UNTUK INDONESIA
KPU Undur Debat Publik Cakada Bulukumba
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bulukumba menunda debat kandidat Pilkada. Ini alasannya.
Ilustrasi salah seorang warga saat mengikuti pemilihan umum. (Foto: Tagar/Istimewa)

Bulukumba - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba terpaksa mengundur jadwal perencanaan debat publik putaran pertama pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada serentak 2020. Padahal debat tersebut direncanakan pada tanggal 1 November 2020 mendatang.

"Perencanaan debat publik Pasangan Calon (Paslon) kepala daerah pada 1 November 2020 tidak jadi. Nanti pada 6 November 2020," ucap Komisioner Komisi Pemilihan Umum Bulukumba, Awaluddin saat dikonfirmasi Tagar, Jumat 30 Oktober 2020.

Awaluddin menjelaskan, pihaknya masih menunggu proses dari staf sekretaris Komisi Pemilihan Umum Bulukumba terkait pengadaan jasa stasiun televisi yang akan melakukan siaran langsung pada debat publik nantinya.

Perencanaan debat publik Pasangan Calon (Paslon) kepala daerah pada 1 November 2020 tidak jadi. Nanti pada 6 November 2020.

"Kemarin itu baru rencana debatnya, staf sekretariat KPU Bulukumba masih melakukan komunikasi dengan pihak televisi, minggu pertama staf sampaikan pihak televisi akan ada waktu pada 6 November 2020," sebutnya.

Baca juga:

Meski begitu, Awal mengaku proses penentuan jasa televisi yang akan digunakan merupakan kewenangan pejabat staf sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba. Lantaran debat publik putaran pertama, KPU Bulukumba bakal menggunakan tiga stasiun televisi.

"Setiap debat publik nantinya rencana tiga kali, maka tiga stasiun televisi yang digunakan. Kemungkinan juga segi pagunya yang masih dalam komunikasi," bebernya.

Olehnya itu, KPU Bulukumba berharap agar staf pejabat sekretariat KPU segera mungkin menentukan jasa stasiun televisi yang akan digunakan, dengan kualitas yang terbaik.

"Karena ini debat publik harus tersalurkan ke masyarakat yang akan menyaksikan jalannya debat visi misi empat pasangan calon bupati dan wakil bupati," bebernya.

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba, Sulawesi Selatan, rencananya menjadwalkan debat kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, Rabu 21 Oktober 2020.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba, Awaluddin, mengatakan pihaknya telah melangsungkan rapat koordinasi dalam rangka persiapan debat publik untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati Bulukumba.

"Kami menyampaikan tema-tema yang dijadikan sebagai materi dalam rangka kegiatan debat. Penting bagi pasangan calon atau tim kampanye Paslon untuk mengetahui sehingga memiliki pemahaman awal terkait pelaksanaan debat nantinya," kata Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM ini.

Debat kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, kata Awaluddin rencana tiga tahap. Debatnya nanti akan diselenggarakan secara protokol kesehatan Covid-19.

"Debat kandidat dilaksanakan 1 November 2020, kemudian debat kedua pertengahan November, lalu debat kandidat ketiga dilaksanakan di akhir November 2020 mendatang," jelas Awal.

Kendati demikian. Pada debat kandidat nantinya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba telah menyiapkan tema debat kandidat, untuk tahap pertama Peningkatan kesejahtraan masyarakat dalam memajukan daerah.

Kemudian debat kedua, dengan tema tentang menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah, kabupaten, provinsi hingga nasional kaitannya dalam memperkokoh NKRI.

Lalu debat ketiga, dengan tema menyelesaikan persoalan daerah tentang kebijakan dan strategi pencegahan covid-19 serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Awal, pelaksanaan debat nantinya akan dibatasi peserta undangan yang hadir. Diantaranya empat pasangan calon, empat orang masing-masing tim pasangan calon, Bawaslu Bulukumba, moderator.

"Kami juga menyiapkan fasilitas lain seperti live streaming di sosial media, atau zoom meeting agar masyarakat mampu melihat proses debat kandidat," ungkapnya. []

Berita terkait
Panorama Pasir Putih Panrang Luhu Bulukumba
Kabupaten Bulukumba memiliki sejumlah wisata pantai yang indah. Panrang Luhu salah satunya.
Bawaslu Bulukumba Dalami Dugaan Pelanggaran Paslon ASIK
Bawaslu Bulukumba mendalami dugaan pelanggaran paslon ASIK karena membagikan sandal wudu di musala.
Target Polres Bulukumba Operasi Zebra Hari Ketiga
Polres Bulukumba menggelar operasi zebra mencari pelanggar lalu lintas di hari ketiga.
0
Kementerian PUPR Siapkan Sistem Irigasi Perpipaan
Kementerian PUPR menyiapkan sistem irigasi dan jalan akses untuk mendukung program pengembangan food estate sebagai lumbung pangan baru di Kalteng.