UNTUK INDONESIA
Libur Nyepi Usai, Pelabuhan Ketapang Kembali Dibuka
PT ASDP Ketapang Banyuwangi kembali membuka penyeberangan ke Pulau Bali pasca libur Hari Raya Nyepi.
Petugas Pelabuhan Ketapang Banyuwangi menyemprotkan disinfektan kepada penumpang yang akan menyeberang ke Pulau Bali pasca libur Hari Raya Nyepi. (Foto: Tagar/Hermawan)

Banyuwangi - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur kembali membuka aktivitas penyeberangan dari dan menuju ke Bali pasca Hari Raya Nyepi.

General Manager PT ASDP Ketapang Banyuwangi Fahmi Alweni mengatakan aktivitas penyebrangan Ketapang-Gilimanuk Bali mulai pukul 06.00 Wib, Kamis 26 Maret 2020. Sebelumnya penyeberangan Ketapang-Gilimanuk ditutup selama satu hari pada Rabu, 25 Maret 2020 untuk menghormati umat Hindu di Pulau Bali melaksanakan Catur Brata Nyepi.

Sedangkan kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat Pribadi masih belum signifikan meski sudah ada yang balik ke Pulau Bali.

“Pembukaan penyeberangan pertama kita mulai dari Pelabuhan Ketapang pada pukul 06.00 Wib. Karena seluruh armada kapal bersandar di Pelabuhan Ketapang setelah mengangkut penupang terakhir dari pelabuhan Gilimanuk Bali,” tambah Fahmi alweni.

Kata Fahmi, pada arus balik Hari Raya Nyepi dari Pelabuhan Ketapang, tidak ada lonjakan cukup berarti. Kendaraan hendak menyebrang ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali justru didominasi oleh kendaraan pengakut barang .

“Sedangkan kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat Pribadi masih belum signifikan meski sudah ada yang balik ke Pulau Bali,” kata Fahmi.

Meski demikian, PT ASDP tetap menyiagakan tenda untuk kendaraan roda dua, pada angkutan arus balik Hari Raya Nyepi ini. Alasannya, tidak menutup kemungkinan masyarakat yang hendak balik ke Bali, masih menunda perjalananya beberapa hari ke depan.

“Kita tetap mengantisipasi adanya lonjakan penumpang ya. Untuk itu kita tetap memasang tenda untuk antre kendaraan roda dua dan menyiagakan 52 armada kapal di kedua pelabuhan,” tutur Gami.

Sementara itu, PT ASDP Ketapang tetap melakukan penyemprotan disinfektan terhadap masyarakat pulau Jawa kembali ke Pulau Bali. Usai libur Nyepi, PT ASDP Ketapang Banyuwangi melalui kembali membuka penyeberang dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

”Kita Usahakan agar penumpang yang kembali ke Gilimanuk tetap dilakukan penyemprotan disifektan seperti dilakukan di Pelabuhan Ketapang kemarin,” tuturnya.

Fahmi mengaku pihaknya telah berkordinasi dengan unsur terkait di Kabupaten Jembrana, Bali, untuk melakukan penyemprotan disifektan tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Tak hanya penyemprotan disinfektan, PT ASDP seluruh penumpang juga akan diperiksa suhu tubuhnya dengan alat pengukur suhu tubuh.

“Selain disinfektan, kita juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada setiap penumpang baru turun dari kapal membawanya dari Pelabuhan Ketapang,” ujar fahmi.

Di seluruh kapal beroperasi juga dilengkapi tempat pencuci tangan dan Hand sanitizer. sehingg masyarakat bisa menggunakanya selama perjalanan di diatas kapal.

“Seluruh kapal juga telah dilengkapi tempat pencuci tangan. Namun kita mengimbau kepada seluruh penumpang untuk tetap jaga jarak dan kurangi menyentuh barang di sekelilingnya,” kata Fahmi.

Stasiun JemberPenumpang kereta api di Stasiun Jember. (Foto: Tagar/Hermawan)

PT KAI Daop 9 Batalkan 4 Perjalanan Kereta Api

Sementara PT Kereta Api Indonesia (KAI) daerah operasional 9 Jember, membatalkan empat perjalanan kereta api berangkat dari wilayah operasinya. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi mobilitas masyarakat sesuai dengan arahan pemerintah dalam rangka menekan penyebaran virus Corona.

PT KAI Daop 9 Jember mengurangi sebanyak 4 perjalanan KA yang berangkat dari wilayah kami. Pengurangan tersebut akan diberlakukan mulai 1 April 2020,” ujar Vice President PT KAI Daop 9 Jember, Agus Barkah.


Kereta Api dibatalkan yakni, Kereta Api Mutiara Timur Siang relasi Banyuwangi–Surabaya. Kereta Api Logawa relasi Jember – Purwokerto, Kereta Api Pandanwangi relasi Banyuwangi–Jember, Kereta Api Pandanwangi relasi Jember – Banyuwangi.

“Jadwal yang kami batalkan adalah kereta Api memiliki jadwal atau kereta api alternatif sehingga penumpang memiliki pilihan jadwal keberangkatan lain jika tetap memutuskan untuk berangkat,” kata Agus.

Untuk penumpang yang sudah memiliki tiket tersebut, pada periode 1-30 April, PT KAI Daop 9 akan menghubungi penumpang melalui Contact Center KAI 121 terkait informasi pembatalan perjalanannya.

“Kami akan mengembalikan bea secara penuh 100 persen secara tunai. Pembatalan tiket dapat dilakukan di stasiun keberangkatan atau stasiun lain yang melayani penjualan/pembatalan tiket. Pada wilayah Daop 9, ada 17 stasiun yang melayani proses pengembalian,” jelas Agus.

Agus menegaskan meskipun terdapat pengurangan jadwal kereta api, PT KAI tetap memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang yang membutuhkan transportasi kereta api dengan segala protokol pencegahan virus corona yang telah diterapkan.

“Kami mohon maaf atas pengurangan perjalanan KA ini. Semoga kebijakan ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, agar penyebaran virus corona dapat dicegah,” tutup Agus.

Sementara itu, calon penumpang kereta api Akbar Wiyana mengaku telah mengetahui pembatalan sejumlah perjalanan kereta api melalui situs pemesanan kereta api online. kata dia, ketika dia akan pesan tiket ke Surabaya, namun sudah ada pemberitahuan pembatalan perjalanan kereta api tersebut.

“Saya tadi mau pesan tiket ke Surabaya pada 5 April sudah engga bisa. Sebenarnya mau menggunakan Kereta Api Mutiara Timur,” kata Akbar

Akbar tidak mempermasalahkan dengan pengurangan jumlah keberangakatan kereta ini. Menurut dia, selama untuk kepentingan orang banyak harus dilakukan.

“Saya tidak kecewa, ini mungkin yang terbaik dan mudah-mudahan virus corona ini segera reda dan seluruh transportasi kereta api kembali berjalan normal,” kata Akbar. [] 

Berita terkait
Libur Nyepi, Penyebrangan Ketapang Turun 75 Persen
PT ASDP Pelabuhan Ketapang Banyuwangi memprediksi penurun jumlah penumpang saat momen Nyepi dikarenakan pandemi Covid-19.
Libur Nyepi, Pelabuhan Ketapang Dipadati Penumpang
PT ASDP Ketapang, Banyuwangi menyiapkan tenda terowongan untuk dilakukan disinfektan sebagai pencegahan pandemi virus corona.
Hari Raya Nyepi, Ketapang-Gilimanuk Ditutup
Selama hari raya nyepi penyeberangan Ketapang-Gilimanuk akan ditutup selama 24 jam.
0
Jokowi Saksikan Ketua MA Syarifuddin Mengucap Sumpah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah M. Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.