UNTUK INDONESIA
Lima Tempat Wisata Daerah Asal Putra Ruben Onsu
Kampung halaman Betrand Peto putra angkat RUben Onsu di NTT menyimpan keindahan alam yang disukai wisman maupun wisnus.
Derasnya Air Terjun Oenesu. (Foto: Instagram/like_ntt)

Jakarta - Betrand Peto putra Ruben Onsu berasal dari Cancar, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kampung halamannya terkenal memiliki banyak tempat wisata, terutama destinasi wisata alamnya.

Banyaknya destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur menarik perhatian dari berbagai kalangan. Tidak hanya wisatawan nusantara (wisnus), wisatawan mancanegara (wisman) juga senang menyambangi kampung halaman dari Betrand Peto itu.

Berikut Tagar rangkumkan beberapa destinasi wisata daerah asal Betrand Peto yang wajib dikunjungi ketika berada di Nusa Tenggara Timur.

1. Pulau Komodo

Pulau Komodoomodo reptil purba yang ada di Indonesia (Foto: Instagram/lindasworldtrip)

Siapa yang tidak kenal dengan tempat ini, salah satu tujuh keajaiban dunia yang memiliki daya tarik tersendiri. Keindahannya, mampu membuat setiap orang mendatanginya.

Warisan dunia yang berada di Indonesia ini berupa sebuah pulau yang memiliki keindahan alam yang luar biasa, didukung dengan habitat asli Komodo.

Pulau ini memiliki banyak destinasi wisata alam yang bisa dinikmati oleh wisatawan yang datang. Indahnya laut, pantai, perbukitan yang ada bisa membuat mata serasa dimanjakan oleh keindahan pulau ini.

2. Danau Kelimutu

Danau KalimutuKeindahan danau kelimutu NTT (Foto: Instagram/amazing_ende)

Danau Kelimutu berada di puncak Gunung Kalimutu, Nusa Tenggara Timur. Tempat ini nampaknya sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

Keindahannya terlihat dari tiga warna air yang dimiliki, antara lain merah, biru, dan putih namun tidak bercampur satu sama lain. Tebing-tebing yang menghiasi sekeliling danau turut menambah keindahan serta pesona, terkadang di tebing terlihat monyet berlalu lalang seakan menjaga.

3. Pulau Alor

Pulau AlorPemandangan bawah laut pulau alor (Foto: Instagram/andrikilua)

Pulau Alor merupakan destinasi wisata alam yang keindahannya tidak usah ditanyakan lagi. Bak surga kecil, tempat ini sering sekali dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Pulau ini terletak di ujung timur kepulauan Nusa Tenggara, satu dari 92 pulau terluar Indonesia, karena berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Keunggulan dari wisata alam di Pulau Alor yaitu pantai lautnya yang masih sangat bagus, kesukaan pecinta diving dan snorkling. Ada 18 titik selam yang memiliki pemandangan bawah laut yang memanjakan mata.

4. Air Terjun Oenesu

Air Terjun Oenesu.Derasnya Air Terjun Oenesu. (Foto: Instagram/like_ntt)

Destinasi wisata alam yang juga wajib dikunjungi, yaitu Air Terjun Oenesu. Lokasinya berada di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, berjarak 20 kilometer dari Kota Kupang.

Pepohonan yang masih asri membuat hawa di air terjun terasa sejuk, dan membuat merasa nyaman dan betah berlama-lama.

Tidak hanya itu, bebatuan yang dibilang oleh orang-orang menyerupai singa dan mulut gorila menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke sini.

5. Rumah Adat Sumba

Rumah Adat Sumba  ​Deretan rumah adat sumba (Foto: Instagram/laniusagi)

Nusa Tenggara Timur memiliki tempat yang sama indahnya selain alam, berada di Desa Tebara, Kecamatan Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, tempat ini biasa dikenal dengan Kampung Adat Prajing.

Warga Sumba dikenal memegang teguh budayanya, karena itu setiap desa yang ada di Sumba membangun rumah adat dengan tujuan melestarikan dan mengembangkan budaya daerah.

Kampung ini memiliki 38 rumah tradisional yang bisa dilihat ketika mengunjungi desa ini. Biasanya, setiap acara kesenian yang diadakan menampilkan beberapa atraksi memperlihatkan kekayaan budaya Indonesia.

Jadi ketika datang ke tempat ini bukan hanya keindahan alam saja yang dapat dinikmati namun bisa juga mendapatkan edukasi mengenai budaya yang ada. []

Berita terkait
Selain Lipstik, 4 Make Up Penting Dibawa Traveling
Make up bisa menjadi penunjang penampilan untuk membuat travelling menjadi lebih bermakna dan menyenangkan.
Tips Membeli Tiket Pesawat Liburan Akhir Tahun
Liburan akhir tahun selalu menjadi kesempatan untuk melepas rindu dengan keluarga, apalagi buat perantau yang ingin pulang kampung.
Tips Menjaga Berat Badan Saat Libur Panjang
Akhir tahun seperti ini adalah waktu yang tepat memanjakan diri dengan kegiatan wisata kuliner hingga terkadang tidak sadar berat badan bertambah.
0
Pasien Suspek Corona asal Sibolga Meninggal di Medan
Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 asal Kota Sibolga meninggal dunia di Rumah Sakit Martha Friska Medan.