UNTUK INDONESIA
Lagu-lagu Sakhira Meramaikan Sepak Bola Piala Dunia
Sepak bola sudah populer di dunia apalagi jelang turnamen akbar Piala Dunia, ajang turnamen ini juga jadi ladang bagi musisi, seperti Shakira
Penyanyio asal Kolombia Shakira Isabel Mebarak Ripoll atau Shakira. (Foto Instagram/@shakira)

Oleh: Syaiful W. Harahap

Turnamen kelas dunia sepak bola yang dilangsungkan setiap empat tahun yaitu Piala Dunia FIFA selalu jadi magnet bagi ratusan juta penggemar sepak bula di seluruh penjuru dunia. Turnamen kian meriah karena ada lagu-lagu khas bertema sepak bola yang dirilis jelang pesta akbar Piala Dunia. Salah satu musisi pencipta lagu dan penyanyi adalah Shakira, penyanyi asal Kolombia yang sudah menciptakan tiga lagu bertema sepak bola untuk tiga Piala Dunia.

Shakira memulai debut dengan menciptakan lagu berjudul Hips Don't Lie (Bamboo) pada Piala Dunia 2006 yang berlangsung di Jerman. Remix Hips Don't Lie sebagai lagi tema Piala Dunia 2006 dipublikasikan pertama kali pada Oktober 2009. Sampai tanggal 13 November 2019 lagu ini sudah ditonton 708 juta kali di Youtube. Dalam dunia tarik suara Shakira dikenal dengan goyang pinggul dan suaranya yang khas.

Melihat keberhasilan lagu tema Piala Dunia 2006, Shakira, keturunan Lebanon yang lahir di Barranquilla, Kolombia, 2 Februari 1977, ini pun kembali dipercaya menyanyikan lagu tema untuk Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Ini untuk debut kedua Shakira. Lagu Waka-waka (This Time for Africa) jadi lagu tema kejuaran Piala Dunia 2010 di benua yang banyak menyumbangkan pemain untuk klub-klub elit Eropa.

Lirik lagu Waka-waka mudah dihafal. Video klipnya pun sangat atraktif dengan sajian tari perut khas Shakira, yang juga dikenal dermawan ini. Sejak diunggah di Youtube 4 Juni 2010 sampai 13 November 2019 video klip sudah ditonton 2.357.599.812 kali. Shakira adalah bahasa Arab yang artinya syukur.

Lagi-lagi Shakira, dengan kemampuan vokal rock and roll dan Latin menggubah dan menyanyikan lagu untuk Piala Dunia 2014 di Brasil. Shakira menggubah lagu La La La (Dare) untuk tema turnamen yang dilangsungkan di negara pemain sepak bola legendaris, Pele. Video klip dipublikasikan di Youtube 22 Mei 2014 sampai 13 November 2019 sudah 1.070.432.557 kali ditonton.

Lagu Shakira, yang mulai bernyanyi pada umur delapan tahun, itu bukan lagu resmi Piala Dunia 2014 Brasil karena lagu resmi dinyanyikan oleh Pitbull ft. Jennifer Lopez & Claudia Leitte - We Are One (Ole Ola). Lagu ini diunggah ke Youtube 16 Mei 2014 sampai 13 November 2019 ditonton 703.968.757 kali.

Kehadiran Shakira, yang dipengaruhi gaya Timur Tengah yang khas yaitu twist asli sendiri menari di atas perut, di Piala Dunia 2010 pulalah yang jadi ajang pertemuannya dengan Gerard Pique, pemain belakang Barcelona, waktu Piala Dunia 2010 juga jadi pemain inti Timas Spanyol yang berjuluk La Furia Roja (Murka Merah). Shakira bertemu pertama kali dengan Pique ketika pembuaan video klip Waka-waka. Ini pernyataan Shakira: "Saya telah menjadi fanatik pada sepak bola." Shakira berbahasa asli Spanyol tapi dia juga fasih berbahasa Inggris dan Portugis. Lagunya al. Hip's Dont Lie dan La Tortura.

Pada konser di Venezuela tanggal 18 November 2006 dihadiri oleh Presiden Hugo Chavez. Konser yang dilangsungkan di lapangan udara militer di Caracas merupakan ajang untuk mempromosikan albumnya yang berjudul Fijacion Oral Vol 1. Album ini terjual puluhan jutaan keping di seluruh dunia dan rekor penjulan nomor delapan lagu Latin di Amerika Serikat.

Shakira meraih dua penghargaan Grammy Awards, tujuh Latin Grammy Awards, dan dua belas Billboard Latin Music Awards. Dia juga dinominasikan untuk Golden Globe. Shakira mengatakan tidak mau memenjarakan diri dengan satu genre musik sehingga karyanya adalah perpaduan berbagai unsur. Ini tampak jelas dalam syair, nada dan gaya Shakira menyanyi.

Pasangan Pique dan Shakira yang bernama asli Shakira Isabel Mebarak Ripoll ini dikarunia dua anak yaitu Milan Pique Mebarak dan Sasha Pique Mebarak (dari berbagai sumber). []

Berita terkait
Guardiola Incar Juara Piala Dunia Ketiga di Inggris
Ketika Pep Guardiola melatih Barca juara Piala Dunia dimenangkan Spanyol, Jerman juara Piala Dunia ketia Pep latih Bayern, yang ketiga Inggris?
Ngemplang Pajak, Gerard Pique Didenda Miliaran
Bek Barcelona Gerard Pique didenda miliaran rupiah karena kasus penggelapan pajak.
Wajah Baru Skuad Timnas Spanyol Hadapi Piala Dunia
elatih baru Julen Lopetegui, yang mengambil alih tim setelah Piala Eropa 2016, melakukan perubahan pada beberapa sektor.
0
Siswa Aceh Singkil Ikut Ujian di Tengah Banjir
Banjir melanda kawasan Aceh Singkil sejak beberapa hari terakhir termasuk sekolah Madrasah Tsanawilayah Negeri (MTsN) Aceh Singkil, Aceh.