UNTUK INDONESIA
Kronologi Pemberhentian Audisi Bulu Tangkis PB Djarum
Meskipun audisi pencarian bakat PB Djarum tidak akan ada lagi pada 2020. Poppy Rosimin mengatakan PB Djarum akan tetap berjalan.
PB Djarum pamit. (Foto: Instagram/komunitaskretek)

Jakarta - Pemberhentian audisi Bulu Tangkis PB Djarum oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), hingga saat ini masih menjadi polemik.

KPAI menganggap, program Audisi Umum Beasiswa yang diselenggarakan Djarum Foundation melalui PB Djarum merupakan eksploitasi terselubung terhadap anak, karena pada jersey yang dikenakan menyematkan logo rokok tersebut.

Berawal pada Juli 2019, audisi pencarian bakat yang berlangsung di Bandung mendapat respon dari Yayasan Lentera Anak dan Smoke Free Bandung. Saat itu dikatakan kegiatan dilaksanakan untuk mempromosikan rokok milik Djarum.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin, pada konferensi pers di Hotel Aston Imperium, Purwokerto mengatakan di tahun 2020 pihaknya akan meniadakan audisi pencarian bibit-bibit pebulutangkis Indonesia.

"Tahun ini merupakan tahun perpisahan dari kami. Tahun depan event audisi ditiadakan," katanya Sabtu, 7 September 2019.

Meskipun sudah mengusulkan jalan tengah agar Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis tetap ada di tahun-tahun selanjutnya, tetapi niat baik itu ditolak mentah-mentah oleh KPAI.

"Saya sudah usulkan tidak memakai nama Djarum dan mereka (peserta audisi) dapat memakai kaos sendiri. Saya tidak bisa menghapus nama Djarum, karena embel-embel Djarum sudah berkurang," ujar Poppy.

Poppy lantas belum bisa memastikan pemberhentian audisi ini akan berlangsung berapa lama. Dia memilih pasrah kepada publik dan mempersilahkan jika ada pihak lain yang ingin menyelenggarakan program tersebut.

"Saya belum tahu berhentinya untuk sementara atau selamanya. Sekarang saya pasrahkan saja ke publik. Kalau ada pihak lain yang bisa ganti audisi itu, dari swasta atau dari mana, silahkan saja," katanya.

Ia mengatakan bahwa audisi Bulu Tangkis 2019 yang sempat berjalan akan dilaksanakan sampai babak final pada November mendatang di Kudus.

"PB Djarum akan datang ke turnamen daerah dan melihat pemain potensial. Kalau ada (pemain bagus), ya kami akan memberikan penawaran. PB Djarum tetap jalan terus. Yang hilang hanya audisinya saja," ujar dia. []

Berita terkait
Perokok Gak Perokok Kecam KPAI Soal PB Djarum
Keputusan PB Djarum yang menghentikan Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis pada 2020 menuai kritik dari warga net (netizen) di media sosial.
KPAI dan PP PBSI Tanggapi Pamitnya PB Djarum
KPAI tidak merasa salah, tidak bermaksud menghentikan pembibitan pebulu tangkis PB Djarum. PP PBSI mengkhawatirkan masa depan atlet bulu tangkis.
Liem Swie King dan Sederet Atlet Dunia Hasil PB Djarum
PB Djarum resmi menghentikan Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis tahun 2020. Dari sejarahnya, PB Djarum melahirkan sederet atlet kelas dunia.
0
Masuk Kabinet Jokowi, Nadiem Makarim Mundur dari Gojek
Nadiem Makarim dipastikan mundur dari PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) perusahaan yang didirikannya pada 12 Oktober 2010.