UNTUK INDONESIA
Logo HUT RI Mirip Salib, Ngabalin: Ini Karya Seni
Pihak Istana menjawab keresahan publik yang ramai membicarakan logo HUT RI ke-75 yang disebut-sebut mirip dengan simbol salib. Ini Penjelasannya.
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin ditemui dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 9 Februari 2020. (Foto: Tagar/ANTARA/Fathur Rochman).

Jakarta - Pihak Istana menjawab keresahan publik yang ramai membicarakan logo HUT RI ke-75 yang disebut-sebut mirip dengan simbol salib. Adanya hal tersebut, Tenaga ahli utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin memberi klarifikasi tentang Logo HUT RI itu. 

"Logo ini murni dan resmi asli, bukan salib. Ini adalah sebuah karya seni yang dibuat dan dilakukan oleh teman-teman, anak-anak Indonesia yang memiliki kemampuan karya seni yang luar biasa," kata Ngabalin dalam video yang dibagikannya kepada wartawan, Senin, 10 Agustus 2020.

Anda lihat dari sisi keindahannya, dilihat dari semangat kebersamaan yang dibangun.

Awal dari ramainya perbincangan soal logo tersebut dikarenakan Aliansi Ummat Islam Karanganyar (AUIK) memprotes pemasangan spanduk berlogo HUT RI ke-75 di Karanganyar, Jawa Tengah.

Meski begitu, Ngabalin meminta pada masyarakat untuk tidak berasumsi jauh. Ia ingin masyarakat memahami tanpa berspekulasi macam-macam soal logo kemerdekaan RI ke 75 tersebut. Dia menegaskan logo kemerdekaan RI itu memiliki makna khusus. 

"Anda lihat dari sisi keindahannya, dilihat dari semangat kebersamaan yang dibangun. Jadi jauhkan dari pikiran-pikiran penuh kecurigaan, kebencian, karena apa yang dibangun ini adalah spirit untuk mendorong komitmen dari nilai-nilai Pancasila, nilai-nilai luhur yang dibangun kebersamaan," ucap dia. 

Menurut dia, logo HUT RI itu memiliki makna yang mencerminkan semangat bangsa Indonesia. "Semangat kebhinekaan, semangat kebersamaan, semangat persatuan di usia negara kita 75 tahun," ujar Ngabalin. []

Berita terkait
Ngabalin: Tak Ada Urusan Jokowi dalam Kasus Novel
Ali Ngabalin menegaskan Presiden Jokowi tak bisa ikut campur dalam perkara Novel Baswedan. Tapi Mahfud MD berpendapat sebaliknya.
Aksi MUI Tolak RUU HIP, Ngabalin: Di Mana Otaknya?
Ali Mochtar Ngabalin menilai tuntutan MUI kepada Istana soal RUU HIP tidak masuk akal.
Ali Ngabalin dan Mahfud Md Lempar RUU HIP ke DPR
Tenaga Ahli Utama KSP Ali Mochtar Ngabalin dan Menko Polhukam Mahfud Md memilih melempar pembahasan RUU HIP ke DPR. Sebab, pemerintah fokus corona.
0
Satpam di Bantul Ditemukan Tewas di Penginapan Usai Mabuk
Saksi mata, pemilik penginapan di Bantul, DIY mengatakan sebelumnya korban datang dalam kondisi mabuk.