UNTUK INDONESIA
Lautaro Martinez dan Proyek 10 Tahun Barcelona
Barcelona ingin merekrut striker Inter Milan Lautaro Martinez karena tengah menyiapkan proyek 10 tahun. Martinez jadi andalan Barca di proyek itu.
Barcelona ingin merekrut striker Inter Milan Lautaro Martinez karena tengah menyiapkan proyek 10 tahun. Menurut rencana, Martinez akan menjadi andalan Barca di lini depan dalam proyek satu dekade Barca. (Foto: Instagram/@lautaromartinez)

Jakarta - Barcelona berupaya keras mendatangkan striker Inter Milan Lautaro Martinez. Alasannya, Barca ternyata tengah menyiapkan proyek 10 tahun. Bersama Martinez di lini depan, skuat Barca bakal tetap menjadi terbaik sampai satu dekade mendatang. 

Barca harus mempersiapkan tim anyar setelah berakhirnya era Lionel Messi. Selain Messi, tim Katalan ini bakal kehilangan Luis Suarez, Gerard Pique dan sejumlah pemain top yang sudah uzur seperti Sergio Busquets. 

Meski masih dipertahankan, namun mereka segera pensiun dan Barca sudah melakukan regenerasi. Para generasi anyar yang lebih bisa memahami apa yang ada dalam benak pelatih Quique Setien untuk dimunculkan di lapangan. Bahkan Messi sendiri mengakui masih ada pemain yang kesulitan beradaptasi dengan gaya bermain ala Setien. 

Saya yakin semua akan berjalan lancar bila bergabung ke Barca dan bermain bersama Messi. Lautaro pengganti Luis Suarez yang ekselen

Martinez menjadi target Barca karena diproyeksikan sebagai pilar kekuatan tim. Di usianya yang masih 22, striker tim nasional Argentina memang memiliki potensi besar untuk menjadi pemain nomor 9 yang bisa diandalkan juara La Liga 26 kali ini. 

Talenta dan kemampuan Martinez sudah terbukti di Inter. Musim ini, dia membuktikan ketajamannya dengan mencetak 11 gol dan membuat 3 assists selama 22 pertandingan Serie A Italia

Performanya di Liga Champions pun tak kalah ciamik meski Inter gagal melangkah ke 16 Besar. Dia mengemas 5 gol dari 6 pertandingan Liga Champions. Ini berarti Martinez nyaris mencetak gol di setiap laga termasuk saat Inter kalah 2-1 dari Barca di Camp Nou. 

Saat itu, Martinez membawa Inter unggul lebih dulu. Namun pasukan Antonio Conte gagal mempertahankan keunggulan dan malah berbalik kalah. 

Saat yang Tepat Bagi Martinez ke Azulgranas

Martinez telah membuktikan sebagai mesin gol andalan Inter sehingga Barca berambisi memboyongnya. Menurut Mundo Deportivo, ini merupakan saat yang tepat bagi Azulgranas untuk merekrut eks pemain Racing Club itu demi membangun tim anyar yang tidak kalah kuat sampai 10 tahun mendatang.

Raksasa La Liga itu tengah membangun skuat yang berporos pada kiper Marc-Andre ter Stegen, gelandang Frenkie de Jong, dan Martinez di depan. Ini merupakan proyek 10 tahun Los Cules. Ini yang menjadikan Barca ngotot merekrut Martinez. Apalagi Barca sendiri sudah menyatakan selain Ter Stegen, De Jong, dan Messi, semua pemain bisa dijual. 

Hanya proyek itu memang masih ada kekurangannya, yaitu di lini belakang. Barca butuh bek tengah yang masih muda tetapi sudah berpengalaman untuk melengkapi proyek itu. Bek Napoli Kalidou Koulibaly sesungguhnya bisa menjadi alternatif untuk menggantikan Pique. 

Dengan poros anyar itu, Barca sepertinya tak membutuhkan Neymar. Namun bila berhasil memboyong pemain depan Paris Saint-Germain ini akan menjadi bonus bagi Barca. Apalagi rencana membawa kembali bintang Brasil ini hanya untuk memenuhi keinginan Messi. Bila Messi pergi dari Camp Nou, rencana merekrut Neymar pun tak akan pernah diwujudkan. 

Persoalannya, Barca masih kesulitan karena penawaran yang diajukan selalu ditolak Inter. Ini terkait dengan klausul rilis Martinez yang mencapai 111 juta euro. Klausul rilis pemain memang lebih tinggi dibandingkan harga dia di bursa transfer. 

 Baca juga: 

Transfer Martinez, Barca Beri Penawaran Terakhir

Inter Milan Bisa Tukar Martinez dengan Lionel Messi

Bahkan harga pemain yang memiliki caps 17 dan sudah mencetak 9 gol bagi La Albiceleste sesungguhnya berkisar pada angka 64 juta euro atau Rp 1,3 triliun. Tawaran yang disodorkan Barca memang di atas harga Martinez, namun masih di bawah klausul rilis dia. 

Sementara, Presiden Racing Club Adrian Ruben Fernandez berharap Martinez bisa bergabung dengan Barca. Menurut dia Martinez merupakan sosok ideal menggantikan Suarez. 

"Saya yakin semua akan berjalan lancar bila bergabung ke Barca dan bermain bersama Messi. Lautaro pengganti Luis Suarez yang ekselen," kata Fernandez. 

"D Barca dia akan makin berkembang menjadi pesepak bola terbaik dan pemain yang dewasa. Saya sudah katakan pada dia pergi dan bermainlah dengan pemain terbaik dunia. Pemain yang masih berusia 32 dan dia bisa bermain bersama selama 3 sampai 4 tahun lagi," ucap dia. 

Fernandez memprediksi Martinez dan Messi akan menjadi duet maut di Barca. Kolaborasi mereka sudah terjalin di timnas dan kian padu saat bermain bersama. Dan, Fernandez meyakini mereka menjadi duet sempurna di Argentina. []

Berita terkait
Perburuan Martinez, Barca Nafsu Besar Modal Cekak
Barcelona bernafsu ingin secepatnya menyelesaikan transfer striker Inter Milan Lautaro Martinez. Namun modal cekak sulitkan Barca rekrut Martinez.
Barca Ultimatum Inter, PSG Siap Rebut Martinez
Barcelona belum pasti merekrut striker Inter Milan Lautaro Martinez. Barca hanya bisa ultimatum dan kini Paris Saint-Germain ikut incar Martinez.
Kembali Tolak Kontrak Baru Inter, Martinez ke Barca
Striker Lautaro Martinez kembali menolak tawaran kontrak baru dari Inter Milan. Penolakan itu menjadi sinyal dia memilih ke Barcelona.
0
Lautaro Martinez dan Proyek 10 Tahun Barcelona
Barcelona ingin merekrut striker Inter Milan Lautaro Martinez karena tengah menyiapkan proyek 10 tahun. Martinez jadi andalan Barca di proyek itu.