Indonesia
Lima Jenderal yang Dikenal Dekat Tomy Winata
Sebagai pebisnis tersohor, tidak heran Tomy Winata memiliki banyak relasi, termasuk dengan para petinggi militer.
Pemilik Artha Graha Group, Tomy Winata. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Tomy Winata merupakan sosok yang penuh dengan kontroversi. Disamping memiliki grup bisnis yang menggurita di banyak sektor, ia juga memiliki banyak relasi dan kolega, termasuk dari kalangan militer. Kedekatan TW, panggilan akrabnya, dengan militer sudah dimulai sejak lama. 

Tomy pertama kali berkenalan dengan seorang pejabat militer di Singkawang, Kalimantan Barat pada tahun 1972. Kerja samanya dengan dunia militer Indonesia dimulai sejak dipercaya untuk membangun kantor Komando Rayon Militer (Koramil) di Singkawang. Sejak saat itu, Tomy masuk ke dunia militer di Indonesia dan kenal dengan banyak Perwira Tinggi TNI

Baca juga: Lima Fakta Kasus Pengacara Tomy Winata Hingga Minta Maaf

Berikut Tagar rangkumkan beberapa Jenderal TNI yang memiliki kedekatan dengan bos Artha Graha tersebut.

1. Jend. (TNI) Purn. Gatot Nurmantyo

Gatot NurmantyoLima Jenderal yang dikenal dekat Tomy Winata. (Foto: unimelb.edu.au)

Kedekatan antara mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dengan TW sempat menjadi perbincangan publik pada medio Maret hingga April 2018. Bahkan, Jenderal Gatot mengungkap kedekatannya dengan TW tidak bisa dibandingkan dengan yang lain. 

Awal kedekatan Gatot dengan Tomy dimulai saat mereka dipertemukan mantan Kepala Staff Angkatan Darat (KSAD),  Jenderal TNI Purn. Edi Sudrajat. Pada saat itu, TW yang dibawa Edi dari Kalimantan untuk menemaninya saat bertugas sebagai Panglima Komando Daerah Militer III Siliwangi. 

Saat itu, Gatot yang baru lulus dari Akademi Militer (Akmil), ditunjuk untuk menjadi ajudan Edi. Sering bertemu dan usia yang hanya terpaut dua tahun membuat mereka cepat kompak. Bahkan, persahabatan mereka merembes hingga kepada urusan bisnis. Ia mengaku pernah menjadi komisaris utama bank didirikan TW, Bank Artha Graha.

2. Jenderal TNI Purn. Edi Sudrajat

Edi SudrajatLima Jenderal yang dikenal dekat Tomy Winata. (Foto: defense.gov)

Bisa jadi mantan KSAD ini merupakan orang yang membuka pintu kedekatan TW dengan Gatot Nurmantyo. Edi Sudrajat mengaku kepada Gatot alasannya membawa TW dalam penugasannya sebagai Panglima Kodam III Siliwangi karena menganggap Tomy Winata  memiliki potensi. 

3. Letnan Jenderal TNI Purn. Tiopan Bernard Silalahi

TB SilalahiLima Jenderal yang dikenal dekat Tomy Winata. (Foto: Gelasisi.files.wordpress)

Mantan Ketua Dewan Perimbangan Presiden di era Susilo Bambang Yudhoyono, Letjen.Purnawirawan TNI TB. Silalahi disebut-sebut memiliki kedekatan personal dengan Tomy Winata. 

Awal pertemuan menteri pendayaan aparatur negara di era Soeharto tersebut terjadi di rumah salah satu pejabat mabes TNI AD. Kedekatan mereka juga merembes ke dalam urusan bisnis. Pendiri Yayasan Soposurung tersebut diketahui merupakan penasihat di Artha Graha, perusahaan yang didirikan TW.

4. Brigadir Jenderal TNI Purn. Slamet Singgih

Slamet SinggihLima Jenderal yang dikenal dekat Tomy Winata. (Foto: konfrontasi.com)

Dalam buku memoar yang ia tulis, Jenderal Singgih menuliskan skrip percakapan akrab dengan TW. Mantan staff ahli Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral era Presiden SBY ini pertama kali bertemu dengan Tomy diperkenalkan bos Agung Sedayu Group, Aguan Sugianto. Pertemanan lebih banyak dalam kegiatan bisnis, khususnya di wilayah Palembang hingga Lampung.

5. Jenderal TNI Purn. Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang YudhoyonoLima Jenderal yang dikenal dekat Tomy Winata. (Foto: sby.info)

Kedekatan yang paling kentara antara Presiden RI Ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono dengan bos Artha Graha, Tomy Winata adalah pada saat keduanya sepakat melakukan pembuatan hutan bakau di Bali pada tahun 2013. 

Penanaman tanaman bakau tersebut diprakarsai Tomy dengan mengajak pesepakbola dunia, Cristiano Ronaldo untuk menjadi duta hutan mangrove pada event tersebut. Tidak hanya dalam proyek bakau, pada tahun 2008 SBY dan TW pernah bertemu untuk membahas program produksi beras jenis Bernas di kawasan pertanian yang dikembangkannya.[]

Lihat video berita terkait:


Berita terkait
0
Isu Jadi Mobil Presiden, Kisah Jokowi dan Innova
Kedekatan Jokowi dengan Toyota Kijang tentunya bukan hal baru baginya, khususnya Kijang Innova.