UNTUK INDONESIA
Liburan Tak Perlu Mudik, 5 Restoran Ini Seperti di Jawa Tengah
Liburan kangen kampung. Tak usah mudik, Anda bisa mengunjungi 5 restoran dengan atmosfer khas kampung halaman di Jawa Tengah ini.
Warung MJS (Foto: Instagram/novitahennys)

Jakarta - Liburan memang paling asyik kulineran ke restoran bareng keluarga, sahabat, maupun pacar. Apalagi kalau lagi kangen camilan atau makanan khas kampung halaman di Jawa Tengah, rasanya ingin langsung mudik saja.

Nah, untungnya di Jakarta ada lho tempat makan atau restoran yang memiliki atmosfer seperti di Jawa Tengah. Jadi tidak perlu jauh-jauh deh untuk merasakan aura kampung halaman sekaligus makanannya. 

Ingin tahu dimana saja? Yuk,simak berikut ini.

1. Suwe Ora Jamu

Biasanya kalau nongkrong di kafe sajiannya khasnya kopi dan teh. Tapi kalau berkunjung ke sini, Anda disajikan beragam menu minuman segar khas kampung halaman, yaitu jamu.

Di Sue Ora Jamu, Anda bisa menikmati berbagai jenis varian jamu. Mulai dari jamu beras kencur, kunyit asem, alang-alang, dan masih banyak lagi. 

Jamu dengan citarasa segar, yang biasanya jarang diminum anak muda juga tersedia di sini. Anda bisa saja meminta rekomendasi stafnya sebelum mencicipi jamu. Siapa tahu mendapati kejutan rasa segar dari varian jamu sehat yang sebelumnya tak pernah dibayangkan.   

Kalau ingin mencobanya bersama sanak keluarga atau kekasih, Anda tak perlu jauh-jauh mudik terlebih dahulu karena lokasi Suwe Ora Jamu terletak di Jakarta. Tepatnya di Jalan Petogogan I No.28 B, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Masalah kebersihan, tenang! Kafe ini lumayan tenang dan bersih. Penyajian jamunya juga higenis karena memakai botol dari kaca. 

Operasional kafe ini dari Senin-Kamis dari jam 15.00-00.00 WIB dan Jumat-Minggu dari pukul 11.00-00.00 WIB. Bagi yang ingin mampir, kafe mungil ini juga menghidangkan suasana bertemakan vintage, cocok nih untuk kangen-kangenan sama suasana jaman dahulu.

Suwe Ora JamuSuwe Ora Jamu (Foto: Instagram/suweorajamu28)

2. Warung MJS 

Konsep Warung MJS atau Mbah Jingkrak Setiabudi ini mengangkat interior khas Jawa. Di setiap sudut restoran ini, Anda akan menemukan benda-benda koleksi kuno dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka dipajang selaras dengan bentuk bangunannya yang juga tradisional.

Restoran di Jalan Setiabudi Tengah No.11, Jakarta Selatan ini, juga memberikan pilihan duduk di gazebo yang terletak di halaman belakang dipenuhi pepohonan sehingga membuat suasanya menjadi lebih sejuk.

Sedangkan untuk penyajian makanannya juga unik. Ketika Anda melongok daftar hidangan, terdapat nama-nama menu mistis seperti Ayam Sambut Setan, Ayam Gondol Wewe, atau Oseng Kikil Mercon.

Warung MJS buka setiap Senin-Jumat pukul 10.00-23.00 WIB, sedangkan Sabtu-Minggu buka pukul 09.00-23.00 WIB.

Warung MJSWarung MJS (Foto: Instagram/novitahennys)

3. Waroeng Solo

Jika berkunjung ke restoran ini, jangan heran Anda seperti berada di Solo. Interior sekaligus bangunan tempat makan ini berlapis kayu, musik keroncong juga kerap menggema menjadikan Anda seperti berada di rumah kakek atau nenek. 

Makanan di Warung Solo disajikan secara prasmanan. Anda yang berkunjung ke sini bisa memilih langsung makanan yang dingin disantap, self service tepatnya.

Waroeng Solo buka setiap hari dari pukul 10.00-22.00 WIB. setiap hari. Nah, untuk alamatnya berada di Jalan Madrasah 14, Jakarta Selatan.

Waroeng SoloWaroeng Solo (Foto: Instagram/waroengsolo)

Baca juga:

4. Gudeg Kandjeng

Siapa yang tak kenal gudeg? Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta. Nah, di Jakarta, Gudeg Kandjeng juga ramai dikunjungi penikmat kuliner atau masyarakat umum yang rindu dengan masakan khas Yogyakarta. 

Selain menyajikan nasi gudeg, resto ini menyajikan bubur gudeg dengan cita rasa yang manis khas Yogya. Jangan lupa untuk memesan minuman khasnya, seperti es gula asem ya.

Jika Anda merindukan makanan Yogyakarta, Anda bisa mampir ke Jalan Hangtuah, Bulungan, Jakarta Selatan. Bila ingin datang sore hari, jangan khawatir karena resto ini buka setiap hari dari pukul 08.00 - 21.00 WIB.

Gudeg KandjengGudeg Kandjeng. (Foto: Instagram/gudegkandjeng)

5. Arjuna Cafe

Kafe yang menawarkan suasana khas Jawa selajutnya adalah Arjuna Cafe. Tempat makan ini dihiasi interior dari kayu jati serta barang-barang antik khas Jawa.

Menu yang disajikan seperti kari ayam, ayam lengkuas, bakso, ayam bakar madu, mendoan dan soto ayam.

Alamatnya berada di Jalan Wijaya Timur 1 No. 6, Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Selain menawarkan hidangan untuk disantap, kafe ini juga kerap menjadi lokasi untuk sesi photo. (Niswatul Mahmudah)

Arjuna CafeArjuna Cafe (Foto: Instagram/arjunajakarta)


Berita terkait
7 Tempat Wisata Gratis di Depok, Ngedate Gak Bikin Dompet Jebol
Tempat wisata gratis di Depok ini bisa menjadi pilihan liburan keluarga. Bisa untuk ngedate juga karena gak bikin dompet pasangan jadi jebol.
One Day Trip ke Bekasi, Bisa Wisata ke Mana Saja?
Berada di luar tata surya, begitu netizen bergurau tentang Bekasi. Namun ternyata, daerah ini memiliki sejumlah tempat wisata menarik.
One Day Trip ke Tangerang Selatan, Bisa Wisata ke Mana Saja?
Tangerang Selatan menyimpan banyak ragam wisata yang bisa dikunjungi, termasuk untuk para traveler yang ingin one day trip.
0
Liburan Tak Perlu Mudik, 5 Restoran Ini Seperti di Jawa Tengah
Liburan kangen kampung. Tak usah mudik, Anda bisa mengunjungi 5 restoran dengan atmosfer khas kampung halaman di Jawa Tengah ini.