UNTUK INDONESIA
Lima Kuliner Khas Kroasia Teman Rayakan Piala Eropa
Kroasia salah satu negara yang lolos untuk berkompetisi di Piala Eropa 2020 memiliki beragam kuliner yang mengugah selera.
Lima Kuliner Khas Kroasia Teman Rayakan Piala Eropa. (Foto: jutarnji.hr)

Jakarta - Kroasia menyimpan kuliner khas yang menggiurkan. Kelezatan cita rasa yang dimiliki cocok disantap sambil menyaksikan Kroasia berlaga di Piala Eropa 2020.

Kroasia dikenal sebagai negara dengan semenanjung pantainya yang indah. Mempengaruhi kuliner, mirip menu dari negara Italia, Turki, ataupun Austria.

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah kuliner khas Kroasia yang menggiurkan.

1. Brodet

BrodetLima Kuliner Khas Kroasia Teman Rayakan Piala Eropa. (Foto: Instagram/chasing_the_donkey)

Brodet menjadi salah satu kuliner khas Kroasia, hidangannya serupa dengan sup ikan yang disajikan dengan nasi dan sayuran. Jenis ikan yang digunakan, yaitu ikan kakap putih, monkfish, atau bisa diganti dengan udang.

Brodet kaya akan kandungan karbohidrat dan protein yang tentunya menyehatkan.

2. Bakalar S Krumpirom

Bakalar S KrumpiromLima Kuliner Khas Kroasia Teman Rayakan Piala Eropa. (Foto: jutarnji.hr)

Bakalar s krumpirom salah satu kuliner khas Kroasia yang populer. Bahan utamanya ikan cod kering dan kentang. Keduanya diberi bumbu rempah-rempah, seperti bawang merah, bawang putih cincang, dan peterseli. Meski sederhana, rasanya tak perlu diragukan lagi.

Olahan ini biasanya selalu disuguhkan di hari keagamaan, saat natal atau menjelang paskah.

3. Zganci

ZganciLima Kuliner Khas Kroasia Teman Rayakan Piala Eropa. (Foto: mama.si)

Sekilas tampilannya mirip dengan polenta dari Italia, tetapi rasa dari zganci tidak kalah autentik. Biasa disajikan sebagai menu sarapan, menjadikan makanan ini populer di Kroasia.

Zganci terbuat dari campuran tepung soba, air, minyak, dan garam yang dimasak hingga mendidih. Disajikan dengan potongan daging dan madu. Biasa disantap bersama keju, susu, atau yoghurt yang membuat lidah tidak berhenti mengunyah.

4. Knedle Sa Sljivama

Knedle Sa SljivamaLima Kuliner Khas Kroasia Teman Rayakan Piala Eropa. (Foto: Instagram/bokinakuhinja)

Knedle Sa Sljivama mudah ditemukan jika berkunjung ke restoran yang ada di Kroasia. Hidangan yang dijadikan sebagai makanan penutup.

Knedle Sa Sljivama terbuat dari pangsit kentang yang diisi plum, kayu manis, serta ekstrak vanili. Rasanya unik dan membuat lidah serasa dimanjakan.

5. Mlinci

MlinciLima Kuliner Khas Kroasia Teman Rayakan Piala Eropa. (Foto: Instagram/jernejkitchen

Mlinci menjadi salah satu hidangan yang populer di kawasan Kroasia Utara, khususnya Zagorje dan Zafreb. Makanan yang dijadikan sebagai pengganti nasi, disajikan bersama lauk, seperti daging kalkun atau bebek.

Mlinci merupakan roti yang berbentuk pipih dan dimasak dengan sejumlah cara, seperti digoreng dan dibuat sup. Mencicipinya diperlukan kesabaran, karena proses memasaknya cukup memakan waktu, kurang lebih selama dua jam. []

Berita terkait
Mie Instan Jjapaguri Hidangan Viral Film Parasite
Makanan Jjapaguri Sirloin mendadak viral setelah film Parasite memenangkan piala Oscar 2020.
Kuliner Tanah Kelahiran Irfan Bachdim di Amsterdam
Kuliner di Kota Amsterdam tempat kelahiran Irfan Bachdim menyimpan cita rasa yang menguggah selera.
5 Restoran di London Pelepas Rindu Kuliner Indonesia
Kuliner tradisional selalu bikin rindu, kelezatan cita rasanya sudah diakui dunia. Ternyata di London ada beberapa restoran pelepas rindu.
0
Sport Tourism Kejurnas Enduro Tak Terganggu Corona
Virus corona tidak mengganggu penyelenggaraan Kejurnas Enduro Championship. Event sport tourism yang mempromosikan wisata ini digelar BOB.