Lionel Messi Pencetak Gol Terbanyak Internasional di Amerika Selatan

Mesi cetak semua gol saat Argentina menang 3-0 melawan Bolivia di kualifikasi Piala Dunia, dan sekarang mengoleksi 79 gol untuk tim nasional
Kapten Argentina, Lionel Messi, menyundul bola ke gawang Peru pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan di Estadio Nacional, Lima, Peru, 18 November 2020 pagi WIB (Foto: Tagar/Twitter/FIFAWorldCup)

Jakarta - Bintang sepak bola Argentina, Lionel Messi, menjadi pencetak gol internasional teratas dalam sejarah sepak bola Amerika Selatan (Latin) ketika pada hari Kamis, 9 September 2021, Messi menyalip Pelé dari Brasil. Pemain berusia 34 tahun itu mencetak semua gol saat Argentina menang 3-0 melawan Bolivia di kualifikasi Piala Dunia, dan sekarang memiliki 79 gol untuk tim nasional.

Messi mencetak golnya dalam 153 pertandingan untuk Argentina, sementara Pelé mencetak 77 gol dalam 92 pertandingan resmi untuk Brasil.

Kedua gol di Stadion Monumental di Buenos Aires, di depan sekitar 20.000 penggemar, adalah karya seni pemenang Ballon d'Or enam kali itu.

messi beraksi di laga psg vs reimsLionel Messi beraksi dalam debutnya di Paris St Germain (PSG) dengan kemenangan Ligue 1 di Stade de Reims (Foto: independent.ie - Reuters/Benoit Tessier)

Yang pertama datang pada menit ke-14, dengan Messi memindahkan bola di antara kaki bek Bolivia dan menembak dari luar kotak di sebelah kanan kiper Carlos Lampe.

Gol kedua terjadi pada menit ke-64 setelah ia dan striker Lautaro Martinez memukau pertahanan Bolivia dengan pertukaran empat operan cepat. Messi masih sempat menggiring bola melewati satu bek sebelum mencetak gol.

Messi melengkapi hat-tricknya pada menit ke-88 dari jarak dekat setelah mendapatkan rebound dari Lampe.

Messi tidak berbicara tentang rekor setelah pertandingan, tetapi merayakannya dengan mengangkat trofi Copa America di depan penggemar tuan rumah, yang diizinkan untuk hadir setelah jeda 20 bulan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

"Saya menunggu banyak waktu untuk ini, saya mencari ini, saya memimpikan ini," katanya. "Ini adalah momen tunggal karena cara itu terjadi, setelah sekian lama menunggu."

"Tidak ada cara yang lebih baik untuk merayakannya selain berada di sini," tambahnya. "Ibuku, saudara-saudaraku ada di sini di tribun .... Mereka sangat menderita dan hari ini mereka di sini merayakannya. Aku sangat bahagia."

messi trofi copa americaLionel Messi dan trofi Copa America 2021 (Foto: marca.com)

Messi memiliki hubungan yang bermasalah dengan tim nasional, dengan serangkaian kekalahan menyakitkan di Piala Dunia dan Copa America, sampai ia memimpin tim meraih gelar kontinental melawan Brasil pada bulan Juli. Itu adalah gelar besar pertamanya bersama Argentina, tim yang mengalami kekeringan gelar selama 28 tahun.

Pemenang Piala Dunia tiga kali, Pelé, saat ini berada di rumah sakit karena operasi tumor di usus besarnya (marca.com/AP). []

:Pencetak Gol Terbanyak Amerika Selatan:

  1. Lionel Messi: 79 (Argentina)
  2. Pelé: 77 (Brazil)
  3. Neymar: 69 (Brazil)
  4. Luis Suárez: 64 (Uruguay)
  5. Ronaldo: 62 (Brazil)

:Pencetak Gol Terbanyak Internasional:

  1. Cristiano Ronaldo (Portugal): 111 goals
  2. Ali Daei (Irán): 109 goals
  3. Mokhtar Dahari (Malasia): 86 goals
  4. Férenc Puskás (Hungría): 84 goals
  5. Kunishige Kamamoto (Japón): 80 goals
  6. Godfrey Chitalu (Zambia): 79 goals
  7. Lionel Messi (Argentina): 79 goals
  8. Hussein Saeed (Irak): 78 goals
  9. Pelé (Brasil): 77 goals
  10. Sándor Kocsis (Hungría): 75 goals
  11. Bashar Abdullah (Kuwait): 75 goals

Lionel Messi Incar Rekor Jumlah Gol Pele di Copa America

Lionel Messi Pecahkan Rekor Tendangan Bebas di Copa America

Lionel Messi dan Sergio Aguero Akan Cetak 60 Gol Dalam Satu Musim

Kembali Tak Cetak Gol, Messi Puas Argentina Kalahkan Peru

Berita terkait
Lionel Messi dan Rekor Sebagai Pemain Terbaik dalam Sejarah
Pemain nasional Argentina itu melampaui jumlah gol internasional yang dijaringkan pemain legendaris Brasil, Pele
0
Lionel Messi Pencetak Gol Terbanyak Internasional di Amerika Selatan
Mesi cetak semua gol saat Argentina menang 3-0 melawan Bolivia di kualifikasi Piala Dunia, dan sekarang mengoleksi 79 gol untuk tim nasional