UNTUK INDONESIA
Lima Wisata Timor Leste, Kental Nuansa Religi
Timor Leste negara yang pernah menjadi bagian dari NKRI memiliki beberapa wisata yang kental dengan nuansa religi.
Timor Leste negara yang pernah menjadi bagian dari NKRI memiliki beberapa wisata yang kental dengan nuansa religi. (Foto: pesonawisatatimorleste)

Jakarta - Timor Leste negara yang pernah menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini menyimpan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. 

Beberapa destinasi wisata yang terdapat di Timor Leste merupakan bukti perjalanan sejarah dan kebudayaan yang panjang.

Berikut Tagar rangkumkan lima destinasi wisata di Timor Leste yang sayang untuk dilewatkan.

1. Patung Kristus Raja

Timor LesteTimor Leste negara yang pernah menjadi bagian dari NKRI memiliki beberapa wisata yang kental dengan nuansa religi. (Foto: pesonawisatatimorleste)

Kristus Raja adalah patung Kristus yang dibangun di atas bukit tanjung Fatucama, bagian timur Kota Dili, Timor Leste. 

Patung Kristus dibangun pada tahun 1996 sebagai peringatan integrasi Timor Timur ke Indonesia. Ketinggian patung tersebut adalah 27 meter, melambangkan sebagai provinsi Indonesia yang ke 27 pada saat itu. 

Patung ini merupakan patung terbesar kedua di dunia setelah Patung Christ The Redeemer, Brazil, dengan tinggi patung 36 meter di atas bukit setinggi 1,5 km.

2. Pulau Jaco

Timor LesteTimor Leste negara yang pernah menjadi bagian dari NKRI memiliki beberapa wisata yang kental dengan nuansa religi. (Foto: timoroman)

Pulau Jaco adalah salah satu tempat daya tarik wisata utama yang paling glamor di Timor Leste, yang letaknya di ujung timur dari pulau timor, masuk dalam wilayah administratif distrik lospalos. 

Butuh waktu enam jam mengendarai mobil dari Dili melalui perbukitan hijau dan berangin pasirnya putih dengan air birunya.

Pulau Jaco menjadi pusat kunjungan wisatawan asing maupun wisatawan domestik, sekitar pesisir pantai berhasil menarik perhatihan untuk berakhir pekan. 

3. Patung Replika Paus Yohanes II

Timor LesteTimor Leste negara yang pernah menjadi bagian dari NKRI memiliki beberapa wisata yang kental dengan nuansa religi. (Foto: yuannblog)

Selain patung Kristus Raja, di sini juga terdapat patung Paus Yohanes Paulus. Pemimpin tertinggi Gereja Roma itu pernah berkunjung ke Timor Leste pada 12 Oktober 1989. 

Untuk mengenang kedatangan Paus Yohanes Paulus, pemerintah Timor Leste membuat replika patung Paus Yohanes Paulus II pada tahun 2007. 

Sebagai lokasi wisata religi, sekitar lokasi patung Paus Yihanes Paulus digunakan untuk berwisata. Di dekat area patung terdapat danau indah bernama Tasi Tolu.

4. Kota Lama Baucau

Timor LesteTimor Leste negara yang pernah menjadi bagian dari NKRI memiliki beberapa wisata yang kental dengan nuansa religi. (Foto: pesonawisatatimorleste)

Baucau adalah nama distrik dan juga nama kota terbesar kedua di Timor Leste. Dengan jarak lebih kurang 120 km, paling tidak menghabiskan tiga jam perjalanan dari Dili. 

Sepanjang perjalanan pulang pergi Dili-Baucau, banyak pemandangan indah nan perawan yang bisa dinikmati. Sepanjang jalan ada beberapa titik untuk berbelanja buah, sayur, jagung, beras, madu, atau bumbu dapur seperti buah asam. 

Seperti Bogor, Baucau memiliki udara yang sejuk dan berpemandangan indah. Tak salah jika Portugis menjadikannya sebagai pusat aktivitas. Meninggalkan jejak berupa infrastruktur umum dan pribadi.

5. Gunung Ramelau

Timor LesteTimor Leste negara yang pernah menjadi bagian dari NKRI memiliki beberapa wisata yang kental dengan nuansa religi. (Foto: timordoben16)

Gunung Ramelau merupakan gunung tertinggi di Timor Leste dengan ketinggian 2986 meter, berlokasi sekitar 70 km di selatan Dili di distrik Ainaro. 

Selama penjajahan Portugis di Timor Leste, gunung juga ini mendapatkan gelar gunung tertinggi di Portugal abad ke-20.

Gunung Ramelau menjadi tempat ziarah umat katolik Timor Leste, biasanya ziarah pada bulan Oktober. 

Di puncak Ramelau terdapat patung Bunda Maria, patungnya berasal dari Itali, dan di dirikan pada tahun 1997, ketika Timor Leste masih termasuk propinsi Indonesia. []

Berita terkait
Lima Tempat Wisata di Kampung Halaman BJ Habibie
Dijuluki Bandar Madani, daerah ini merupakan kota kelahiran Presiden ke-3 RI, yaitu B.J. Habibie, terletak di Sulawesi Selatan.
Lima Lokasi Wisata Terbaik di Kota Blitar
Daerah ini memiliki nuansa sejarah yang sangat kental sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.
Wisata Malang dari Atap Jawa hingga Pesona Laut Kidul
Wilayah Malang tidak hanya lezat kulinernya saja. Tetapi eksotisme alam di sana menjadi nilai jual mahal bagi pendatang yang hendak ke Jawa Timur.
0
Tiga Kuliner Indonesia Favorit Orang Asing
Tiga masakan favorit tersebut adalah sate ayam, nasi goreng kampung, gado-gado, dan kerupuk udang.