UNTUK INDONESIA
Kurt Cobain dan 16 Selebriti Dunia Korban Bullying
Berikut Tagar rangkumkan nama-nama selebriti dunia yang pernah menjadi korban bullying atau perundungan, termasuk nama penyanyi Kurt Cobain.
Kurt Cobain. (Foto: Fortune)

Jakarta - Masalah bully atau perudungan belakangan mencuat lantaran video viral aksi penganiayaan di sebuah sekolah di Purworejo, Jawa Tengah. Namun ternyata, aksi perundungan juga pernah dialami oleh beberapa pesohor mulai dari aktor, aktris hingga penyanyi kelas dunia.

Namun begitu, beberapa dari mereka menjadikan kekerasan yang pernah menimpa mereka tersebut sebagai pemicu atau semangat sehingga mereka menjadi jauh lebih baik, seperti saat ini.

Berikut Tagar rangkumkan nama-nama selebriti dunia yang pernah menjadi korban bullying atau perundungan.

Batman 7

Christian Bale dianggap aktor paling sukses memerankan Batman. (Foto: Warner Bros)

1. Christian Bale

Pemeran Batman paling sukses ini ternyata pernah mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan saat masih duduk di bangku sekolah. Bale yang memulai karier sebagai aktor cilik ini dianggap teman-temannya tidak pantas menjadi bintang film.

Selain mengalami bullying secara verbal, dia juga dilaporkan pernah mengalami kekerasan fisik berupa tendangan dan pukulan dari kawan-kawan sekolahnya.

2. Eminem

Eminem kecil harus mengikuti pola hidup orang tuanya yang berpindah-pindah. Di setiap tempat baru, dia selalu mengalami perudungan. Saat umur 9 tahun, hidungnya pernah patah dan mengalami gegar otak sehingga harus diopname.

Orangtuanya pernah mencoba menuntut secara hukum, tapi kalah. Eminem hanya bisa melampiaskan penderitaannya lewat lirik-lirik lagu yang ia ciptakan dan membawanya menuju ketenaran.

3. Christina Hendricks

Artis Christina Hendricks mengalami krisis saat remaja akibat kekerasan dari ibunya sendiri. Ia sering berganti model dan warna rambut untuk melampiaskan kekesalannya.

Namun, hal itu justru membuatnya menjadi objek bully oleh teman-temannya yang sering menyiksa dan meludahinya. Kemudian, Hendricks bergabung dengan organisasi anti-bully dan sinar terang kariernya berawal di sana.

4. Demi Lovato

Saat kanak-kanak, Demi sering dihina dan dibully karena bentuk tubuhnya. Hal itu mengakibatkan psikologinya terganggu hingga ia memiliki kelainan pola makan. Lantaran itu, Demi Lovato hengkang dari sekolah umum dan memilih homeschooling. Ia kini menjadi idola anti bully.

Kurt Cobain

Kurt Cobain. (Foto: Instagram @kurtcobain)

5. Kurt Cobain

Mendiang Cobain adalah korban dari keluarga broken home. Sejak umur 9 tahun, dia menjadi tertutup. Hanya seorang teman laki-laki gay yang mau jadi temannya dan hal itu membuatnya sering dibully oleh teman-teman yang lain.

6. Jennifer Lawrence

Artis pemenang Oscar di film Silver Linning Playbook (2012) tersebut mengaku mendapat siksaan dari teman-teman sejak masih SD sampai SMA. Namun, dia memilih tidak memperdulikannya.

7. Rihanna

Biduan kelahiran Barbados ini pernah dibully oleh teman-temannya karena memiliki tubuh yang kurus dan perbedaan ras di sekolahnya. Rihanna tumbuh tanpa percaya diri. Namun dia mengubah pengalaman pahit iti menjadi kekuatan bagi lagu-lagunya dan kini menjadi salah satu selebriti penentang rasisme.

Film Vanguard

Film Vanguard. (Foto: China Film (Shanghai) International Media Co)

8. Jackie Chan

Saat bocah, ayah Jackie Chan menyuruhnya belajar bela diri di sekolah. Namun, dia malah jadi korban bully karena dianggap menjadi yang terlemah. Akhirnya, suatu hari Jackie Chan membela seorang anak lain yang juga korban bully dan ia mampu mengalahkan pelaku bully tersebut.

9. Lady Gaga

Sedari kecil, Lady Gaga selalu memiliki ide antimainstream dan aneh. Hal itu membuatnya menjadi target bully di sekolah. Bahkan tiga orang teman prianya pernah melemparnya ke tempat sampah. Gaga kini mengorganisir Born This Way Foundation, sebuah wadah anti-bully yang ia bangun seiring ketenarannya.

10. Justin Timberlake

Penyanyi yang akrab dipanggil JT itu pernah dibully karena dia lebih suka menyanyi daripada kesukaan remaja pria lain, yaitu sepak bola. Bahkan, mereka menganggap penyanyi pop itu banci.

11. Pierce Brosnan

Pada umur 11 tahun tinggi aktor mantan pemeran James Bond tersebut sudah 183 CM. Hal itu membuatnya tampak aneh bagi teman-temannya dan membuatnya dibully.

12. Mel Gibson

Pada saat bocah, aktor pemenang Oscar lewat film Braveheart (1995) tersebut mengaku memiliki tubuh yang agak gemuk sehingga jadi bahan bully oleh temannya. Namun Gibson memilih melawan dan membungkam si biang bully.

13. Chris Rock

Di bangku sekolah, komedian ini mengaku pernah di-bully di sekolah karena menjadi satu dari sedikit anak-anak berkulit hitam pertama. Ia dihina, dikucilkan dan diludahi hampir setiap hari.

14. Sandra Bullock

Bintang yang namanya terangkat lewat film Speed (1994) itu mengaku permah jadi korban bully karena saat di sekolah dia suka bergaya alias fashionable. Lucunya, saat kini dia sudah tenar dan bertemu dengan teman-temannya yang dulu membully-nya, mereka justru tampil lebih bergaya darinya.

15. Fred Durst

Pentolan grup hip metal, Limp Bizkit itu mengaku sering dipukuli saat masih duduk di bangku SMA. Hal itu menginspirasinya dalam menciptakan lagu-lagunya.

Miley Cyrus
Miley Cyrus. (Foto: Istimewa)

16. Miley Cyrus

Mantan penyanyi anak itu mengaku menjadi korban bully oleh teman-temannya yang tubuhnya lebih besar dari dia. Miley bahkan mengaku pernah dikunci di kamar mandi. "(Saat itu) aku ketakutan dan menggedor-gedor pintu sampai tanganku sakit," kata dia dalam sebuah wawancara.

17. Victoria Beckham

Istri dan pendongkrak ketenaran pemain bola David Beckham itu pernah begitu trauma sebagai korban bully dan mengatakan kalau sekolah menengah adalah neraka. "Orang-orang mendorongku dan mengatakan akan memukuliku, mengejarku. Itu sangat mengerikan. Keseluruhan kehidupan sekolahku, mengerikan," kata dia salam sebuah wawancara. []

Berita terkait
Marak Bullying, KPAI Sebut Guru Sibuk Administrasi
KPAI menilai adanya kasus bullying di sekolah akibat tidak adanya kepekaan orang tua dan guru yang hanya sibuk administrasi.
Ganjar Pranowo Minta Sidang Pelaku Bullying Tertutup
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta proses peradilan terhadap ketiga pelajar pelaku perundungan (bullying) digelar tertutup.
Polisi Akan Periksa Disdik Kasus Bullying di Malang
Polresta Malang Kota telah memeriksa 17 orang saksi dan selanjutnya akan memanggil pihak Disdik Kota Malang terkait kasus Bullying di SMPN 16.
0
Pasien Suspek Corona asal Sibolga Meninggal di Medan
Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 asal Kota Sibolga meninggal dunia di Rumah Sakit Martha Friska Medan.