Lahan di Dekat Permukiman Penduduk Lhokseumawe Terbakar

Sekitar satu hektare lahan gambut di dekat pemukiman penduduk warga Desa Padang Sakti, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Aceh, terbakar
Titik api di hutan ilalang terlihat dari permukiman warga Desa Padang Sakti, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Aceh, 29 Mei 2021, siang (Foto: Tagar/Dok Koramil 01/Mrs)

Lhokseumawe – Sekitar satu hektare lahan gambut di tepian (dekat) pemukiman penduduk warga Desa Padang Sakti, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Aceh, terbakar. Lahan kosong yang terbakar diketahui milik masyakarat warga Dusun Tgk Seumatang, Kota Lhokseumawe.

Danramil Muara Satu, Kapt Inf Purba, mengatakan lahan tersebut terbakar sejak siang, 29 Mei 2021, sekitar pukul 14.52 WIB selama tiga jam. Lokasi lahan terbakar berada satu kilometer dari perkampungan warga tepatnya di Desa Padang Sakti, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

Berawal ketika personel Babinsa Koramil 01/Mrs yang sedang piket menerima laporan dari warga bahwa di bukit di atas BTN Desa Padang Sakti terlihat ada asap tebal. Setelah menerima laporan itu personil Koramil 01/Mrs langsung ke lokasi untuk memastikan kejadian tersebut, dan ketika tiba di lokasi, benar ada lahan yang ditumbuhi ilalang tersebut terbakar.

hutan lhokseumawe2Mobil pemadam kebakaran Kota Lhokseumawe memadamkan api di hutan dekat Desa Padang Sakti, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Aceh, 29 Mei 2021, siang (Foto: Tagar/Dok Koramil 01/Mrs)

Kebakaran diperkirakan menghanguskan satu hamparan lahan kosong satu hektare, kawasan yang terbakar merupakan lahan kosong perbukitan ini milik seorang warga namun tidak dikelola sehingga ditumbuhi ilalang. “Lahan tidur semak belukar, namun apabila tidak cepat dipadamkan dikuatirkan merembet kepemukiman warga, indikasi dibakar oleh orang tidak bertanggung jawab,” kata Danramil.

Kapt Purba mengatakan pihaknya menerjunkan tim gabungan terdiri dari Babinsa TNI Koramil 01/Mrs, Polsek dan masyarakat, dibantu unit mobil pemadam kebakaran Pemerintah Kota Lhokseumawe. “Titik api berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.19 WIB,” kata Danramil (laung). []

Berita terkait
Kebakaran di Aceh Tenggara Hanguskan 12 Unit Rumah Warga
Sebanyak 12 unit rumah di Aceh Tenggara, Aceh, ludes dilahap sijago merah, TNI-Polri dan masyarakat padamkan api dengan alat seadanya
0
Mendagri Lantik Bupati dan Wakil Bupati Supiori, Serta Penjabat Bupati Boven Digoel
Mendagri melantik Yan Imbab & Nichodemus Ronsumbre sebagai Bupati dan Wakil Bupati Supiori juga Yimin Weya sebagai Penjabat Bupati Boven Digoel.