Bawaslu Bulukumba Dalami Dugaan Pelanggaran Paslon ASIK

Bawaslu Bulukumba mendalami dugaan pelanggaran paslon ASIK karena membagikan sandal wudu di musala.
Bawaslu Bulukumba mendalami dugaan pelanggaran Pilkada dilakukan ASIK saat membagikan sandal wudu ke musala. (Foto: Tagar/Istimewa)

Bulukumba - Milenial Asik atau Milea 2020 telah melakukan aksi sosial dengan menyalurkan bantuan berupa sandal wudu untuk masjid dan musala di 10 Kecamatan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, pada Jumat, 23 Oktober 2020.

Bahkan gerakan itu diberi nama Asik Masjid merupakan rangkaian berbagi kegiatan sosial, seperti bersih-bersih masjid, yang dilakukan barisan Milenial pendukung pasangan calon (Paslon) nomor urut 2 Askar HL - Arum Spink pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bulukumba.

Kami sudah melakukan penelusuran bahkan teman-teman Panwascam di 10 kecamatan sudah kita berikan surat tugas terkait itu.

Menyikapi hal itu, pihak Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bulukumba sudah melakukan penelusuran serta pendalaman. Terkait dugaan pelanggaran dilakukan paslon nomor urut 2 tersebut.

"Kami sudah melakukan penelusuran bahkan teman-teman Panwascam di 10 kecamatan sudah kita berikan surat tugas terkait itu," kata Ketua Bawaslu Bulukumba, Ambo Radde, Rabu, 28 Oktober 2020.

Baca juga:

Ambo Radde menjelaskan fasilitas pendidikan, masjid maupun pemerintahan tidak dapat dijadikan sarana kampanye maupun sosialisasi bagi seluruh pasangan calon di Bulukumba. Seperti pemasangan stiker, spanduk maupun baliho.

"Proses di Bawaslu ada aspek kehati-hatian, harus penuh fakta, ada kepastian hukum yang wajib kami pastikan. Yang jelas di masjid itu dilarang," kata dia.

Terkait pembagian sandal wudu yang dilakukan tim Milenial Asik 2020 dari paslon Askar - Arum Spink, Bawaslu Bulukumba, kata Ambo Radde pihaknya tak ingin terburu-buru menentukan dugaan pelanggaran yang dilakukan.

"Yang jelas kita pastikan terlebih dahulu, apakah itu memenuhi unsur pelanggaran atau tidak. Harus ada kajian, sampai saat ini kami belum bisa memastikan itu. Kita faktakan dulu bukti tersebut karena masih berbentuk foto," tutur dia.

Diketahui, dalam sandal wudu yang dibagikan oleh tim Milenial Asik 2020 dari pasangan Askar -Arum Spink tertulis sebuah tagline Bulukumba Asik. Di mana, kata Asik merupakan singkatan dari Askar - Arum Spink.

Pasangan nomor urut 2 ini diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai NasDem dan Partai Gelora. []

Berita terkait
Target Polres Bulukumba Operasi Zebra Hari Ketiga
Polres Bulukumba menggelar operasi zebra mencari pelanggar lalu lintas di hari ketiga.
Pengendara Motor Tewas Ditabrak Mobil di Bulukumba
Pengendara motor di Kabupaten Bulukumba meninggal dunia usai ditabrak mobil. Begini kronologinya.
Takut Terjaring Razia, Pengendara Motor di Bulukumba Kabur
Karena takut terjaring razia polisi, sejumlah pengendara kabur meninggalkan motornya di Bulukumba Sulsel.
0
MAKI Daftarkan Uji Materi soal TWK Pegawai KPK ke MK
Masyarakat Anti Korupsi Indonesia mengajukan uji materi soal tes wawasan kebangsaan pegawai KPK ke Mahkamah Agung yang saat ini menjadi polemik.