UNTUK INDONESIA
Penantian Berakhir, Wiljan Pluim Kembali ke PSM Makassar
Gelandang Wiljan Pluim menepis isu hengkang dari PSM Makassar. Teka-teki masa depannya di PSM terjawab setelah dia kembali ke Makassar.
Gelandang Wiljan Pluim (kanan) menepis isu hengkang dari PSM Makassar. Teka-teki masa depannya di PSM terjawab setelah dia kembali ke Makassar. Tampak Pluim menjalani latihan di PSM sebelum pandemi Covid-19. (Foto: Instagram/@wiljanpluim)

Makassar - Gelandang Wiljan Pluim menepis isu hengkang dari PSM Makassar. Teka-teki masa depannya di PSM terjawab setelah dia memilih kembali ke Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu 26 September 2020. Penantian suporter dan tim terhadap Pluim pun berakhir sudah.

Pluim, sosok yang sangat diharapkan kembali bergabung memperkuat PSM saat mengarungi Liga 1 yang dilanjutkan lagi. Apalagi beredar banyak rumor terkait kemungkinan jadi tidaknya dia bertahan di PSM.

Namun rumor itu akhirnya lenyap setelah Pluim kembali ke Indonesia. Pemain bernomor punggung 80 ini bercerita lewat story Instagram pribadi bahwa dia sudah tiba di Makassar. Pluim mengunggah foto saat tiba di Bandara Internasional Hasanuddin Makassar.

Sosok Pluim begitu penting di PSM. Ketika dia kembali, maka lini tengah PSM akan kembali bagus dan solid

"Akhirnya kembali ke Makassar," demikian unggahan Pluim.

Kedatangan kapten tim Juku Eja ini sekaligus menepis isu bahwa dirinya tidak akan kembali ke Indonesia setelah pulang ke negaranya di Belanda. Pertimbangannya sang istri baru melahirkan putra kedua.Bila akhirnya tak kembali karena keluarga, klub pun sudah pasti memahami dan bisa menerimanya. 

Selain itu, terpetik kabar bila Pluim tidak kembali ke Makassar tetapi mengikuti koleganya, Marc Klok, bergabung dengan Persija Jakarta. Namun isu pun langsung pupus setelah dia bergabung lagi dengan PSM.

Kembalinya gelandang berusia 31 ini dipastikan menambah kekuatan lini tengah PSM. Dirinya tidak hanya menampilkan sosok leader bagi tim tetapi juga menjadi kreator yang memiliki kontribusi besar selama membela Pasukan Ramang. Pluim juga sukses menjadi salah satu gelandang terbaik di pentas Liga 1 beberapa tahun terakhir.

Pengamat sepak bola Makassar, Faisal Maricar mengatakan, kembalinya eks pemain klub Eredivisie Belanda, Vitesse dan Roda JC ini akan menambah kekuatan lini tengah Juku Eja. Pluim merupakan tipikal pemain yang disukai penyerang atau siapa pun yang berada di depan. Pasalnya, dia memiliki kemampuan mengumpan bola yang akurat.

Baca juga: 

Latihan PSM Makassar, Tepis Keraguan Suporter Hadapi Liga 1

PSM Makassar Mulai Latihan Sebelum Pindah ke Yogyakarta

"Sosok Pluim begitu penting di PSM. Ketika dia kembali, maka lini tengah PSM akan kembali bagus dan solid," kata Faisal kepada Tagar.

"Dia adalah kapten dan sekaligus pilar penting. Jadi dia memang sangat dibutuhkan pemain lain," ujar mantan pemain PSM ini menambahkan.

PSM sendiri menantang Persib Bandung pada pekan ke-4 Liga 1 yang berlangsung Minggu, 4 Oktober 2020. Laga kedua tim papan atas ini akan berlangsung Stadion Sultan Agung, Bantul. []

Berita terkait
PSM Sayangkan Jadwal Berubah Jelang Digulirkannya Liga 1
PT Liga Indonesia Baru (LIB) resmi mengubah jadwal pertandingan Liga 1. PSM Makassar menyayangkan perubahan jadwal saat liga akan dimulai.
Putra Kedua Pemain PSM Makassar Wiljan Pluim Lahir
Putra gelandang flamboyan asal klub PSM Makassar Wiljan Pluim lahir, kelahiran putra keduanya membuat Pluim bahagia.
Pellu dan Pluim, Kolaborasi Tulehu-Belanda di PSM
Gelandang Rizky Pellu dan Willem Jan Pluim ternyata punya kecocokan bermain di PSM Makassar. Ini jadi kolaborasi pemain Tulehu dan Belanda di PSM.
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.