UNTUK INDONESIA
Manfaat Semangka untuk Kecantikan
Semangka biasanya dikenal sebagai buah yang menyegarkan untuk menghilangkan dahaga, karena mengandung banyak air di dalamnya.
Semangka. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Jakarta - Semangka biasanya dikenal sebagai buah yang menyegarkan untuk menghilangkan dahaga, karena mengandung banyak air di dalamnya. Tetapi, ternyata buah yang satu ini memiliki banyak manfaat, khususnya untuk kecantikan kulit wajah.

Penasaran dengan manfaat semangka ini, berikut penjelasannya. 

1. Mencegah penuaan dini

Semangka kaya akan likopen, vitamin C dan A. Semua kandungan nutrisi ini dapat mengurangi paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan garis-garis halus, keriput dan bintik-bintik hitam pada kulit. Anda bisa menggunakan semangka ini sebagai masker dan mengonsumsi buahnya untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Melembabkan wajah

Buah ini memang memiliki banyak mengandung air yang tinggi, sehingga dapat membuat kulit menjadi lembab. Namun, jika memiliki kulit yang sangat kering, kamu bisa mencampurkan madu pada semangka. Caranya, campurkan buah semangka yang sudah dihaluskan dengan madu secukupnya, aduk hingga merata dan oleskan pada seluruh permukaan wajah.

3. Menghilangkan jerawat

Semangka kaya akan vitamin dan enzim yang memberikan efek segar pada kulit yang sedang mengalami peradangan akibat jerawat. Selain itu, kandungan vitamin C pada semangka juga bisa menyamarkan noda bekas jerawat yang membandel. Caranya, aplikasikan jus semangka pada seluruh permukaan wajah sambil dipijat-pijat sebentar, biarkan sekitar 15 menit, kemudian basuh dengan air dingin hingga bersih.

4. Pembersih wajah (Toner)

Semangka juga mampu mengangkat sisa kotoran yang menempel pada kult wajah, meredakan masalah kulit yang kusam, dan membuat kulit menjadi lebih segar. Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, caranya sangat mudah, cukup dengan memijat kulit dengan menggunakan irisan/jus semanggka yang segar, dan dapat mencampurnya dengan madu untuk mendapatkan hasil yang efektif.

5. Mengurangi minyak berlebih pada wajah

Semangka mengandung banyak vitamin A, vitamin ini dapat mengecilkan pori-pori kulit. Selain itu, buah itu juga dapat membantu mengontrol kadar minyak berlebih pada kulit wajah. Caranya, gunakan semangka yang telah dihaluskan sebagai masker dengan rutin. []

Berita terkait
Buah Merah Rahasia Kecantikan Perempuan Papua
Perempuan Papua memiliki cara tersendiri untuk merawat kulit agar tidak kering dan kusam, yaitu dengan memanfaatkan Buah Merah.
Luna Maya Perlihatkan Kecantikan Alami, Apa Respon Faisal Nasimuddin?
Luna Maya memperlihatkan kecantikan alaminya.
Tips Makeup 10 Menit, Sederhana Tapi Tampil Cantik
Makeup memang menjadi andalan untuk tampil cantik. Berikut makeup sederhana selama 10 menit agar tampil cantik.
0
Alasan Driver Ojol Aksi Mogok Makan di Yogyakarta
Sejumlah driver ojek online (ojol) dari Go Car dan Grab Car menggelar aksi mogok makan sejak Selasa, 22 Oktober 2019.