Kolang Kaling, Primadona di Bulan Ramadan

Kolang kaling primadona buka puasa pada bulan Ramadan, membawa berkah bagi petani dan pengrajin kolang kaling di berbagai daerah di Indonesia.
Kolang kaling diolah dalam beragam sajian di antaranya kolak, manisan, es, hidangan buka puasa difavoritkan banyak orang. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Kolang kaling primadona pada bulan Ramadan. Banyak orang mengolahnya menjadi beragam sajian lezat untuk berbuka puasa. Banyak yang mencarinya, karena itulah kolang kaling terutama pada bulan Ramadan melimpah di pasar-pasar, menjadi berkah bagi petani dan pengrajin kolang kaling di berbagai daerah.

Termasuk bagi sebagian besar warga di Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat. Mereka menjadi pengrajin kolang kaling selama bulan puasa untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal dan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Hal ini sudah berlangsung lama hingga desa ini dijuluki Kampung Curuluk atau kolang kaling.

Mungkin sudah menjadi tradisi tahunan setiap masuk bulan puasa, hampir semua penduduk menjadi pengrajin kolang kaling.


Kolang kaling 1Pedagang buah kolang kaling menjajakan dagangannya di pasar tradisional Beringharjo, Yogyakarta. Pedagang mengaku saat bulan Ramadan, permintaan buah kolang kaling yang biasa digunakan untuk berbuka puasa ini mengalami peningktan permintaan sekitar 60 persen dibanding hari biasa, dari rata-rata 3 kuintal per hari menjadi 5 kuintal per hari. (Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko)


Setiap bulan puasa pesanan curuluk atau kolang kaling dari wilayah ini meningkat tajam. Satu orang pengusaha dapat memenuhi pesanan hingga 1 ton setiap pekan, untuk pasar lokal dan luar Cianjur.

"Mungkin sudah menjadi tradisi tahunan setiap masuk bulan puasa, hampir semua penduduk menjadi pengrajin kolang kaling musiman, untuk memenuhi pesanan dari berbagai pasar di Cianjur dan Jabodetabek," kata Asep Jaenudi, Minggu, 20 Mei 2018.

Untuk memenuhi pesanan tersebut, biasanya para pengrajin melibatkan anggota keluarganya atau warga lainnya dalam memproduksi bahan makanan yang terbuat dari buah aren tersebut.

"Bahkan tidak hanya orang tua, anak usia sekolah pun di kampung ini, setiap harinya turut membantu orang tuanya dalam pengolahan sampai pengemasan agar mendapat tambahan uang jajan," katanya.


Kolang kaling 2Pedagang buah kolang kaling menjajakan dagangannya di pasar tradisional Beringharjo, Yogyakarta. Pedagang mengaku saat bulan Ramadan, permintaan buah kolang kaling yang biasa digunakan untuk berbuka puasa ini mengalami peningktan permintaan sekitar 60 persen dibanding hari biasa, dari rata-rata 3 kuintal per hari menjadi 5 kuintal per hari. (Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko)


Proses pembuatan pengrajin masih menggunakan alat sederhana, buah aren yang sudah dipetik dari pohon selanjutnya direbus hingga matang, setelah matang dikupas dan ditumbuk terlebih dahulu agar terlihat pipih dan teksturnya kenyal.

"Paling sedikit dalam seminggu kami bisa memproduksi dua hingga tiga kuintal kolang kaling. Kalau lagi ramai bisa mencapai 1 ton, harga kolang kaling saat ini Rp10.000 per kilogram," katanya.

Hal senada terucap dari Lilis (35) pengrajin lainnya mengatakan, masuknya bulan puasa mendatangkan rejeki untuk warga kampung yang mendapat tambahan pencarian dari menjual kolang kaling.

"Semuanya bekerja mengolah kolang kaling, mulai dari mencari bahan, menumbuk sampai proses penjualan. Bulan puasa menjadi berkah tersendiri bagi warga, ketika warga lain sibuk bekerja keluar kota, warga kami sebaliknya," kata Lilis.


Kolang kaling 3Pengrajin kolang kaling di Jatirejo, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, mengupas buah aren untuk diolah menjadi kolang kaling. (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)


Berkah kolang kaling juga dialami warga Jatirejo, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah. Menurut kalangan produsen setempat, harga kolang-kaling naik dari Rp 200.000 menjadi Rp 250.000 per keranjang besar karena permintaan pasar terhadap komoditas yang menjadi bahan makanan favorit untuk berbuka puasa ini naik hingga sekitar 100 persen dalam waktu kurang dari sepekan. []





Berita terkait
Niat Mandi Puasa Ramadan bagi Pria dan Wanita
Perlengkapan salat yang bersih, kesehatan, dan kebersihan diri dari segala hadas bagian dari persiapan menjalani ibadah puasa Ramadan.
Panduan Buka Puasa Tarawih Zakat Salat Id Masa Pandemi 2021
Panduan lengkap protokol kesehatan dalam pelaksanaan buka puasa, salat tarawih, zakat, dan salat id, teknisnya bagaimana, semua ada di sini.
Kenapa Muslim Wajib Puasa Ramadan, Ini Sejarahnya
Puasa adalah ibadah kepada Allah dengan menahan lapar dan haus serta semua yang membatalkan puasa dimulai dari fajar hingga matahari terbenam.
0
PLN Dukung Kegiatan Sentra Vaksinasi Bersama di Medan
PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara Pandapotan Manurung juga mengikutsertakan 3.274 orang pegawai dan tenaga alihdaya untuk kegiatan ini.