Luhut Diutus Jokowi ke AS Promosikan Cipta Kerja ke Tesla

Presiden Jokowi mengatakan, tim tingkat tinggi akan diutus minggu depan untuk mempromosikan Undang-undang Cipta Kerja.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.(Foto:Tagar/Kemenko Marves)

Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan, tim tingkat tinggi akan diutus minggu depan untuk mempromosikan Undang-undang Cipta Kerja atau omnibus law yang menyederhanakan peraturan berbisnis di Indonesia.

Ini sangat penting karena kita punya rencana besar untuk menjadikan Indonesia penghasil baterai lithium terbesar.

"Minggu depan kami akan mengirimkan tim besar ke Amerika dan Jepang, untuk mempromosikan Omnibus," ucap Jokowi seperti dikutip dari Reuters belum lama ini.

Selain itu, tim yang akan dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ini ditugaskan untuk bertemu eksekutif pabrikan mobil listrik Amerika Serikat, Tesla. Tujuannya, mengukuhkan Indonesia sebagai produsen baterai mobil listrik terbesar di dunia.

"Ini sangat penting karena kita punya rencana besar untuk menjadikan Indonesia penghasil baterai lithium terbesar dan kita punya (cadangan) nikel terbesar," sebut Jokowi.

Sementara Luhut, dalam wawancara terpisah mengatakan akan mengadakan pertemuan dengan Bank Dunia dan pengelola dana AS untuk membahas omnibus law dan proyek lingkungan Indonesia.

Namun, Luhut menolak berkomentar tentang rencana pertemuan dengan Tesla, meski mengatakan ada peluang yang sangat bagus bagi perusahaan yang ingin berinvestasi dalam pengolahan nikel Indonesia untuk memangkas biaya.

Sebelumnya, CEO Tesla Elon Musk pernah mengatakan bahwa dia berencana menawarkan kontrak raksasa dalam jangka waktu panjang selama nikel ditambang dengan cara yang efisien dan perduli terhadap lingkungan.

Luhut pun menegaskan, Indonesia bisa membuat rantai pasokan aki ramah lingkungan dalam tujuh hingga 8 tahun dengan menyalakan smelter dengan sumber energi terbarukan. Sehingga bisa menjual aki ramah lingkungan untuk mobil di pasar Eropa pada 2030.[]

Berita terkait
Menko Luhut Kawal Persiapan Pengelolaan Ekosistem Mangrove
Menko Marves Luhut Pandjaitan menyatakan, pemerintah akan merehabilitasi 600.000 hektare area mangrove dalam 4 tahun kedepan.
Luhut Ingin RI Jadi Pasar Kendaraan Listrik Utama di ASEAN
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, berharap Indonesia menjadi salah satu pasar Electronic Vehicle utama di ASEAN.
Menko Luhut: Indonesia Harus Manfaatkan Trend Green Product
Menko Marves Luhut Pandjaitan mengungkapkan, saat ini green product menjadi trend di dunia. Sehingga harus dimanfaatkan Indonesia.
0
Sejumlah Aturan Baru PPDB 2021 untuk SD Hingga SMK
Kemendikbudristek menetapkan delapan aturan baru dalam PPDB 2021 mulai dari perubahan batas usia hingga daya tampung sekolah pada zonasi peserta.