UNTUK INDONESIA
Langkah Pemerintah Banda Aceh Bebaskan Asap Rokok
Provinsi Aceh berencana membuat kota bebas asap rokok. Bagaimana langkah-langkahnya yang harus dilakukan?
Kantor Balai Kota Banda Aceh. (Foto: Tagar/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan pihaknya bersama dinas terkait dalam waktu dekat akan membahas rencana kota tanpa polusi asap rokok (smoke free city). Kajian ini nantinya akan dikhususkan di sejumlah wilayah bebas asap dan iklan rokok (KTR). 

"Kami sepakat dengan ide menghapuskan iklan-iklan rokok di tempat umum, khususnya di dua belas area utama KTR, seperti yang termaktub di dalam Qanun. Namun, dalam pelaksanaan ini harus kita kaji dengan melibatkan berbagai unsur," kata Aminullah di Banda Aceh, Sabtu, 3 Agustus 2019. 

Kami memilih Kota Banda Aceh, karena sejak saya pertama tiba disini saya melihat tidak banyak baliho iklan rokok, dan kotanya pun bersih.

Sementara, Dr Tara dari The Union (lembaga Internasional bergiat di kesehatan masyarakat mengatakan jika Aceh ingin menjadikan kota bebas asap rokok, wilayah tersebut harus menjadi 'Pilot Project' terlebih dahulu. Itu disebabkan Aceh sudah memiliki fondasi yang kuat untuk mewujudkan rencana tersebut. 

Apalagi dengan adanya Qanun Nomor 5 Tahun 2016 dan Peraturan Wali Kota (Perwali) yang mengatur khusus tentang kawasan tidak boleh merokok di Aceh, yang nanti bisa menjadi pertimbangan mewujudkan wilayah itu menjadi kota bebas asap rokok.

"Kami memilih Kota Banda Aceh, karena sejak saya pertama tiba disini saya melihat tidak banyak baliho iklan rokok, dan kotanya pun bersih," ujar Dr Tara. 

Senada hal tersebut, Direktur Eksekutif The Aceh Institute, Fajran Zain menuturkan tawaran program dari The Union ini strategis bagi kemajuan Banda Aceh. Karena, mewujudkan kota bebas asap rokok sudah sesuai dengan visi Aceh Green, dan visi Kota Banda Aceh sebagai Kota Ramah Anak (child-friendly city).

Begitu juga dengan pandangan anggota Center for Tobacco Control Studies (CTCS) Farah Diba yang juga turut menyetujui program pemerintah Aceh itu. Namun, dia berharap seluruh masyarat Aceh juga tetap serius menangani isu rokok, guna meningkatkan status Kota Ramah Anak dari level Madya ke level selanjutnya.[]

Berita terkait
0
Jatim Siapkan Model Konversi Bahan Bakar Pabrik Tahu
Pemrintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan empat model konversi untuk bahan bakar pabrik tahu yang memakai sampah kertas bercampur plastik