UNTUK INDONESIA
Spesifikasi Motor Kaesang Pangarep yang Kawal Jokowi
Jokowi berkunjung ke Botani Square Mall, Bogor dengan mengendarai sepeda motor Kawasaki W 175 custom-nya bersama Kaesang Pangarep
Jokowi berkunjung ke Botani Square Mall, Bogor dengan mengendarai sepeda motor Kawasaki W 175 custom-nya. Turut didampingi oleh putranya, Kaesang Pangarep yang mengendarai Royal Enfield Himalayan. (Foto: Instagram/Jokowi)

Jakarta - Presiden Jokowi berkunjung ke Botani Square Mall, Bogor dengan mengendarai sepeda motor Kawasaki W 175 custom-nya bersama Kaesang Pangarep, Rabu, 25 Desember 2019. Sedangkan, Kaesang Pangarep mengendarai motor Royal Enfield Himalayan.

"Bermotor dikawal @kaesangp," tulis Jokowi seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya, Senin, 30 Desember 2019.

Royal Enfield Himalayan yang dikendarai Kaesang cukup menarik perhatian. Seperti apa spesifikasi motor garapan pabrikan otomotif asal Inggris ini? Berikut ulasannya.

Royal Enfield HimalayanRoyal Enfield Himalayan. (Foto: Instagram/theroyalenfieldhimalayan)

Motor adventure berkonsep klasik ini pertama kali mengaspal di Indonesia pada 2018 dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS). Dibekali mesin 411cc berpendingin dengan satu silinder 4 tak SOHC, motor ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 24.5 HP pada 6500 rpm dan torsi maksimal 32Nm pada 4250 rpm. Total kecepatan mencapai 122 kmph.

Selain itu, motor ini juga dilengkapi sistem pengabutan bahan bakar injeksi dengan sistem pendinginan oli dan air cooled, kemudian menggunakan transmisi 5 percepatan. Mesinnya juga sudah memenuhi standar BS-4 setara dengan Euro 4.

Pada bagian kaki-kaki, Royal Enfield Himalayan menggunakan suspensi depan model teleskopik berukuran 41mm dengan jarak pijak 200mm dan pada bagian belakang menggunakan model monoshock dengan jarak pijak 180, yang dapat diatur kekerasannya sesuai selera.

Desain Himalayan sendiri cukup unik, misalnya dilihat pada frame pelindung pada sisi kiri dan kanan tangki yang menyatu dengan tatakan lampu depan. Sepatbor depan dan belakang ala 'paruh bebek' yang minimalis membuat motor ini terlihat jangkung. Bentuk lampu depannya menggunakan bentuk bulat.

Bagian speedometer yang terbilang sederhana, dan instrumen tambahan yang terdapat di speedometer adalah kompas. Wajar saja, memang motor ini diperuntukan bagi mereka yang senang berpetualang.

Memiliki perawakan yang jangkung, motor ini memiliki dimensi panjang 2190mm, lebar 840 mm dan tinggi 1360mm. Ground clearance setinggi 220mm dengan total berat 191 kg memungkinkan motor ini untuk berjalan jauh, baik on road ataupun off road, ditambah lagi dengan kapasitas tangki besar, yakni 15 liter.

Untuk urusan ban, Himalayan menggunakan ban bertipe radial dengan ukuran 90/90 ring 21 pada bagian depan. Sementara untuk ban belakang berukuran 120/90 dengan ring 17. Lampu depan dan belakang juga lampu sein pada motor ini juga masih menggunakan bohlam.

Di Indonesia, Royal Enfield Himalayan memiliki dua varian warna yakni Granite dan Snow. Motor ini dibanderol dengan harga Rp 95,4 juta On The Road (OTR) Jakarta. []

Berita terkait
Royal Enfield Gelar Girls Ride Out di Jakarta
Royal Enfield, perusahaan sepeda motor tertua di dunia menggelar riding bertajuk Girls Ride Out di Jakarta, pekan lalu.
Spek Motor Royal Enfield, Sang Pembelah Gunung Himalaya
Royal Enfield tipe INT Interceptor 650 dan Continental GT 650 berhasil membelah gunung Himalaya.
Kisah Darius Sinathrya Berhasil Tembus Gunung Himalaya
Aktor Darius Sinatrhya baru-baru ini berhasil menjelajahi pengunungan Himalaya dengan ketinggian 5.359 di atas permukaan laut.
0
Martin NasDem Buka Diskusi Perlindungan Anak di Toba
Anggota DPR Fraksi Partai NasDem Martin Manurung membuka diskusi perlindungan anak dari ancaman berbagai tindak kekerasan di Kabupaten Toba.