Listyo Sigit soal Terorisme: Tindak Harus Tegas Tetap Dilakukan!

Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, dalam paparannya saat menjalani fit and proper test di Komisi III, mengatakan akan tindak tegas terorisme.
Calon tunggal Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat ini tengah menjalani fit and proper test di Komisi III DPR RI, Rabu, 20 Januari 2021.. (Foto: Tangkapan layar)

Jakarta - Calon tunggal Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, dalam paparannya saat menjalani fit and proper test di Komisi III, mengatakan Polri akan tetap menindak tegas jaringan terorisme di Indonesia.

Sigit mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mendeteksi adanya upaya penyebaran konten terkait terorisme di media sosial.

Karena kami mendapat masukan dari ulama yang kami datangi bahwa untuk mencegah berkembangnya terorisme, salah satunya adalah belajar kitab kuning

"Kita memang harus berpikir mulai dari tahapan bagaimana mencegah konsep pemaparan melalui teknologi informasi. Jadi, kerja sama kami dengan Kominfo, begitu ada konten yang bernuansa memunculkan ajaran-ajaran atau terdeteksi adalah upaya memunculkan ajaran yang mengarah ke teroris, itu jangan sampai muncul dan akan di takedown," kata Sigit, di Kompleks Parlemen, Rabu, 20 Januari 2021.

"Dan kemudian harus ada langkah yang tegas, sehingga itu tidak muncul lagi dengan proses penegakan hukum, dan berani menghapus itu di dunia maya dengan membuat regulasi ataupun aturan-aturan yang kuat," ucapnya menambahkan.

Selain itu, dia mengaku akan kerja sama dengan tokoh agama, serta ulama untuk melakukan upaya pencegahan dengan memberikan pencerahan agar masyarakat tidak mudah terpapar dengan ajaran-ajaran yang mengarah kepada tindak terorisme.

"Seperti dulu di Banten, saya pernah sampaikan anggota wajib belajar kitab kuning. Karena kami mendapat masukan dari ulama yang kami datangi bahwa untuk mencegah berkembangnya terorisme, salah satunya adalah belajar kitab kuning. Tentunya baik di eksternal maupun internal, itu saya yakini bahwa apa yang disampaikan oleh kawan-kawan ulama benar adanya. Oleh karenanya, itu akan kami lanjutkan," tuturnya.

Lebih lanjut katanya, Polri akan tetap melakukan penegakan hukum terhadap teroris dengan tegas.

"Manakala upaya edukasi, pencegahan, sudah kita lakukan namun itu tetap terjadi, maka karena itu menyangkut keselamatan rakyat, bangsa dan negara, maka tindakan tegas harus tetap dilakukan. Namun, tentunya dengan memperhatikan asas yang ada di dalam hak asasi manusia," ucap Sigit.[]

Berita terkait
Kata Demokrat Polri Terkesan Hambat Tugas KPK, Ini Jawab Listyo
Fraksi Demokrat di Komisi III dalam uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo melontarkan tujuh pertanyaan.
Gerindra: Tak Ada Alasan Menolak Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri
Seluruh fraksi di Komisi III DPR RI secara bulat menyetujui pencalonan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri.
Komjen Listyo Diangkat, Faksi Penolak di Tubuh Polri akan Redup
Faksi di tubuh Polri yang disebut menolak pencalonan Komjen Listyo akan redup jika sudah diangkat sebagi kapolri baru.
0
Simple dan Cepat! Resep Es Cokelat ala Starbucks
Kedai Starbucks seringkali menjadi favorit banyak orang untuk meminum secangkir kopi atau es cokelat yang bisa Anda buat sendiri di rumah.