UNTUK INDONESIA
Lima Bahaya Makeup Bila Lupa Dibersihkan
Menggunakan makeup salah satu cara wanita menyempurnakan penampilan. Namun, harus berhati-hati, karena ada dampak yang ditimbulkan.
Ilustrasi make up sederhana tampil cantik. (Foto: pixabay)

Jakarta - Menggunakan makeup salah satu cara wanita menyempurnakan penampilan. Namun, ada efeknya juga bila tidak rajin membersihkannya, bisa fatal bagi kulit.

Makeup yang menempel pada kulit membuat kulit tidak dapat bernapas dengan baik.

 yang menempel pada kulit membuat kulit tidak dapat bernapas dengan baik, sehingga kulit tidak dapat memperbaiki diri sendiri. Makeup yang menempel pada kulit membuat kulit tidak dapat bernapas dengan baik, sehingga kulit tidak dapat memperbaiki diri sendiri.

Berikut Tagar rangkum dari berbagai sumber, lima dampak lupa membersihkan makeup.

1. Infeksi Mata

Perlu diketahui, partikel-partikel kecil jika berada di sekitar mata sangat berbahaya. Terutama makeup yang berbentuk cair seperti maskara dan eyeliner. Jika riasan ini tidak dibersihkan dan dibiarkan lama-lama dapat menyebabkan iritasi dan infeksi pada mata.

2. Penuaan Dini

Membiarkan makeup tetap menempel pada wajah baik dengan alasan lelah atau malas. Mengakibatkan kulit keriput, muncul garis halus-halus yang menunjukkan penuaan dini.

3. Bulu Mata Rontok

Tidur dengan riasan mata dapat menyebabkan kerontokan bulu mata. Karena kandungan lilin cenderung mencair sehingga menempel dan membokir folikel bulu mata.

Selain itu, dapat menyebabkan infeksi pada mata. Bahan kimia yang terkontaminasi dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

4. Jerawat

Selain membuat bulu mata rontok, alasan utama harus membersihkan makeup karena bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Sisa riasan pada wajah akan menutupi pori-pori kulit. Jika tidak langsung dibersihkan akan menyerap ke dalam kulit bersamaan dengan produksi minyak pada wajah. Hal yang menimbulkan jerawat dan komedo.

5. Menurunkan Kinerja Sel Kulit

Sisa riasan yang menumpuk dapat membahayakan kulit, kandungan bahan kimia pada make up dapat berdampak langsung pada jaringan dan sel kulit.

Akibat paling ringan yang mungkin terjadi adalah penuaan dini dan akibat paling parah adalah kanker kulit.

Selain itu, dapat mengganggu kinerja sel kulit, sehingga kemampuan sel kulit untuk menyerap zat aktif akan menurun. []

Berita terkait
Tidak Selamanya Putih Langsing itu Cantik
Perempuan cantik selama ini lekat dengan kulit putih, rambut panjang, memiliki tinggi semampai layaknya model. Namun hal tersebut terbantahkan.
Manfaat Semangka untuk Kecantikan
Semangka biasanya dikenal sebagai buah yang menyegarkan untuk menghilangkan dahaga, karena mengandung banyak air di dalamnya.
Buah Merah Rahasia Kecantikan Perempuan Papua
Perempuan Papua memiliki cara tersendiri untuk merawat kulit agar tidak kering dan kusam, yaitu dengan memanfaatkan Buah Merah.
0
Wacana Penghapusan Izin Mendirikan Bangunan
Pengamat Properti sekaligus Direktur Indonesia Property Watch Ali Tranghanda tidak menyetujui rencana pemerintah hapus aturan IMB.