UNTUK INDONESIA
Destinasi Wisata Puerto Riko Kampung Joaquin Phoenix
Puerto Riko kampung halaman Joaquin Phoenix menyimpan beberapa destinasi wisata yang menantang buat dijelajahi. Berikut ulasannya.
Destinasi Wisata Puerto Riko Kampung Joaquin Phoenix. (Foto: pixabay)

Jakarta - Puerto Riko kampung halaman pemeran Joker, Joaquin Phoenix yang masih memiliki pantai yang masih perawan, didukung dengan biota laut yang beragam. 

Negara yang berada di sebelah timur Republik Dominika di Karibia bagian timur laut ini menyimpan kekayaan alam yang mempesona. Wisatawan bisa menemukan spesies endemik sebanyak 239 jenis tanaman, 16 burung, dan 39 amfibi atau reptil.

Budaya Puerto Rico modern merupakan percampuran Spanyol, Italia, Prancis, Jerman, dan Irlandia. Penjajahan dan kolonialisme mengubah budaya Suku Taino menjadi masyarakat modern.

Beikut Tagar ulas dari berbagai sumber beberapa destinasi wisata menarik yang ada di Puerto Riko.

1. Old San Juan

Old San JuanDestinasi Wisata Puerto Riko Kampung Joaquin Phoenix. (Foto: Instagram/oldsanjuanpr/migdy_cordero)

Mengunjungi Old San Juan seperti bepergian ke masa lalu. Menjelajahi jalanan berbatu sembari menikmati arsitektur kolonial pastel yang megah dari abad 16 dan 17.

Di antara bangunan kuno, ada Benteng El Morro bekas peninggalan Spanyol adad ke-16 yang masih berdiri kokoh, Katedral San Juan, dan rumah dinas Gubernur yang biasa disebut Fortaleza.

Kota berumur lebih dari 500 tahun ini, merupakan pemukiman tertua yang ada di Puerto Riko. Selain itu, semua bangunan peninggalan kolonial yang ada, hampir semuanya terdaftar di United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

2. Rincon

RinconDestinasi Wisata Puerto Riko Kampung Joaquin Phoenix. (Foto: Instagram/hallepiacente)

Rincon didirikan pada 1771 oleh Don Luis de Añasco, penduduk setempat menyebut kota ini dengan sebutan ‘Gringo Paradise’.

Rincon memiliki beberapa pantai yang memang sangat ideal untuk olahraga selancar, seperti pantai Domes, Marias, Tres Palmas, Pantai Sandy, Pantai Pools, dan Rincon Town Beach Plaza. Surga bagi peselancar ini kemudian mendapat pengakuan internasional dari World Surfing Championship.

Sebagian wisatawan di Rincon merupakan atlet selancar atau pecinta selancar. Bagi para pemula, disediakan beberapa kursus selancar yang dibuka untuk umum dan berbagai usia.

Nah, bagi yang tidak tertarik membelah ombak dengan papan selancar, bisa bersantai di bibir pantai sambil menikmati keindahan Laut Karibia nan biru menghampar luas bersama dengan pasir putihnya.

3. Isla Desecheo

Isla DesecheoDestinasi Wisata Puerto Riko Kampung Joaquin Phoenix. (Foto: Instagram/droneshotspuertorico/horaciovel)

Isla Desecheo berada di lepas pantai barat Puerto Riko, sekitar 12 mil dari Rincón. Pulau ini menjadi destinasi utama penyelam yang ingin menikmati air yang tenang dan juga bening. 

Wisatawan dapat melihat terumbu karang dan melihat ikan-ikan yang berenang dengan jarak pandang sekitar 80 kaki. Pulau kecil tak berpenghuni ini adalah kawasan suaka margasatwa dan perairan yang dikelola oleh US Fish & Wildlife Service. 

4. Ponce

PonceDestinasi Wisata Puerto Riko Kampung Joaquin Phoenix. (Foto:travel.hilton)

Ponce merupakan nama dari cicit penjajah Spanyol yang bernama Juan Ponce de León. Kota terpadat di Puerto Riko ini memiliki pantai seperti Bahía de Ponce, Caleta de Cabullones, Jueyes, Ratones, Cardona, Gatas, dan Isla del Frio.

Selama abad ke-19, Ponce menjadi saksi perkembangan arsitektur di Puerto Riko, seperti lahirnya gaya arsitektur baru yang kemudian dijuluki Ponce Creole.

Beberapa arsitek terkenal dilahirkan di kota ini, seperti Francisco Valls, Manuel Víctor Domenech, Eduardo Salich, Blas Silva Boucher, Agustín Camilo González, Alfredo Wiechers, Francisco Porrata Doria dan Francisco Gardón Vega menggunakan campuran gaya Art Nouveau dan gaya neoklasik. 

Gaya arsitektur yang begitu unik, banyak bangunan di Ponce yang menjadi daya tarik wisatawan. Rumah dan gedung era kolonial Spanyol masih terjaga dengan indah.

5. Gua Rio Camuy

Gua Rio CamuyDestinasi Wisata Puerto Riko Kampung Joaquin Phoenix. (Foto: istimewa)

Gua Rio Camuy salah satu gua terbesar di dunia dengan luas 268 hektar. Sungai bawah tanah yang mengalir di dalam gua menjadi terbesar ketiga di dunia. Wisatawan dapat menikmati pemandangan dengan menaiki bus troli ke kedalaman gua sedalam 200 kaki.

Ruangan gua menampilkan stalagmit, stalaktit, dan sungai yang mengalir. Meski sistem gua belum pernah ditemukan hingga tahun 1958. Namun, para ilmuwan telah menemukan bukti sejarah, jejak penduduk asli Puerto Rico yang pernah menjelajahi gua jauh sebelum era 1900-an.

6. Cagar Alam La Parguera

Cagar Alam La PargueraDestinasi Wisata Puerto Riko Kampung Joaquin Phoenix. (Foto: perjalanandunia)

Cagar Alam La Parguera dikenal dengan kondisi alam yang masih terjaga. Beberapa pemandangan alam luar biasa di Puerto Riko tersaji indah, sebut saja hutan bakau, rawa asin, terumbu karang, dan jajaran pulau satelit.

Wisatawan tidak dapat melakukan aktivitas kemah. Namun, masih diperbolehkan untuk hiking, naik perahu, dan snorkeling menikmati keindahan biota laut. []


Berita terkait
Rawabi Surga Palestina Pelipur Serangan Israel
Kota Rawabi menjadi harapan baru warga Palestina yang tidak pernah berhenti diserang milisi Israel.
Tujuh Negara Krisis Pria untuk Dinikahi
kehadiran pria tentu tak akan lengkap tanpa kehadiran seorang wanita. Apa jadinya jika dalam satu negara didominasi kaum hawa? Berikut Tagar ulas.
Strasbourg Kota Cantik di Prancis Dekat Jerman
Strasbourg salah satu kota cantik di Prancis yang menarik untuk disambangi. Kota yang dekat dengan Jerman ini memiliki historis yang tinggi.
0
Jokowi Lantik Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul
Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis, 30 April 2020 resmi melantik Manahan MP Sitompul sebagai Hakim Konstitusi 2020-2025.