UNTUK INDONESIA
Lima Langkah Mudah Merawat Gear dan Rantai Motor
Gear dan rantai akan mengalami penurunan kinerja seiring dengan usia pemakaian. Oleh Sebab itu, penting bagi pengguna untuk melakukan perawatan.
Rantai motor. (Foto: Tagar/The Drive)

Jakarta - Gear dan rantai merupakan dua komponen penting pada sepeda motor, khusus untuk tipe motor bebek dan sport. Berfungsi untuk meneruskan putaran mesin ke roda belakang, gear dan rantai juga perlu mendapatkan perawatan agar performanya tetap optimal.

Kedua komponen ini akan mengalami penurunan kinerja seiring dengan usia pemakaian. Oleh sebab itu, pengguna harus rutin melakukan perawatan agar gear dan rantai selalu dalam performa terbaiknya.

Berikut ini adalah lima langkah mudah merawat dan membersihkan gear dan rantai motor, dilansir Tagar dari laman Astra Honda Motor, Jumat, 17 Oktober 2020.

1. Bersihkan Secara Rutin

Gear dan rantai merupakan dua komponen yang paling mudah kotor karena letaknya yang berada di dekat ban. Dua komponen ini sering terkena debu, air, bahkan lumpur, oleh sebab itu penting bagi pengguna untuk melakukan pembersihan secara rutin pada dua bagian ini.

Pembersihan dapat dilakukan menggunakan air dan sabun. Tetapi setelah dicuci, jangan lupa untuk memberikan pelumas pada sambungan mata rantai agar tidak kering dan cepat aus.

2. Berikan Pelumas Khusus Rantai

Pelumas erat kaitannya dengan rantai. Selain untuk mencegah rantai aus dan kering, pelumas juga dapat membantu membersihkan sisa kotoran, debu maupun air yang menempel pada sela rantai. Jadi penting bagi pengguna untuk selalu melumasi rantai dengan pelumas untuk menjaga tetap berfungsi optimal.

Tapi perlu menjadi catatan bahwa jangan pernah melumasi rantai dengan oli bekas karena hal itu malah akan membuat rantai menjadi mudah kotor dan tidak awet.

3. Gunakan Gear dan Rantai Sesuai Standar

Selain harus rutin membersihkannya, penggunaan gear dan rantai juga harus sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan sepeda motor. Pasalnya pabrikan telah menghitung rasio gigi di mesin dan di roda penggerak. Merubah ukuran rantai dan jumlah mata gear, akan mempengaruhi performa dari motor itu sendiri.

4. Lakukan Penyetelan Rutin

Rantai yang terlalu kencang atau terlalu kendur akan membuat rantai putus atau terlepas dari mata gear. Hal ini jelas berpotensi menimbulkan terjadinya kecelakaan. Oleh sebab itu pengguna harus memastikan rantai dalam setelan yang ideal.

Penyetelan rantai roda harus dilakukan secara berkala. Untuk jarak main bebas setiap motor berbeda-beda, namun pada umumnya berada di kisaran angka 20-30mm sampai dengan 25-35mm.

Penyetelan rantai dapat dilakukan sendiri di rumah dan tidak perlu memakan waktu lama. Yang perlu menjadi catatan adalah gaya berkendara juga dapat mempengaruhi usia pakai gear dan rantai motor.

5. Ganti Gear dan Rantai Secara Bersamaan

Penggantian gear dan rantai harus dilakukan secara bersamaan karena usia pakai kedua komponen tersebut sama. Lakukan penggantian komponen jika memang dirasa perlu diganti, jika tidak cukup lakukan langkah perawatan saja.[]

Berita terkait
Tips Merawat Sepeda Motor Saat Jarang Digunakan
Saat kendaraan jarang digunakan, penting bagi pemilik untuk melakukan perawatan rutin guna menghindari kerusakan komponen sepeda motor.
Tips Mempersiapkan Motor untuk Liburan Akhir Tahun
Kondisi kendaraan juga harus menjadi perhatian khusus agar ketika berlibur tidak terkendala karena sepeda motor yang bermasalah.
Lima Cara Merawat Ban Motor Agar Awet
Keberadaan ban pada motor atau mobil seringkali disepelekan oleh sebagian orang.
0
Lima Langkah Mudah Merawat Gear dan Rantai Motor
Gear dan rantai akan mengalami penurunan kinerja seiring dengan usia pemakaian. Oleh Sebab itu, penting bagi pengguna untuk melakukan perawatan.