UNTUK INDONESIA
Hari Jantung Sedunia 2018: Tips Menjaga Jantung Sehat
Di seluruh dunia, tanggal 29 September diperingati sebagai Hari Jantung Sedunia. Berikut lima tips menjaga jantung sehat.
Ilustrasi olahraga lari untuk jantung sehat. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, (Tagar 29/9/2018) - Di seluruh dunia, tanggal 29 September diperingati sebagai Hari Jantung Sedunia yang berlangsung sejak tahun 2000 atas inisiatif World Heart Federation. Tema peringatan hari Jantung Sedunia tahun 2018 "Hatiku Hatimu". Tema ini menjelaskan bahwa kita harus menjaga hati kita serta hati orang-orang dekat kita.

Peringatan hari Jantung Sedunia bertujuan untuk menyebarkan kesadaran tentang penyakit kardiovaskular yang meliputi serangan jantung, stroke, dll. 

Penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Menurut statistik World Health Organization (WHO), sekitar 17,9 juta orang meninggal karena penyakit kardiovaskular pada tahun 2016. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas hal-hal dasar yang harus kita ikuti untuk memastikan kita tetap menjaga kesehatan jantung dan menjaga penyakit jantung.

Berikut tips menjaga jantung sehat seperti dilansir Boldsky

1. Berolahraga Setiap Hari 

Jika Anda menjalani gaya hidup lesu, tidak melakukan latihan sama sekali, Anda hanya meningkatkan risiko terkena penyakit jantung! Sangat penting untuk berolahraga setiap hari. Berolahraga memperkuat otot jantung Anda dan membantu jantung dalam memompa darah lebih baik yang meningkatkan sirkulasi darah di tubuh Anda. Selain meningkatkan kesehatan jantung Anda, berolahraga juga membantu memperkuat semua otot tubuh Anda dan juga meningkatkan kesehatan paru-paru Anda. 

2. Makan Sehat 

Mengonsumsi makanan sehat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan. Kurangnya nutrisi mempengaruhi fungsi organ-organ di tubuh Anda. Menjaga kesehatan kardiovaskular sangat penting untuk kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa makanan yang harus Anda masukkan dalam makanan Anda untuk meningkatkan fungsi jantung Anda: 

- Sayuran berwarna oranye, merah, dan kuning

- Jeruk

- Pepaya

- Ikan kaya akan asam lemak omega-3

- Kacang hitam

- Coklat hitam

- Brokoli

3. Ikuti Gaya Hidup Sehat 

Untuk memastikan jantung Anda sehat dan berfungsi dengan baik, Anda harus melepaskan kebiasaan tertentu yang tidak sehat. Beberapa kebiasaan ini termasuk merokok, minum berlebihan dan bahkan obat-obatan seperti kokain dan heroin. Jangan memanjakan diri dengan kebiasaan-kebiasaan ini karena mereka membahayakan kesehatan Anda dalam jangka panjang dan kadang-kadang kerusakan yang disebabkannya menjadi tidak dapat diubah. Terkadang merokok dan minum banyak atau menggunakan narkoba bisa sangat fatal dan menyebabkan kematian. 

4. Hindari Kolesterol dan Natrium 

Terlalu banyak kolesterol menghasilkan arteri tersumbat yang menyebabkan stroke jantung. Demikian pula mengkonsumsi natrium berlebihan menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, yang merupakan salah satu penyebab utama di balik stroke jantung, serangan jantung dan berbagai masalah kardiovaskular lainnya. Pastikan Anda menghindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, minyak sayur jenuh, makanan dengan transfat, dan batasi asupan garam Anda. 

5. Hindari Stres 

Stres tidak baik untuk kesehatan jantung Anda serta kesehatan mental; jika Anda terlalu stres dapat memicu tekanan darah Anda dan bahkan menyebabkan peningkatan denyut jantung dan pernapasan. Jika Anda merasa terlalu tertekan, Anda harus mencoba berkonsultasi dengan dokter atau berbicara dengan psikiater, hal itu akan membantu Anda untuk mengendalikannya. Anda juga harus bermeditasi dan melakukan latihan pernapasan, karena ini membantu menenangkan pikiran dan tubuh Anda dan membuat Anda merasa bebas dari stres dan ketegangan. Pikiran yang bebas ketegangan adalah salah satu kunci menuju hati yang sehat. 

Pastikan Anda dan orang yang Anda cinta mengikuti 5 tips sederhana ini untuk menjaga kesehatan jantung Anda. []

Berita terkait
0
Warga Sampang Protes Perusahaan Beton Cor Tak Berizin
Masyarakat Kabupaten Sampang diresahkan dengan aktivitas perusahaan batching plant atau pengolah beton cor.