UNTUK INDONESIA
Konflik Papua Karena Komunikasi Tidak Jalan
Mantan Wali kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin mengatakan, konflik Papua karena komunikasi tidak tersampaikan dengan baik.
Mantan Wali Kota Makassar dua periode, Ilham Arief Sirajuddin. (Foto: Dok IAS)

Wajo – Mantan Wali Kota Makassar dua periode Ilham Arif Sirajuddin memberikan pandangan terhadap kondisi Papua kekinian. Menurutnya, konflik yang terjadi di Papua adalah karena komunikasi tidak tersampaikan dengan baik.

"Kunci dari menjaga NKRI yakni menjaga komunikasi, karena jika ruang komunikasi tersumbat akan mengakibatkan gejolak," kata Ilham dalam kegiatan Dialog Kebangsaan yang digelar oleh Aliansi Mahasiswa Indonesia Wajo Bersatu (AMIWB), Rabu 4 September 2019.

Ia menyebut, kerjadinya gejolak Papua Merdeka, dengan berkibarnya bendera bintang kejora di istana negara menandakan masih kurangnya ruang komunikasi yang terjalin.

Papua merupakan emas bagi Indonesia, namun kita tidak mampu menjaga kehidupan saudara kita disana, dan ini telah berjalan sekian lama.

Ilham menambahkan bahwa selama menjabat, hampir setiap saat menerima aksi-aksi dari mahasiswa, namun karena ruang komunikasi dibuka bagi mereka, dengan mendengarkan aspirasi, gejolak dapat diredam.

Dialog kebangsaan yang dibarengi dengan deklarasi pemuda Wajo, menurut IAS hal yang patut diapresiasi, dikarenakan kesadaran pemuda Wajo untuk peduli pada keutuhan NKRI.

Kegiatan ini pun dihadiri oleh perwakilan pemerintah Wajo yakni Kesbangpol, Anggota DPRD Kab Wajo, Perwakilan TNI dan Polri, OKP, KNPI, serta dari Karang Taruna. []

Baca juga:

Berita terkait
Caleg Narkoba Makassar Bebas Bui, Bakal Direhabilitasi
Politikus muda PPP sekaligus calon Legislatif (Caleg) DPRD terpilih Makassar, Rahmat Taqwa Quraisy diduga bebas bui dengan menjalani rehabilitasi.
Pencuri di Makassar Sumbangkan Hasil Curian ke Masjid
Polsek Tamalate Makassar menangkap pelaku pencurian yang hasil kejahatannya sebagian disumbangkan ke masjid.
Barobbo, Kuliner Primadona dari Makassar
Salah satu yang makanan yang wajib dicoba adalah Barobbo, satu jenis penganan tradisional berbahan dasar jagung khas kota Makassar.
0
Pengayuh Becak di Bantaeng Sukses Sarjanakan Anak
Kisah Bakri seorang pengayuh becak di Bantaeng, Sulawesi Selatan, berhasil menguliahkan anaknya hingga lulus. Ini cerita perjuangannya.