UNTUK INDONESIA
Lima Pilihan Alternatif Wisata di Gunung Merapi
Wisata alternatif di gunung merapi bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga hingga kerabat. Berikut ulasannya.
Tlogo Muncar di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto: Instagram/dithadjiau)

Jakarta - Pendakian Gunung Merapi via Selo dan Sapuangin masih ditutup sampai waktu yang belum ditentukan. Namun, jangan khawatir ternyata wisata alam ini memiliki sejumlah tempat alternatif yang bisa dikunjungi dan tak kalah memesona.

Sebelumnya, jalur pendakian ini ditutup sejak Mei 2018. Terlebih dengan adanya letusan pada Kamis, 13 Februari 2020.

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah tempat alternatif wisata yang ada di sekitar Gunung Merapi.

1. Deles Indah, Klaten

Deles Indah KlatenDeles Indah Klaten. (Foto: Instagram/@irvanmhd76)

Deles Indah menjadi salah satu tempat alternatif wisata di sekitar gunung merapi. Kawasan tersebut sangat luas dengan pemandangan alam yang sejuk.

Puncak gunung merapi bisa terlihat jelas dari lokasi ini. Bahkan, pemandangan Kota Klaten dan Rawa Jombor dengan jajaran gunung kapurnya juga nampak saat berada di Deles Indah.

Lokasi Deles Indah berjarak 25 kilometer dari pusat Kota Klaten, tepatnya di bawah radius 10 kilometer dari puncak merapi. Di sana ada sejumlah tempat menarik lainnya yang bisa dikunjungi, seperti Gua Sapuangin, Taman Pring Cendani, Taman Ngajaran, Sendang Kali Reno, dan lain sebagainya.

2. Tlogo Muncar

Tlogo Muncar Sleman, DIYTlogo Muncar di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto: Instagram/@dithadjiau)

Tlogo Muncar dikenal dengan air terjunnya yang menakjubkan, namun untuk sampai di sini harus melewati tangga batu terlebih dahulu. Obyek wisata alam tersebut berada di Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Saat menaiki anak tangga, pengunjung akan disambut oleh monyet ekor panjang. Hewan itu bagian dari satwa asli Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) dan menjadi daya tarik tersendiri.

Panorama yang disajikan di tempat ini mampu membuat mata terasa dimanjakan. Bagi yang menyukai hawa dingin, bisa datang pada saat musim hujan untuk menikmati dan merasakan kesejukan dari air terjun.

3. Kali Kuning Park, Cangkringan

Kali Kuning Park Cangkringan, Sleman.Kali Kuning Park di Cangkringan, Sleman. (Foto: Instagram/@wisatasleman)

Kali Kuning Park terletak di Desa Ngrangkah, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Tempat tersebut bisa menjadi salah satu wisata alternatif yang bisa dikunjungi bersama teman, keluarga, dan pasangan.

Resmi dibuka pada bulan Februari 2017, tempat ini menawarkan beragam spot foto instagramable berbentuk flora dan fauna dan panorama alam yang indah. Pemandangan Bukit Plangan dengan rimbunnya tumbuhan hijau akan terlihat di sebelah barat, sedangkan di sisi utara akan nampak keindahan gunung merapi yang menakjubkan.

Tempat bernama Kanopi Track juga tengah populer pada akhir-akhir ini. Pengunjung bisa menyambanginya di Kali Kuning tepatnya Kali Kuning Park 3 Plunyon.

4. Bunker Kali Adem, Pakem

Bunker Kali Adem di Pakem, SlemanBunker Kali Adem di Pakem, Sleman. (Foto: Instagram/@udin_jeepmerapi)

Bungker Kali Adem berlokasi di Kinahrejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Di sana pengunjung bisa menikmati dan melihat keindahan panorama gunung merapi. 

Pada masa kolonial, bunker ini sebagai tempat berlindung dari bencana letusan gunung merapi. Bahkan, sekitar tahun 2006, letusan gunung merapi sempat membuat bunker ini tertimbun abu hingga menewaskan dua orang.

5. Museum Sisa Hartaku

Museum Sisa Hartaku Cangkringan, SlemanMuseum Sisa Hartaku Cangkringan, Sleman. (Foto: Instagram/@revinawilar)

Museum ini dibangun untuk mengenang keganasan letusan gunung merapi pada 2010. Wisata sejarah tersebut berlokasi di Jalan Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman.

Museum ini merupakan milik warga, di dalamnya mengoleksi sisa harta bendanya akibat letusan gunung merapi. Pengunjung akan melihat beragam barang, seperti sepeda motor, televisi, serta peralatan rumah tangga lainnya dengan kondisi hampir meleleh.

Beberapa sudut museum juga terdapat tulisan yang menyayat hati dan mengingatkan siapa saja yang melihatnya tentang keganasan letusan tersebut. 

Jika ingin menuju Museum Sisa Hartaku harus menggunakan kendaraan, seperti mobil jeep sewaan dan motor offroad atau trail. Sebab, untuk sampai di tempat ini jalanan yang akan dilalui menanjak dan berpasir. []

Baca juga:

Berita terkait
Wisata Gembok Cinta Paling Romantis Buat Valentine
Wisata gembok cinta yang tersebar di belahan dunia selalu menjadi sasaran bagi pasangan muda dan dewasa untuk mengukir cintanya. Berikut ulasannya.
Lima Wisata yang Menarik Hati di Wonosobo Jawa Tengah
Wonosobo banyak menyimpan destinasi wisata yang menarik namun belum dikelola secara maksimal. Lokasi yang strategis cukup menarik wisatawan.
Candi Sewu dan Empat Destinasi Wisata Menarik di Klaten
Kabupaten yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki sejumlah destinasi wisata alam dan budaya.
0
Bubarkan Salat Berjemaah di Parepare Berujung Polisi
Seorang camat di Kota Parepare Sulsel dilaporkan ke polisi karena berusaha membubarkan jemaah yang hendak salat Jumat berjemaah.