UNTUK INDONESIA
Kronologi Wander Luiz Persib Diserang Virus Corona
Wander Luiz pemain sepak bola yang merumput di klub Persib Bandung, dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau Covid-19, usai dari Bali.
Wander Luiz. (Foto : Instagram @wanderluiiz_)

Jakarta - Wander Luiz pemain sepak bola yang merumput di klub Persib Bandung, dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau Covid-19. Gambar teranyar, pencetak gol terbanyak sementara Shopee Liga 1 2020 itu terlihat tengah berada di dalam sebuah kamar apartemen, yang artinya dia sedang mengisolasi diri, tidak dirawat di rumah sakit.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang di Persib dan juga tim medis yang telah melaksanakan proses pemeriksaan dan dukungannya," ujar Luiz dalam unggahan video di akun Instagram @wanderluiiz_ seperti dikutip Tagar, pada Sabtu, 28 Maret 2020.

Baca juga: Kondisi Terkini Pemain Persib Positif Virus Corona

Berhati-hatilah dan tetap sehat. Saya harap semua akan baik-baik saja dan saya bisa bermain sepakbola kembali.

Pemain yang sempat berkarier di Liga Vietnam itu juga menyampaikan pesan kepada suporter Persib, Bobotoh, bahwa dirinya saat ini dalam kondisi baik-baik saja. 

"Halo Bobotoh, jadi saya mendapatkan hasil tes corona, saya kembali dan hasilnya positif. Tapi saya merasa baik-baik saja, tidak ada gejala," ucap dia.

Hal tersebut menjadikan Luiz sebagai pesebakbola pertama di Indonesia yang positif terjangkit virus corona. Pemain asal Brasil ini pun berucap terima kasih atas dukungan semua orang di Persib, termasuk tim medis yang telah melakukan tes Covid-19. 

"Berhati-hatilah dan tetap sehat. Saya harap semua akan baik-baik saja dan saya bisa bermain sepakbola kembali," ucap Luiz.

Meskipun belum terkonfirmasi dari mana Luiz terpapar Covid-19, namun berdasarkan beberapa unggahan di Instagramnya, Luiz terlihat berada di Bali beberapa waktu lalu. 

Berikut Tagar informasikan kronologi Wander Luiz sebelum dan sesudah dinyatakan terinfeksi virus corona:

1. Pada Minggu, 15 Maret 2020, Persib menjamu PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Kala itu Luiz turut menyumbangkan gol pada laga yang berkesudauan dengan skor 2-1 itu untuk kemenangan Persib. 

"Yeah! @wanderluiiz_ menyamai catatan selalu mencetak gol di tiga laga pembuka yang sebelumnya dipegang Matsunaga Shohei di ISL 2010/11. Keep itu up Wander!," tulis Persib di akun Instagram @persib_official.

2. Pada Senin, 16 Maret 2020, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi menunda sementara Liga 1 2020. "Setelah berkoordinasi dengan Menpora, LIB, dan Exco pada hari Sabtu lalu, kami putuskan bahwa kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 yang sudah terjadwal ditunda minimal dua pekan sembari menanti perkembangan terkini atas persebaran virus corona,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Baca juga: Siapa Wander Luiz, Pemain Bola Indonesia Pertama Positif Corona

3. Pada Selasa, 17 Maret 2020, Persib mengumumkan hasil tes corona pertama. "Tim Persib melakukan tes Covid-19 kemarin (16 Maret 2020) dan hasilnya, alhamdulillah negatif," tulis akun @persib_official.

4. Selasa, 17 dan Rabu, 18 Maret 2020, Luiz mengunggah foto-foto liburannya di Bali melalui akun Instagramnya di @wanderluiiz_.

5. Minggu, 22 Maret 2020, PSSI resmi menghentikan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 hingga waktu yang tidak ditentukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo terkait penyebaran virus corona di Indonesia. 

"Sepak bola ambil bagian. Kita semua satu tim untuk menghadapi ini semua. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya," kata PSSI lewat akun Instagramnya.

6. Selasa, 24 Maret 2020, dikutip dari situs Persib, para pemain diliburkan dan diperkenankan pulang kampung, termasuk pemain asing. 

"Dengan situasi saat ini, setelah berdiskusi dengan jajaran manajemen, tim ini harus diliburkan. Ini semua demi menjaga kami agar terhindar dari wabah yang sudah tidak bisa dianggap remeh lagi," ujar pelatih Persib Robert Rene Alberts seusai memimpin rapat tertutup terkait penyebaran Covid-19 di 1933 DapurKopi, Graha Persib Jalan Sulanja Kota Bandung.

7. Pada Kamis, 26 Maret 2020, pemain Persib melakukan tes corona kedua secara PCR di Graha Persib. Pemain-pemain yang menjalani tes tersebut adalah Omid Nazari, Geoffrey Castillion, Fabiano Beltrame, dan Wander Luiz. Selain pemain, pelatih Robert Alberts dan Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat, Zaenuri Hasyim turut menjalani tes.

8. Jumat, 27 Maret 2020, hasil tes kedua keluar. Dalam pengumuman tersebut, Wander Luiz dinyatakan positif corona, sedangkan peserta tes lainnya negatif. 

“Saat kami diberi tahu bahwa salah satu pemain kami didiagnosa Covid-19, kami langsung meminta pemain tersebut melakukan isolasi mandiri. Tidak hanya itu, kami juga telah menginformasikan hal ini kepada pihak yang berwenang supaya bisa menekan risiko penyebaran Covid-19 dengan cara membantu mereka melakukan penelusuran kontak (contact tracing),” kata Direktur Utama Persib Glenn Sugita dikutip dari laman resmi Persib yang pada awalnya enggan membeberkan identitas pemain. []

Berita terkait
Satu Pemain Persib Bandung Positif Virus Corona
Seorang pemain sepak bola yang merumput di klub Persib Bandung, dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19).
Usai Lawan PSS Sleman, Pemain Persib Tes COVID-19
Pemain Persib jalani proaktif tes COVID-19 di Graha Persib, Kota Bandung. Tes dilakukan sehari setelah Persib mengalahkan PSS Sleman 2-1 di liga.
Laga Persib Bandung vs PSS Sleman Tanpa Penonton
Gubernur Jabar, M Ridwan Kamil, sarankan laga Persib Bandung vs PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Kab Bandung, 15 Maret 2020, tanpa penonton
0
Empat Kemungkinan Penyebab Muntah saat Berpuasa
Sejumlah orang muntah saat menjalani puasa. Hal wajar karena tubuh tengah beradaptasi. Kenali sejumlah penyebab mual dan muntah kala puasa.