UNTUK INDONESIA
Komposer Film Ennio Morricone Meninggal Dunia
Komposer legendaris asal Italia Ennio Morricone dikabarkan meninggal dunia dalam usia 91 tahun.
Komposer legendaris asal Italia Ennio Morricone tutup usia pada 91 tahun. (Foto: Instagram/ennio_morricone_fanpage)

Jakarta - Kabar duka meliputi industri perfilman dunia, setelah komposer legendaris asal Italia Ennio Morricone dikabarkan meninggal dunia dalam usia 91 tahun. Ia mengembuskan napas terakhir di salah satu klinik di Roma, karena komplikasi patah tulang.

Nama sang komposer tentunya sudah tak asing di tengah seni musik perfilman dunia. Pasalnya, selama hidupnya Ennio Morricone telah menelurkan karya-karya lewat mengisi suara dan musik dalam berbagai film dan acara TV.

Beberapa di antaranya, ia pernah mengisi scoring untuk film klasik spaghetti westerns seperti, The Good, the Bad and The Ugly, Once Upon a Time in the West, The Mission, dan Cinema Paradiso.

Kemampuan mengompose musik Ennio sebagai maestro memang tidak main-main. Berkat bakat yang didalaminya, namanya pun sukses menembus nominasi Oscar sebanyak enam kali lewat film Days of Heaven, The Mission, The Untouchables, Bugsy, Malena, dan The Hateful Eight.

Setelah namanya kerap mengisi daftar nominasi, pada 2006 silam Ennio berhasil menang lewat film The Hateful Eight, dalam penghargaan Oscar khusus atas kontribusinya dalam musik industri perfilman.

Ennio Morricone sendiri memilih bekerja dari Roma. Meski begitu ia tetap sering bekerjasama dengan beberapa sineas terkenal seperti, Sergio Leone, Gillo Pontecorvo, Bernardo Bertolucci, Terence Malick, William Friedkin, Roman Polanski, Brian De Palma, Barry Levinson, Mike Nichols, dan Giuseppe Tornatore.

Dari sekian film yang dikerjakan, kebanyakan orang mengenalnya lewat film A Fistful of Dollars. Bahkan ia sempat mengeluh kenapa orang-orang hanya mengingat film tersebut.

Pencapaian kejayaan tersebut tak lepas dari peran sang ayah yang merupakan seorang peniup trompet yang mengajari pria kelahiran 1928 itu bermain musik. Kemudian untuk menambah ilmunya, Ennio bersekolah di Santa Cecilia Conservatory. Di sana ia diajari seorang komposer terkenal bernama Groffredo Petrassi.

Setelah lulus, ia mencoba menulis musik pertamanya untuk teater dan program radio dan kemudian menjadi seorang arranger studio untuk label rekaman.

Karyanya itu kemudian diakui di dunia permusikan, dan ia pun diterima bekerja pada tahun 1950-1960-an untuk beberapa bintang pop terkenal di Negeri Romantis tersebut.

Sejak saat itu, ia mulai menyadari industri musik akan berkembang pesat setelah era perang usai. Ia pun memutuskan membuat scoring untuk film-film yang saat itu ada.

Kontribusi Ennio di dunia seni musik perfilman mendapat acungan jempol dari beberapa filmmaker hingga komposer terkenal lainnya. Sehingga saat dirinya dikabarkan tutup usia, banyak dari mereka yang merasa kehilangan.

Sebut saja sutradara Edgar Wright menuliskan pesan mendalam tentang kepergian Morricone.

"Di mana harus memulai dengan komponis ikonik Ennio Morricone? Dia bisa membuat film biasa menjadi film yang wajib dilihat, film yang bagus menjadi seni, dan film yang hebat menjadi legenda. Dia belum mematikan stereo saya seumur hidup. Apa warisan yang ditinggalkannya. Beristirahat dalam Damai," kata Edgar.

Ada juga Bernard Sumner dari New Order juga memberikan penghormatan kepada Morricone dengan memanggilnya dengan sebutan "salah satu pahlawan musik saya".

"Musiknya memperkenalkan saya pada album dan album pertama yang saya beli adalah salah satu miliknya. Dia membuat musik emosional yang indah dan adalah master melodi," ujar dia.

Sementara itu, Geoff Barrow dari Portishead, menyebutnya sebagai "komposer film terbaik yang pernah ada". Dia juga dipuji sebagai Ikon oleh sesama komposer Hans Zimmer yang terkenal lewat film Batman The Dark Knights.

Selamat jalan Ennio Morricone.

Berita terkait
Elton John Mengaku Bertemu Tuhan Saat Isap Ganja
Elton John menceritakan pengalamannya menggunakan narkotika. Ia pernah merasa berada di "tempat tertinggi" dan bertemu Tuhan saat menghisap ganja.
Beyonce Dituding Jadi Penyembah Setan
Penyanyi Beyonce diserang isu yang menyebutnya telah memalsukan identitas asli dan dituding sebagai salah satu anggota penyembah setan.
Kanye West Umumkan Maju Jadi Capres Amerika Serikat
Kanye West resmi mengumumkan keinginannya untuk memajukan diri sebagai calon presiden Amerika Serikat pada Pemilihan Umum 2020.
0
Komposer Film Ennio Morricone Meninggal Dunia
Komposer legendaris asal Italia Ennio Morricone dikabarkan meninggal dunia dalam usia 91 tahun.