UNTUK INDONESIA
Lima Tips Jaga Kesehatan Ketika Musim Hujan
Musim hujan kerap membuat tubuh rentan terserang penyakit seperti flu. Maka, sangat penting menjaga kesehatan ketika musim hujan.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Musim hujan sering membuat tubuh rentan terserang penyakit. Hal yang perlu dilakukan adalah menjaga kesehatan saat cuaca dingin itu terjadi. 

Berikut Tagar rangkumkan lima tips menjaga kesehatan ketika musim hujan.

1. Menghindari Hujan Ketika Berkendara

Terkadang, hujan tidak menjadi penghalang bagi sebagian kalangan untuk tetap berkendara, terutama menaiki sepeda motor. Banyak yang mengira ketika menggunakan jas hujan, tubuh akan terhindar dari gangguan kesehatan.

Tetapi, sebaiknya Anda tidak menembus hujan saat berkendara agar tubuh tidak terkena flu dan demam. Berteduhlah atau manfaatkan kendaraan umum, seperti bus atau taksi ketika hujan mulai turun

2. Tetap Berolahraga

Suhu udara yang relatif dingin dan sejuk ketika musim hujan membuat tubuh relatif mager untuk berolahraga. Namun, hal tersebut merupakan kebiasaan yang buruk bagi kesehatan. 

Upayakan tetap berolahraga dan mengeluarkan keringat ketika musim hujan tiba.

Dengan berolahraga, tubuh tetap akan mengeluarkan kalori dan menjaga berat badan. Kamu bisa melakukan aktivitas tersebut di dalam ruangan, seperti gym.

3. Menghindari Penggunaan Pakaian Ketat

Udara lembab di kala musim hujan kerap kali membuat pertumbuhan jamur meningkat. Hal tersebut juga dapat terjadi di tubuh. 

Ketika musim hujan datang, upayakan kamu dapat mengurangi penggunaan pakaian ketat, terutama celana jeans atau baju slim-fit.

Dengan begitu, kamu dapat menjaga kesehatan kulit, terutama di bagian yang lembab seperti ketiak dan paha. Dengan menggunakan deodoran juga dapat mengurangi kelembaban di bagian ketiak.

4. Mengurangi Makan Makanan Pinggir Jalan

Ketika musim hujan tiba, sebaiknya intensitas makan makanan pinggir jalan dihindari, karena sumber penyakit seperti lalat dan bakteri justru lebih aktif bergerak di tempat-tempat yang lembab dan basah. 

Usahakan untuk makan masakan rumah yang jauh lebih higienis. Walaupun terpaksa harus membeli makanan di luar, belilah makanan di tempat yang bersih dan sehat.

5. Minum Air Putih Cukup

Saat musim hujan tiba, minumlah air putih secukupnya. Meski, saat cuaca dingin itu terkadang membuat tubuh tidak merasa dahaga. 

Minum air putih dapat mengendalikan suhu dan cairan tubuh. Dengan begitu, kamu bisa tetap menjaga kesehatan tubuh dengan maksimal.

Berdasarkan penelitian, idealnya manusia harus minum 10 sampai 14 gelas per hari. Selain itu, minum air putih sangat baik untuk membantu memperlancar saluran pencernaan dan buang air kecil.[]

Baca juga:

Berita terkait
Lima Tips Menjaga Kesehatan Otak Bagi Lansia
Salah satu organ yang harus dijaga khususnya bagi orang lanjut usia adalah otak. Karena otak menjalankan peran kesadaran dan kemampuan berfikir.
Lima Langkah Memelihara Kesehatan Mental Saat Bekerja
Memelihara kesehatan mental saat bekerja dapat menjaga produktivitas kerja dan menurunkan beban stres.
Tujuh Manfaat Sehat Genjer, Nomor Dua Bikin Kaget
Sayur Genjer memiliki khasiat yang baik bagi tubuh, salah satunya mengatasi anemia.
0
Dualisme AKD Buntut Kisruh DPRD Padangsidempuan
Konflik internal di tubuh DPRD Padangsidempuan, Sumatera Utara, belum berakhir karena di lembaga tersebut terdapat dua AKD.