Vokasi Kemdikbud

Lima Cara Mengatur Gaji Bulanan

Dengan menerima gaji, seseorang akan menjadi kaya. Namun, bagaimana caranya uang itu bisa terpakai secara baik dan benar.
Uang (Foto: Wikipedia).

Jakarta - Sebagai seorang pekerja yang menerima pendapatan dari gaji bulanan, harus bijak dalam mengelola keuangan. Entah itu dengan pendapatan kecil maupun besar, kalau bisa mengaturnya dengan benar, semua akan baik-baik saja.

Sebenarnya, tidaklah sulit untuk mengatur keuangan. Itu tergantung dari gaya hidup masing-masing seseorang. Berikut Tagar merangkum lima tips kelola gaji bulanan:

1. Anggaran Bulanan

Pertama mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Yakni untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor, dan keperluan lainnya.

Sedangkan untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk shopping, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja.

2. Melunasi Tanggungan

Saat mendapatkan gaji, hal yang pertama dilakukan ialah membayar semua tagihan di awal. Dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya.

Hal ini penting, agar tidak mengganggu biaya kebutuhan sehari-hari. Bisa memisahkan atau membayarkannya terlebih dahulu, dengan begitu akan membuat situasi lebih tenang mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

3. Menabung

Jika selama ini terbiasa menyisihkan sisa gaji untuk tabungan, cobalah menyisihkan gaji sebelum menggunakannya untuk keperluan sehari-hari.

Hal ini berguna, untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting.

4. Mencatat Pengeluaran

Setiap kali belanja, Simpanlah struk atau nota. Catat semua pengeluaran setiap harinya. Cara ini akan membantu mengetahui kemana saja uang yang digunakan selama ini.

Selain itu, juga dapat membantu menganalisa barang-barang apa saja yang sebenarnya tidak harus di beli di bulan yang akan datang.

5. Memiliki Dua Rekening

Buatlah dua rekening bank yang berbeda. Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari dan rekening lainnya khusus untuk menabung. Buatlah jumlah minimal, berapa yang harus di tabung dari gaji bulanan.[]

Berita terkait
Pengamat Ekonomi: Pindah Ibu Kota Bisa Menarik Investor
Pemindahan ibu kota ke Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kertanegara, akan berpengaruh pada Pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur.
Pengaruh Tragedi 11 September Terhadap Perekonomian AS
Pemerintah Amerika Serikat mengumumkan menyiapkan dana sebesar 100 miliar dollar AS untuk mengantisipasi krisis ekonomi di negara tersebut.
Kebijakan Ekonomi Masa Pemerintahan BJ Habibie
Kebijakan awal yang dilakukan BJ Habibie adalah melakukan restrukturisasi dan rekapitulasi perbankan melalui pembentukan BPPN.
0
Ditegur Tokoh NU Gegara Gisel Panggil Nama Kuda Aisyah
Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Umar Hasibuan menegur Gisella Anastasia yang memanggil nama kuda dengan sebutan Aisyah padahal itu nama istri Nabi.