UNTUK INDONESIA
KPU Sleman Ajukan Anggaran Pilkada Jadi RP 33 Miliar
KPU Sleman ajukan anggaran Rp 33 Miliar untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Sleman tahun 2020
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Trapsi Haryadi. (Foto: Tagar/Kurniawan Eka Mulyana)

Sleman - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman mengajukan anggaran sebesar Rp 33 miliar untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sleman 2020

Ketua KPU Sleman, Trapsi Haryadi, yang ditemui di @K Hotel, Kaliurang, Sleman, Senin, 19 Agustus 2019, mengatakan, terkait Pilkada Sleman 2020, pihaknya telah melakukan beberapa langkah, termasuk penyusunan program dan  kegiatan serta penyusunan anggaran.

Untuk itu pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sleman,  terutama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), seperti Bappeda dan Badan Pengelola Keuangan dan Anggaran Daerah (BPKAD).

"Itu kordinasi sudah berjalan. KPU juga sudah melakukan audiensi dengan Pak Bupati dan pimpinan dewan, ini sudah kita lakukan. Hari ini kita menyampaikan ke Pemerintah Kabupaten Sleman untuk kegiatan penyusunan program dan anggaran. Anggaran itu kita mengajukan Rp 33 miliar" paparnya.

Pengusulan anggaran tersebut kata dia sudah diajukan sejak Maret lalu. Pihaknya sudah beberapa kali berkoordinasi dengan pemkab, dan sudah beberapa kali dilakukan review atau tinjauan ulang oleh pemkab. "Setelah beberapa kali direview oleh TAPD, terakhir kita ajukan Rp 33 miliar," tegasnya.

Saat ini pihaknya masih kembali menunggu review dari TAPD atas usulan terakhir tersebut.

Trapsi mengakui, anggaran sebesar Rp 33 miliar tersebut meningkat, jika dibandingkan dengan anggaran yang disetujui oleh Pemkab Sleman untuk pelaksanaan Pilkada Sleman 2015, yakni Rp 22 miliar.

"Pilkada kemarin disetujui Rp 22 miliar, ini kan sudah 5 tahun berjalan, mestinya sudah ada yang berbeda harga. Ini jika perlu kita berkoordinasi lagi agar angkanya bisa disesuaikan," terangnya.

Trapsi juga menjelaskan, saat ini sudah terbangun pemahaman bersama antara pihaknya dengan pemerintah kabupaten, yakni semangat yang sama, untuk tidak membicarakan angka semata, tetapi bagaimana agar kebutuhan untuk pilkada tercukupi.

Diketahui, beberapa waktu sebelumnya KPU Sleman mengajukan rencana anggaran dan biaya (RAB) untuk pelaksanaan Pilkada Sleman 2020 sebesar Rp 42 miliar. []

Baca juga:

Berita terkait
Jumlah TPS Pilkada Sleman 2020 Diprediksi Berkurang
KPU Sleman prediksi, jumlah TPS saat pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 berkurang.
Ombudsman Minta Disdik Sleman Perbaiki Sistem PPDB
Ombudsman merekomendasikan pada Dinas Pendidikan Sleman, untuk memastikan peserta didik baru mendapatkan hak sama.
Mobil Bule Jatuh ke Galian Proyek Underpass Sleman
Peristiwa nahas menimpa rombongan WNA yang sedang melintas di jalur ring road utara, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.
0
Pelajar di Padang Tersangka Usai Tabrak Mahasiswa
Seorang pelajar SMP di Kota Padang, Sumatera Barat menjadi tersangka usai menabrak pejalan kaki dan belasan sepeda motor.