami bermain lebih baik, terutama di babak pertama. Kami tak lagi berusaha mencetak gol dan merasa nyaman di babak kedua. Hasil ini memang tak adil bagi kami," ucapnya. 

Striker Antoine Griezmann Dibangkucadangkan

Di laga itu, Setien kembali membangkucadangkan striker Antoine Griezmann. Meski demikian Barca langsung menekan dan menunjukkan dominasinya atas Celta. 

Peluang pertama diperoleh bek Gerard Pique saat menyambut bola dari sepak pojok di laga yang baru berjalan 4 menit. Namun sundulannya masih membentur tiang gawang. 

Tak lama berselang, gawang tuan rumah kembali mendapat ancaman. Saat terjadi kemelut di depan gawang lewat sepak pojok Messi, namun Ricard Puig yang mendapat bola gagal menuntaskannya karena tendangan dia masih melenceng. 

Celta VigoKapten Celta Vigo Iago Aspas (kanan) merayakan gol yang dicetaknya menjelang akhir pertandingan La Liga Spanyol melawan Barcelona di Stadion Balaidos, Minggu, 28 Juni 2020 dini hari WIB. Kedua tim bermain imbang 2-2. (Foto: standard.co.uk)

Barca akhirnya berhasil mencetak gol lewat Suarez pada menit 20. Gol berawal dari tendangan bebas Messi yang disambut penyerang tim nasional Uruguay ini. Sundulannya pun menembus gawang Celta Vigo.

Dalam posisi tertinggal, Celta mencoba bangkit. Paling tidak mereka mendapat 2 peluang melalui Iago Aspas. Namun peluang itu bisa digagalkan kiper Marc-Andre ter Stegen. Skor 1-0 untuk Barca bertahan sampai akhir babak pertama. 

Di babak kedua, Barca tak lagi bermain agresif menekan lawan. Situasi itu dimanfaatkan dengan baik oleh Celta. Hasilnya, laga baru berjalan 5 menit, tuan rumah mampu menyamakan kedudukan melalui Fyodor Smolov. Gol tercipta setelah dia menyambut umpan dari Okay Yokuslu

Namun kedudukan 1-1 tak bertahan lama. Barca kembali unggul setelah Suarez mencetak gol ke-2 di laga tersebut. Dia, lagi-lagi menyelesaikan umpan dari Messi di menit 67. 

Pada menit 80, Celta hampir menyamakan kedudukan melalui Nolito. Sayangnya, usaha dia bisa digagalkan kiper Ter Stegen. 

Baca juga:

Kembali No 1, Barcelona Tunggu Hasil Real Madrid

Bek Barcelona Tak Yakin Tim Juara Liga Spanyol

Harapan Celta meraih poin di laga tersebut akhirnya kesampaian lewat tendangan bebas Aspas di menit 88. Gol berawal dari pelanggaran yang dilakukan Pique terhadap Rafinha di luar kotak penalti.

Aspas yang menjadi eksekutor melepaskan tendangan melengkung yang mengakibatkan Ter Stegen mati langkah. Gol yang tercipta menjelang berakhirnya pertandingan disambut suka cita kubu tuan rumah. Skor 2-2 bertahan sampai akhir laga. []

Berita terkait
Pelatih Barca Cari Salahnya Arthur, Ibunya Ngamuk
Pelatih Barcelona Quique Setien menyebut gelandang Arthur Melo gagal memenuhi ekspetasi. Namun pernyataan Setien membuat ibu Arthur mengamuk.
Barca Dikeroyok Madrid dan VAR Perebutkan Titel Liga
Barcelona dikeroyok Real Madrid dan VAR memperebutkan titel La Liga Spanyol. Barca sendiri harus bekerja keras lawan Athletic dini hari nanti.
Barca Tertahan, Messi Beruntung Tak Dikartu Merah
Barcelona kehilangan poin penting setelah ditahan Sevilla 0-0 di laga La Liga Spanyol. Laga diwarnai insiden Lionel Messi dan Diego Carlos.
0
Luis Suarez Gagal Menangkan Barcelona Atas Celta
Striker Luis Suarez memborong 2 gol, namun Barcelona gagal raih 3 poin usai ditahan Celta Vigo. Meski ke puncak, Barca bisa digeser Real Madrid.