UNTUK INDONESIA
Tips Membeli Tiket Pesawat Liburan Akhir Tahun
Liburan akhir tahun selalu menjadi kesempatan untuk melepas rindu dengan keluarga, apalagi buat perantau yang ingin pulang kampung.
Garuda Indonesia salah satu maskapai yang ada di Indonesia (Foto : Instagram/garuda.indonesia)

Jakarta - Libur akhir tahun menjadi ajang berburu tiket pesawat bagi para penggunanya, lantaran perayaan hari natal dan pergantian tahun yang berdekatan. Biasanya masyarakat akan menggunakan waktu untuk berlibur ke luar kota, bahkan ke luar negeri untuk merayakan peringatan yang datang setahun sekali.

Demi menghilangkan penat biasanya beberapa orang rela merogoh kocek yang tidak sedikit untuk mendapatkan tiket yang diinginkan. Namun, tidak sedikit juga yang mengeluh lantaran harga tiket pesawat yang naik lumayan tinggi karena libur akhir tahun.

Oleh karena itu, perlu mengatur keuangan agar tetap bisa liburan dengan budget yang terkendali, meskipun harga tiket pesawat melonjak tinggi. Tetapi jangan khawatir, ada beberapa cara agar tetap bisa liburan di akhir tahun dengan dana yang terbilang cukup minim. Berikut Tagar bagikan beberapa tipsnya.

1. Pesan tiket tiga bulan sebelum keberangkatan

Jika sudah matang ingin berlibur di akhir tahun, lebih baik memesan tiket tiga bulan sebelum keberangkatan. Selain bisa lebih menghemat, rasa khawatir akan kehabisan tiket pesawat juga akan berkurang.

Misalnya ingin berangkat tanggal 25 Desember ke atas, maka pesanlah pada akhir bulan September. Perbandingan harga tiket yang lumayan, karena diperkirakan bisa menghemat budget sampai 29 persen.

2. Membeli tiket pesawat pergi-pulang

Apabila ingin pergi ke luar negeri khususnya pada liburan akhir tahun, disarankan untuk membeli tiket pulang-pergi langsung. Melakukan metode ini cukup baik dilakukan, karena bisa terbebas dari rasa khawatir akan kehabisan tiket pulang.

Tidak hanya itu, biasanya maskapai penerbangan akan memberikan harga yang lebih murah dibandingkan membeli tiket pesawat sekali jalan.

3. Minggu ketiga bulan November

Tanggal terbaik untuk memilih berangkat liburan akhir tahun adalah 26-31 Desember sedangkan jadwal pulang tanggal 1-3 Januari. Maka dari itu, dianjurkan memesan tiket pada tanggal 21 November ke atas.

Biasanya jika memesan tiket pada tanggal 21 November ke atas bisa mendapatkan tiket dengan harga lebih hemat 4,14 persen.

4. Pesan tiket melalui online travel agent

Salah satu cara ini merupakan yang cukup mudah, hanya dengan melihat online travel agent (OTA) bisa langsung memesan kapanpun. Tetapi yang lebih membuat hati senang adalah biasanya online travel agent memiliki tawaran promo tiket pesawat yang berbeda.

Maka dari itu, alangkah baiknya menjelang akhir tahun lebih sering memperhatikan OTA.

5. Beberapa hari terakhir menjelang keberangkatan

Beberapa orang mengatakan bahwa memesan tiket mendekati waktu terbang akan mendapatkan tiket yang termahal. Hal ini benar terjadi, akan tetapi jika membeli di hari H libur atau biasanya tanggal 25 Desember yang bertepatan dengan hari natal. Diperkirakan akan mengeluarkan budget 24 persen lebih tinggi daripada hari lain.

Berbeda jika membeli tiket pesawat setelah tanggal 25 Desember yaitu mulai dari tanggal 26 sampai seterusnya atau bisa dikatakan pekan terakhir bulan Desember. Karena dengan beli tiket di tanggal tersebut bisa menghemat sekitar 6,72 persen sampai 11 persen. Karena pada tanggal tersebut tingkat permintaan tiket lebih menurun. []

Berita terkait
Jokowi Tawarkan Lima Destinasi Liburan Akhir Tahun
Libur akhir tahun jadi agenda perusahaan dan keluarga yang memilih destinasi dalam negeri atau luar negeri, Jokowi menawarkan lima destinasi baru
Empat Wisata Indonesia untuk Liburan Akhir Tahun
Indonesia selalu memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ada lima wisata yang direkomendasikan untuk libur akhir tahun.
Lima Tips Packing Barang Saat Liburan
Bawalah barang yang diperlukan selama berlibur sehingga tas yang dibawa tidak membebani diri sendiri.
0
Fahmi Idris Bantah Khianati DPR Soal Kenaikan BPJS
Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris membantah bersikeras tetap menaikkan iuran BPJS Kesehatan kelas III usai berunding dengan DPR.