UNTUK INDONESIA
Layanan Penyalahgunaan Narkoba BNNK Ciamis di Pangandaran
BNNK Ciamis, Jabar, optimalkan pelayanan P4GN dengan melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Pangandaran
Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin, S. Sos, M. Si, meninjau langsung inovasi program P4GN melalui layanan “Si Biru” (Foto: ciamiskab.go.id).

Pangandaran - Kepala BNNK Ciamis, Jawa Barat, beserta jajarannya melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke beberapa instansi terkait untuk mengoptimalkan pelayanan program P4GN di wilayah Kabupaten Pangandaran. Kunker ke beberapa instansi terkait untuk mengkoordinasikan sekaligus membahas program kerja dalam upaya P4GN di wilayah Kabupaten Pangandaran. Hal ini disampaikan Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin, SSos, MSi, 22 September 2020.

Ada pun Dinas terkait yang di kunjungi Kepala BNNK Ciamis yaitu Sekretariat Daerah, Badan Kesbangpol, Satpol PP dan Diskominfo Kabupaten Pangandaran.

Di kantor Setda Kabupaten Pangandaran, Engkos menjelaskan kepada Sekda Kabupaten Pangandaran, Drs Kusdiana, MM, bahwa dalam melaksanakan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), BNNK Ciamis merencanakan satu inovasi pelayanan “Si Biru”.

Inovasi “Si Biru” yang menggunakan kendaraan operasional BNNK Ciamis warna biru ini dengan tujuan melaksanakan rangkaian program percepatan penanggulangan narkoba di wilayah kerja yang meliputi wilayah Ciamis, Banjar dan Pangandaran, sehingga masyarakat merasakan kehadiran BNNK Ciamis di tengah-tengah masyarakat, ucapnya.

“Pelayanan yang diberikan melalui mobil “Si Biru” meliputi layanan Pembuatan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkoba (SKHPN), Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) P4GN’,” kata Engkos.

Memberikan informasi KIE P4GN dan konseling rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba; menerbitkan SKHPN bagi masyarakat yang membutuhkan surat keterangan hasil pemeriksaan narkotika untuk berbagai kepentingan diantaranya melamar pekerjaan, memperpanjang kontrak kerja, seleksi jabatan, persyaratan pendaftaran calon legislatif, persyaratan beasiswa pendidikan, persyaratan peningkatan keterampilan, dan sebagainya, jelas Engkos.

Melalui “Si Biru” nantinya masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor BNNK Ciamis, namun hanya cukup datang ke lokasi mobil “Si Biru” berada sesuai jadwal yang sudah ditentukan. “Rencananya program pelayanan menggunakan mobil ‘Si Biru’ akan di uji cobakan pada Bulan Oktober mendatang,” kata Engkos.

“Mudah-mudahan dengan satu inovasi layanan ini dapat meningkatkan menyebaran informasi P4GN dalam wilayah kerja BNNK Ciamis, meningkatnya pelayanan P4GN yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas,” ujar Engkos.

Sekda Kab Pangandaran, Drs Kusdiana, MM, menyambut baik dengan rencana optimalisasi program P4GN dengan menggunakan mobil “Si Biru”. “Ini merupakan satu inovasi yang baik yang harus deketahui oleh masyarakat Pangandaran khususnya,” ujar Kusdiana.

Tak hanya dukungan akan program mobil “Si Biru” saja, Sekda Pangandaran memberikan masukan agar nanti dalam pelayanan menggunakan mobil “Si Biru” bisa menjangkau seluruh wilayah Kabupaten Pangandaran tidak hanya di beberapa tempat saja, tandasnya (ciamiskab.go.id). []

Berita terkait
Program Layanan Rehabilitas Narkoba Ciamis
BNN Kabupatenn Ciamis, Jabar, menggelar rapat koordinsi dengan layanan rehabilitasi penyalahgunaan narkobak milik kompon masyarakat
BNNK Ciamis Kembangkan Desa Bersih dari Narkoba
Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengembangkan Desa Bersinar (Bersih Narkoba) di Desa Golat, Kecamatan Panumbangan
0
Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta Dapat 5 Medali
Mewakili Yogyakarta, Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa sukses membawa pulang lima medali di ajang Kompetisi Sains Nasional tahun 2020.