Lima Penyakit Jika Ingin Custom Kawasaki W175

Selain karena gayanya yang retro, meng-custom Kawasaki W175 tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar karena hanya perlu melakukan sedikit ubahan.
Kawasaki W175. (Foto: Kawasaki Motor)

Jakarta - Kawasaki W175 banyak dimanfaatkan untuk menjadi basis motor custom. Selain karena gayanya yang retro, meng-custom motor ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar karena hanya perlu melakukan sedikit ubahan.

Namun, sebelum memilih Kawasaki W175 untuk dijadikan basis motor custom, ada beberapa part yang perlu menjadi perhatian. Bagian tersebut akan menjadi "penyakit" W175 saat di-custom.

Salah satu builder Indonesia, Arie Perkasa dari bengkel custom Street Art Custom, Depok, Jawa Barat, mengatakan ada lima part yang menjadi "penyakit" di W175 saat di-custom. Berikut ulasannya dilansir dari kanal YouTube Arie Perkasa, Minggu, 2 Februari 2020.

1. Kaki-kaki

SuspensiSuspensi Motor Byson dapat digunakan di Kawasaki W175 untuk memungkinkan penggunaan ban ukuran besar. (Foto: Tangkapan layar video YouTube Arie Perkasa)

Kaki-kaki depan dari Kawasaki W175 mempunyai diameter as suspensi sebesar 30mm dan celah suspensi pada ban sebesar 114mm. Artinya, motor ini hanya bisa menggunakan ban standar dengan ukuran 110/70 R17 dan 3.50x17inci.

"Bisa menggunakan ban ukuran 4.00x17inci, tetapi celah ban dan suspensi agak sedikit mepet (kurang dari 2.5mm disetiap sisi ban)," ujar Arie.

Solusi yang ditawarkan Arie adalah mengganti suspensi depan dengan suspensi milik Yamaha Byson. Namun dalam pemasangannya, suspensi Byson tidak bisa seratus persen plug and play.

"Kita harus buat as segitiga atau as komstir khusus untuk W175, harus mengganti as roda, dan harus membuat bracket cakram," katanya.

2. Tromol

TromolJika ingin merubah suspensi depan dari copotan Yamaha Byson, maka tromol Kawasaki W175 harus diganti dengan yang lebih sesuai. (Foto: Tangkapan layar video YouTube Arie Perkasa)

Penyakit Kawasaki W175 saat di-custom ada pada tromol depan yang memiliki diameter as sebesar 12mm atau setara dengan tromol honda dari seri GL. Jika ingin merubah suspensi depan dari copotan Yamaha Byson, maka perlu mengganti tromol dengan ukuran yang sesuai dengan suspensi Yamaha Byson.

"Perlu diketahui bahwa Yamaha Byson menggunakan tromol as ukuran 15mm, jadi solusi untuk itu adalah mengganti tromol depan dengan ukuran yang sesuai," kata Arie.

3. Disc Brake

Rem CakramDisc brake Kawasaki W175. (Foto: Tangkapan layar video dari akun YouTube Arie Perkasa)

Diameter disc depan Kawasaki W175 hampir sama dengan disc Yamaha Mio dan Honda Beat. Oleh sebab itu, sebelum mengganti suspensi beserta tromol, maka harus dipastikan disc brake-nya pun turut diganti.

"Disc brake-nya juga harus diganti dengan ukuran yang lebih besar. Saya sarankan untuk menggunakan disc depan dari milik Yamaha Scorpio," ujar Arie.

4. Swing Arm

Ban MotorJarak rantai di Kawasaki W175 sangat dekat dengan posisi ban. (Foto: Tangkapan layar video YouTube Arie Perkasa)

Tidak sampai di situ, penyakit Kawasaki W175 juga ada pada swing arm-nya yang terbilang sempit. Hal tersebut akan menyulitkan builder untuk mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar. Bahkan, ban standar yang dipasang di W175 sudah membuat jarak rantai menuju ban hanya sekitar 1,5cm, sehingga membuat jarak rantai di W175 sangat dekat dengan posisi ban

"Artinya, jika mengganti dengan ban yang lebih besar, maka ban tersebut akan menabrak rantai. Solusinya adalah membuat swing arm custom dengan ukuran yang lebih lebar," ujar Arie.

5. Jok

Jok MotorJok Kawasaki W175 memiliki tekstur yang cenderung keras. (Foto: Instagram/jayarayaseat)

Tidak sampai di situ, Arie juga mengatakan bahwa busa jok di Kawasaki W175 cenderung keras. Hal tersebut akan membuat pengendara menjadi tidak nyaman jika digunakan untuk riding jarak jauh.

Solusinya yang ditawarkan juga cukup mudah, yakni dengan memotong bagian atas busa jok, kemudian diberikan busa yang lebih lembut untuk bisa menambah sedikit kenyamanan saat dipakai berkendara jarak jauh. []

Berita terkait
Spesifikasi Motor Kaesang Pangarep yang Kawal Jokowi
Jokowi berkunjung ke Botani Square Mall, Bogor dengan mengendarai sepeda motor Kawasaki W 175 custom-nya bersama Kaesang Pangarep
Jokowi Naik Motor Custom Menjajal Trans Kalimantan
Presiden Jokowi menjajal jalan perbatasan trans-Kalimantan dengan menggendarai sepeda motor Kawasaki W175.
Jok Mobil Bumble Bee Dihargai Rp 30 Juta
Jok mobil bergaya Bumble Bee menjuarai MBtech Driving With Style Awards 2019 dalam kategori The Best Carseat Online Design Contest.