UNTUK INDONESIA
Siapa Wander Luiz, Pemain Bola Indonesia Pertama Positif Corona
Wander Luiz, striker Persib Bandung, pesepak bola Indonesia pertama positif terjangkit virus corona Covid-19. Ini profil lengkapnya.
Wander Luiz. (Foto: Instagram @wanderluiiz_)

Jakarta - Striker Persib Bandung Wander Luiz dinyatakan positif terjangkit virus corona Covid-19. Hal ini menjadikan Luiz sebagai pesepakbola pertama di Indonesia yang terjangkit virus tersebut.

Direktur Utama Persib Glenn Sugita mengatakan ada pemainnya yang dinyatakan postif Covid-19. Glen juga menyebut pemain tersebut telah menjalani isolasi mandiri dan dipantau langsung tim dokter Persib sesuai protokol yang ditetapkan pemerintah. "Saat kami diberi tahu ada salah satu pemain kami didiagnosa Covid-19, kami langsung meminta pemain tersebut melakukan isolasi mandiri," kata Glenn, dikutip Tagar dari laman resmi Persib Bandung, Jumat malam, 27 Maret 2020.

Hello Bobotoh. Jadi saya diperiksa corona kembali dan hasilnya positif, saya merasa baik-baik saja dan tak ada gejala.

Wander Luiz
Wander memaparkan ke publik soal dirinya positif corona Covid-19 melalui unggahan video di laman Instagram miliknya pada Jumat, 27 Maret 2020. (Foto: Instagram/@wanderluiiz_)

Belakangan, pemain Persib yang dimaksud tersebut ternyata adalah Wander Luiz. Pemain bola asal Brazil ini mengumumkan sendiri apa yang menimpanya dalam sebuah video di akun Instagram @wanderluiiz_.

Dalam unggahan video berdurasi 39 detik itu, Luiz menyapa penggemar Persib, Bobotoh. "Hello Bobotoh. Jadi saya diperiksa corona kembali dan hasilnya positif, saya merasa baik-baik saja dan tak ada gejala," ujar Wander Luiz di akun Instagramnya seperti dikutip Tagar pada Sabtu, 28 Maret 2020.

Dalam video tersebut, Luiz terlihat sedang berada di sebuah kamar apartemen. Tampaknya, pihak Persib tidak mengisolasinya di rumah sakit. "Saya juga mengikuti panduan, dan saya mengisolasi diri saya sendiri dan saya berharap semuanya akan baik-baik saja," ucap Luiz.

Persib melaksanakan tes corona tahap dua pada Kamis, 26 Maret 2020. Persoalan di mana Luiz terpapar, masih belum terkonfirmasi. Kendati begitu, Luiz tampak baru pelesiran ke Bali apabila dilihat dari jejak digitalnya. Namun, ketika Luiz melakukan pelesiran, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia atau PSSI saat itu sedang menunda Shopee Liga 1 selama dua pekan, menyusul status tanggap darurat nasional terhadap virus corona.

Profil Wander Luiz

Wander LuizDirinya juga meminta para penggemarnya untuk tetap menjaga kesehatan agar terhindar dari penyebaran virus corona Covid-19. (Foto: Instagram/@wanderluiiz_)

Lantas bagaimana perjalanan karier Topskorer sementara Shopee Liga 1 Indonesia tersebut? Berikut profil singkat Wander Luiz, sebagaimana dirangkum Tagar, Sabtu, 28 Maret 2020.

Wander Luiz atau bernama lengkap Wander Luiz Queiroz Dias, berusia 28 tahun, kelahiran Esprito Santo, Brasil, pada 17 Februari 1992 ini merupakan pemain klub Liga 1 Indonesia, Persib Bandung. Luiz adalah pemain sepak bola profesional asal Brasil yang bermain di posisi penyerang. Di Persib, dia mengenakan nomor punggung sembilan.

Wander Luiz seperti para pemain Brasil kebanyakan yang memulai perjalanan karier dari klub-klub amatir negara asalnya. Menurut situs Transfermarkt, Wander Luiz sempat memperkuat klub yang berlaga di kompetisi kasta keempat sepak bola Brasil, Serie D Brasileiro, yaitu Vitoria da Conquista sejak 2014.

Selanjutnya, dia bergabung ke Santa Rita, klub yang bahkan jauh lebih kecil dari Vitoria da Conquista pada tahun 2015. Luiz juga sempat kembali ke Vitoria da Conquista, namun dia hengkang ke Vietnam untuk mencoba peruntungan karier profesionalnya sebagai pesepak bola.

Wander LuizWander Luiz. (Foto : Instagram @wanderluiiz_)

Di Vietnam, Luiz dikontrak salah satu klub yang berlaga di kasta kedua Liga, Long An FC pada 2017. Nasib baik bagi Luiz, dalam kurun waktu setahun membela Long An FC, klub-klub Liga 1 Vietnam langsung kepincut untuk mendatangkannya.

Kemudian, Luiz melabuhkan pilihannya dengan menerima pinangan klub Liga 1 Vietnam (V-League), Quang Nam FC pada awal musim 2018. Namun, dia hanya membela Quang Nam di dua pertandingan dan langsung berlabuh ke XSKT Can Tho FC pada musim yang sama.

Dilansir dari situs Soccerway, selama membela Can Tho FC, Wander Luiz tampil apik dengan menorehkan 13 gol dan satu assist dari total 22 pertandingan. Selanjutnya, pada 2019 Luiz memperkuat Becamex Binh Duong, salah satu klub raksasa di Vietnam.

Meskipun kontribusinya bersama Binh Duong di liga domestik tak terlalu mentereng, Luiz justru tampil ganas di kompetisi level Asia, Piala AFC 2019. Dia sukses membukukan lima gol dari sembilan penampilan, termasuk saat menghadapi wakil Liga 1 Indonesia, PSM Makassar dan Persija Jakarta.

Hal itulah yang membuat Persib mendatangkannya untuk menambah kekuatan 'Maung Bandung' di musim 2020. Dia didatangkan bersama Joel Vinicius Silva dos Anjos yang juga digadang-gadang sebagai senjata baru Persib. Namun sayangnya, Shopee Liga 1 Indonesia terpaksa ditunda sebagaimana kompetisi-kompetisi besar sepak bola lainnya di dunia, menyusul pandemi virus corona yang belum usai. []

Baca juga:

Berita terkait
Kondisi Terkini Pemain Persib Positif Virus Corona
Tim dokter klub sepak bola Persib Bandung, Dr. M. Raffi Ghani, ungkap kondisi terakhir pemain yang diidentifikasi positif terinfeksi virus corona.
Kondisi Terkini Pemain Persib Positif Virus Corona
Tim dokter klub sepak bola Persib Bandung, Dr. M. Raffi Ghani, ungkap kondisi terakhir pemain yang diidentifikasi positif terinfeksi virus corona.
Nama 22 Pemain Sepak Bola Dunia Positif Covid-19
Covid-19 tidak hanya menyerang orang biasa, bahkan beberapa pemain sepak bola yang terkenal sangat menjaga pola hidup juga positif virus tersebut.
0
Sidang Pertama Gugatan MAKI ke Yasonna Usai Lebaran
Boyamin Saiman MAKI menuturkan gugatan pada Menkumham Yasonna Laoly ke Pengadilan Negeri Surakarta terkait napi asimilasi dimulai habis lebaran.