UNTUK INDONESIA
Lima Khasiat Minum Air Hangat Setiap Pagi
Minum air hangat setiap pagi memiliki manfaat terbaik untuk kesehatan. Mau tau apa saja?
Ilustrasi air hangat. (Foto: pixabay/pasja1000)

Jakarta - Minum air hangat setiap pagi ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Setidaknya mengonsumsi air putih secukupnya setiap hari merupakan solusi terbaik menjaga tubuh agar tidak terkena dehidrasi.

Berikut Tagar rangkumkan dari laman alodokter lima khasiat minum air hangat setiap pagi.

1. Meredakan Gejala Flu

Minum air hangat dapat membantu meringankan gejala flu seperti sakit tenggorokan, pilek, dan mencegah dehidrasi. Air hangat akan membantu tubuh untuk mengurangi iritasi tenggorokan. 

Uap hangat yang berasal dari hangat dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran napas. Biar lebih manjur bisa menambahkan jahe, lemon atau madu untuk membantu meredakan nyeri tenggorokan dengan segera.

Untuk mendapatkan manfaat air hangat lebih banyak, dapat berkumur dengan setengah sendok teh garam dapur yang ditambahkan ke dalam secangkir air hangat. 

Air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan, sehingga tenggorokan terasa lebih lega. Gunakan campuran air garam untuk berkumur tiga kali sehari selama 30 detik.

2. Meredakan Nyeri Menstruasi 

Minum air hangat juga dapat berperan untuk meredakan rasa sakit dan nyeri haid atau dismenorrhea. Minum cairan dalam jumlah yang cukup dapat mencegah tubuh menahan cairan di dalam. Akibatnya, nyeri akibat kembung yang menyertai haid dapat berkurang. 

Selain itu, minum air hangat biasanya lebih baik karena dapat merelaksasi otot yang kram. Ditambah lagi konsumsi air hangat dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

3. Meredakan Sakit Radang Sendi

Minum air hangat juga bermanfaat menenangkan sistem saraf dan menghidrasi tubuh. Efektif mengurangi rasa nyeri pada penderita radang sendi.

4. Meredakan Stres

Minum air hangat dapat membantu melancarkan aliran darah di seluruh tubuh, termasuk otak. Efek ini dapat membuat rileks dan meringankan stres dan rasa cemas. 

Bahkan, mandi atau minum air hangat dapat membantu agar tidur lebih nyenyak. Untuk hasil yang maksimal, jangan hanya air hangat, bisa meminum susu hangat untuk membantu merasa lebih tenang dan nyaman.

5. Meringankan Gejala Akalasia

Air hangat dapat membantu orang dengan akalasia untuk mencerna dengan lebih nyaman. 

Untuk informasi, Akalasia adalah kondisi di mana kerongkongan mengalami kesulitan untuk mengantar makanan ke dalam lambung. Gejala umumnya adalah kesulitan menelan dan merasa ada makanan yang terjebak di kerongkongan. []

Berita terkait
Asupan Sehat Bagi Warga Korban Banjir
Musim banjir saat ini,rentan terhadap serangan penyakit hingga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Berikut makanan sehat yang wajib dikonsumsi.
Tujuh Khasiat Buah Pala untuk Kesehatan
Buah pala selain untuk olahan makanan ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, apa saja?
Kiat Bambang Pamungkas Menjaga Kesehatan Kulit Wajah
Pesepak bola Bambang Pamungkas pensiun dari dunia olahraga yang digulutinya selama ini, bagaimana dia bisa menjaga kulit wajahnya selalu sehat?
0
Jokowi Saksikan Ketua MA Syarifuddin Mengucap Sumpah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah M. Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.