UNTUK INDONESIA
Lawan Persib Bandung, PSM Makassar Bisa Mainkan Pluim
Kapten PSM Makassar Wiljan Pluim menjadi teka-teki apakah dimainkan lawan Persib Bandung. Namun dia mungkin siap diturunkan di laga pertama ini.
PSM Makassar tiba di Yogyakarta untuk mengikuti lanjutan Liga 1 yang dipusatkan di Pulau Jawa. PSM bermarkas di DIY dan akan menjamu Persib Bandung di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu, 4 Oktober 2020. (Foto: PSM Makassar)

Makassar - Kapten PSM Makassar Wiljan Pluim sempat menjadi teka-teki apakah dirinya bisa dimainkan di laga pertama melawan Persib Bandung. Meski baru tiba dari Belanda, kabar terakhir dia kemungkinan tetap dimainkan di pertandingan Liga 1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu, 4 Oktober 2020. 

Pluim memang tidak masuk kloter pertama PSM yang menuju Yogyakarta, Minggu 27 September 2020. Tim hanya membawa pemain sebanyak 18 orang. Pelatih Bojan Hodak juga belum bisa bergabung.

Meski tim baru bertanding baru bertanding pada pekan depan namun mereka akan mempersiapkan diri di Yogyakarta. Dari 18 pemain, tidak ada pemain asing yang ikut bergabung. Sementara, Pluim akan menyusul bergabung ke Yogyakarta. 

Namun ada pemain yang akan menyusul bergabung seperti Hasyim Kipuw dan Pluim. Yang lainya belum bisa bergabung

"Tim berangkat ke Yogyakarta dengan membawa 18 pemain," kata Sulaiman Abdul Karim, Senin, 28 September 2020.

Ada pun 18 pemain yang berangkat lebih dulu adalah, Hilmansyah, Mizwar Saputra, Zulkifli Syukur, Asnawi Mangkualam, Agung, Firza Andika, Rasyid Bakri, Saldi, M Arfan, Rezki Eka, Rizki Pellu, Yakob Sayuri, Ronni, Edgar Amping, Rafli Asrul, Renaldi, Prince Patrick Kallon dan Muhammad Farhan. Di antara mereka ada 5 pemain muda, termasuk Prince Kallon, keponakan dari Mohamed Kallon, eks pemain Inter Milan.

Menurut Sulaiman beberapa pemain lokal belum bisa bergabung karena ada keperluan lain seperti Reza Arya Pratama yang mengikuti tes kepolisian. Sedangkan bek Abdul Rahman masih menjalani terapi. 

"Namun ada pemain yang akan menyusul bergabung seperti Hasyim Kipuw dan Pluim. Yang lainya belum bisa bergabung. Abdul Rahman segera menyusul bila kondisinya sudah pulih," ujar Sule, sapaannya. 

Pluim, Satu-satunya Pemain Asing yang Gabung

Pluim menjadi satu-satunya pemain asing yang sudah bergabung dengan tim. Meski baru tiba di Indonesia, gelandang berusia 31 ini kemungkinan besar tetap dimainkan saat melawan Persib.  

PSM juga langsung melakukan persiapan menghadapi Persib. Hanya pelatih kepala Bojan Hodak belum bisa mendampingi tim. Saat ini tim ditangani langsung asisten pelatih Herrie Setyawan. 

Baca juga: 

Tepis ke PSMS Medan, Abdul Rahman Kembali Latihan di PSM

PSM Makassar Mulai Latihan Sebelum Pindah ke Yogyakarta

PSM seharusnya menghadapi Persiraja Banda Aceh pada pekan ke-4 atau saat dimulainya kompetisi setelah dihentikan karena pandemi Covid-19. Pertandingan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, dan Persiraja bertindak sebagai tuan rumah.  

Namun dengan diubahnya jadwal pertandingan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB), PSM akan menghadapi Persib. Mereka juga bertindak sebagai tuan ruimah dengan menggelar pertandingan di Bantul. 

Duel ini menjadi reuni bagi PSM dengan pelatih Persib, Robert Rene Alberts. PSM pernah diantara pelatih asal Belanda ini menjadi runner up liga pada 2018. []

Berita terkait
Penantian Berakhir, Wiljan Pluim Kembali ke PSM Makassar
Gelandang Wiljan Pluim menepis isu hengkang dari PSM Makassar. Teka-teki masa depannya di PSM terjawab setelah dia kembali ke Makassar.
PSM Sayangkan Jadwal Berubah Jelang Digulirkannya Liga 1
PT Liga Indonesia Baru (LIB) resmi mengubah jadwal pertandingan Liga 1. PSM Makassar menyayangkan perubahan jadwal saat liga akan dimulai.
Ditinggal Sejumlah Pemain, Ini Target PSM Makassar di Liga 1
PSM Makassar ditinggalkan beberapa pemain menjelang digulirkannya Liga 1 karena dipinjamkan ke klub lain. Namun PSM optimistis mampu bersaing.
0
Keluarga Kurang Yakin Motif Pembunuhan Wartawan Sulbar
Keluarga mengaku kurang yakin motif pembunuhan salah satu wartawan di Mamuju Tengah (Mateng), hanya karena menganggu perempuan