UNTUK INDONESIA
Lima Tempat Wisata di Kampung Halaman BJ Habibie
Dijuluki Bandar Madani, daerah ini merupakan kota kelahiran Presiden ke-3 RI, yaitu B.J. Habibie, terletak di Sulawesi Selatan.
Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun didirikan agar dapat menginspirasi cinta sejati mereka. (Foto: Twitter/@SussieGirls)

Jakarta - Kota kelahiran Presiden ke-3 RI BJ Habibie di Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, ternyata memiliki tempat wisata yang sangat indah dan tak kalah menariknya dengan daerah lainnya. 

Meski kota kecil, Parepare memiliki beragam destinasi unik untuk dikunjungi seperti, wisata alam, cagar budaya hingga tempat romantis bisa menjadi pilihan untuk menikmati keindahan berwisata di lokasi tersebut. 

Berikut Tagar merangkumkan tempat wisata di Parepare yang dapat menjadi rekomendasi masyarakat untuk menghabiskan waktu luang:

1. Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun

Berdiri sejak 2015, Monumen Cinta Sejati ini dibuat agar mengenang kisah cinta Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) kepada istrinya Hasri Ainun Besari.

Sosok Habibie menjadi tokoh yang diidolakan di negeri ini. Selain kepintarannya, Habibie juga dikagumi karena memiliki sifat penyayang terhadap semua orang. Itu bisa terlihat dari rasa cintanya kepada Ainun hingga di masa akhir hayatnya, Habibie selalu mendampingi. Bahkan dia kerap meneteskan air mata demi memperlihatkan betapa besarnya cinta dan sayangnya kepada sang istri.

Sejak Ainun meninggal pada 20 Mei 2010, pria kelahiran 25 Juni 1936 ini terlihat rajin mengunjungi makam sang istri. Hingga akhirnya kisah cinta mereka diangkat ke dalam film layar lebar.

Melihat kisah cinta sejati mereka yang begitu menginspirasi, Wali Kota Parepare Taufan Pawe akhirnya membangun monumen Habibie Ainun.

Peresmiannya pun ditetapkan pada saat hari pernikahan keduanya ke-53 tahun. Pembangunan monumen itu sebagai kado pernikahan untuk pasangan ini.

Tepat berada di Jantung Kota Parepare, monumen ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat tentang cinta sejati dan menjadi ikon kota tersebut.

Monumen Cinta Sejati Habibie AinunMonumen Cinta Sejati Habibie Ainun didirikan agar dapat menginspirasi cinta sejati mereka. (Foto: Twitter/@SussieGirls)

2. Pantai Tonrangeng

Pantai Tonrangeng juga salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Sulawesi Selatan.

Selain memiliki pasir berwarna putih bersih, pantai ini memiliki pemandangan yang menawan dan airnya yang jernih membuat pantai  ini, semakin menarik untuk dikunjungi.

Dengan memiliki latar belakang yang cukup unik, Pantai Tonrangeng juga menyediakan kuliner yang tidak kalah menarik. Ada olahan ikan bakar dan seafood yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Ikan yang diolah merupakan hasil tangkapan nelayan sekitar.

Untuk menikmati suasana bersantai di pantai tersebut, wisatawan hanya dikenakan biaya karcis senilai Rp 5.000. Betapa bahagianya dapat menikmati suasana senja di tepi Pantai Tonrangeng bersama orang terkasih.

Pantai TonrangengPantai Tonrangeng terletak di Sulawesi Selatan. (Foto: Twitter/@makassar_guide)

3. Pantai Lumpue

Pantai Lumpue Terletak di Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat. Lokasi wisata ini berada dekat dari jalan poros Parepare.

Pantai tertua yang terdapat di kota Pare-Pare ini hanya berjarak 150 kilometer dari Kota Makassar. Selain indah, pantai yang sudah mencapai usia kurang lebih 50 tahun ini juga digunakan nelayan sekitar sebagai tambatan perahu seusai mencari ikan di laut lepas.

Berbeda dengan Pantai Tonrangeng, wisatawan di sini hanya dikenakan tarif Rp 2.000-3.000 untuk dewasa dan Rp 1500-2000 untuk anak-anak. Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang, menarik untuk Anda masukkan list sebagai pantai relaksasi dan refreshing.

Para pengunjung juga dimanjakan dengan kesejukan panorama laut lepas sejauh mata memandang. Kejernihan air lautnya yang berwarna hijau kehitam-hitaman, berpadu dengan pasir putih halus kecoklat-coklatan menambah keindahan pantai pertama di kota Parepare ini.

Selain perpaduan antara warna kontras air laut, pepohonan yang rindang di pinggir pantai dan deretan indah gua-gua kecil. Juga akan cocok buat para Instagramable untuk berburu sunset atau panorama yang cantik saat terbenamnya matahari.

Pantai LumpuePantai Lumpue merupakan pantai tertua di Parepare. (Foto: Ig/@pantai_lumpue_parepare)

4. Goa Tompangnge

Memiliki luas 100 hektar, Goa Tompangnge menjadi salah satu objek wisata alam yang berada di Tompangnge, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Tempat ini dikenal sebagai goa kalelawar. Pasalny, wilayah wisata ini banyak kalelawar yang tinggal di dalam goa tersebut. Hanya melihat dari mulut goa, sudah terlihat ribuan kalelawar yang hidup di dalamnya.

Tak hanya goa, sejauh 500 meter dari tempat itu para wisatawan juga dapat melihat air terjun yang begitu indah yang diberi nama Air Terjun Tompangnge.

Untuk menikmati sejuknya air terjun, para pengunjung hanya dikenakan biaya senilai 10 ribu rupiah.

Para wisatawan tidak perlu khawatir, air terjun itu buka selama 24 jam. Jadi, bebas untuk lebih leluasa untuk mengeksplor keindahan alam yang ada di situ.

Goa TompangngeGoa Tompangnge atau biasa dikenal Goa Kalelawar. (Foto: Internet/jalanwisata.id)

5. Pantai Mattirotasi

Pantai ini terletak di Jalan Mattirotasi. Di tempat ini masyarakat bisa bebas memandang ke arah Teluk Parepare. Untuk menikmati keindahannya, para pengunjung juga dapat bercengkrama di beberapa fasilitas, seperti gazebo, bangku taman, dan lintasan jogging.

Dengan adanya batu-batu andesit berukuran besar penahan abrasi dan lapangan yang dimanfaatkan warga untuk berolahraga menjadikan tempat ini semakin terlihat unik.

Berada di tengah kota, membuat pantai ini menjadi tempat favorit untuk berkumpul di sore hari, juga dapat dimanfaatkan sebagai background foto bagi para Instagramable.

Pantai MattirotasiPantai Mattirotasi, wisata pantai lepas melihat ke Teluk Parepare. (Foto: Ig/@visit_sulsel)



Baca juga:

Berita terkait
Kronologi BJ Habibie Masuk RSPAD
BJ Habibie mendapat perawatan intensif dari tim dokter kepresidenan untuk memulihkan keadaannya.
Anies Baswedan Khawatirkan Kesehatan BJ Habibie
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan keadaan Bj Habibie belum bisa berkomunikasi karena masih dalam perawatan di RSPAD Gatot Soebroto.
BJ Habibie Sosok di Balik Pengembalian Nama Makassar
BJ Habibie adalah sosok dibalik pengembalian nama Kota Ujung Pandang ke Makassar di masa masih memegang kekuasaan di RI.
0
Tiga Kuliner Indonesia Favorit Orang Asing
Tiga masakan favorit tersebut adalah sate ayam, nasi goreng kampung, gado-gado, dan kerupuk udang.