UNTUK INDONESIA
Klasemen Liga 1, Kejutan dari Persik dan Persita
Laga perdana Shopee Liga 1 2020 diwarnai kejutan dari tim-tim promosi.Meski gagal menang, Persita Tangerang, Persik Kediri dan Persiraja raih poin.
Bali United ditahan tim promosi Persita Tangerang 0-0 di laga pertama Shopee Liga 1 2020 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu, 1 Maret 2020. Tampak striker Bali United Lerby Eliandry (kiri) berebut bola dengan bek Persita Hamka Hamzah (kanan) di laga itu. (Foto: Antara/Fikri Yusuf)

Jakarta - Laga perdana Shopee Liga 1 2020 diwarnai kejutan dari tim-tim promosi. Meski gagal menang, namun mereka mampu meraih poin saat menghadapi tim-tim papan atas. Termasuk Persita Tangerang yang bermain imbang 0-0 melawan juara bertahan Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu, 1 Maret 2020 malam WIB. 

Bali United mengulangi kegagalan Persija Jakarta di musim lalu. Saat itu, Persija yang berstatus juara bertahan hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Barito Putera. 

Nasib sama dialami Bali United yang sesungguhnya lebih diunggulkan di laga pertama mereka. Selain bermaterikan pemain berkualitas, Bali United sesungguhnya mendapat keuntungan psikologis karena tampil di kandang sendiri. 

Kami masih dalam proses pembentukan. Namun apa yang ditampilkan tim sudah bagus mengingat kami menghadapi Bhayangkara FC

Tim berjuluk Serdadu Tridatu pun sudah 'panas' karena mengawali kompetisi domestik di kualifikasi Liga Champions Asia dan Piala AFC. Hanya, pengalaman dan materi pemain yang lebih baik tidak berbanding lurus di penampilan tim di laga perdana. 

Namun mereka gagal menunjukkan tak mampu menembus pertahanan Persita yang digalang bek veteran Hamka Hamzah. Persita yang ditangani eks pelatih Bali United, Widodo Cahyono Putro, mampu meredam permainan ofensif tuan rumah. Sampai akhir laga, Bali United tak mampu mencetak gol sehingga laga berakhir tanpa gol. 

Persita pun menjadi yang terakhir dari 3 tim promosi yang sukses meraih poin. Sebelumnya, Persiraja Banda Aceh juga menahan Bhayangkara FC tanpa gol di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Kota Banda Aceh, Aceh, Sabtu, 29 Februari 2020 malam WIB. 

Hasil tersebut juga menjadi kejutan mengingat Persiraja masih mencari starting eleven. Pelatih Hendri Susilo mengakui bila dirinya baru bisa mendapatkan tim inti dari 5 sampai 6 pertandingan pertama. 

"Kami masih dalam proses pembentukan. Namun apa yang ditampilkan tim sudah bagus mengingat kami menghadapi Bhayangkara FC," ujar Hendri. 

Persik Tahan Persebaya

Keberhasilan Persik Kediri bermain imbang 1-1 melawan Persebaya Surabaya menjadi kejutan pertama di Liga 1. Persik yang dihajar Persebaya 3-1 di laga pembuka Piala Gubernur Jatim 2020 justru tampil beda di kompetisi. 

Di laga pembuka kompetisi yang digelar di kandang Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Persik nyaris memenangkan laga. Mereka unggul lebih dulu lewat gol Gaspar Vega dari titik penalti menyusul handball Hansamu Yama. 

Namun keunggulan juara Liga 2 ini tak bertahan lama. Bek Hansamu membayar kesalahannya saat sundulan dia membobol gawang Persik. Laga pun berakhir imbang. 

Menariknya, pelatih Persik Joko Susilo menyebut tim belum dalam kondisi 100 persen. Menurut dia 3 pemain asing masih melakukan penyesuaian dengan tim. Mereka juga baru mencari pemain asing terakhir setelah dicoretnya striker Patrik Bordon. 

Sementara, Madura United menduduki puncak klasemen setelah menghajar Barito Putera 4-0. Madura United mencetak gol paling banyak dibandingkan tim-tim lain yang meraih kemenangan seperti Persipura Jayapura yang menaklukkan PSIS Semarang

Sedangkan Persija Jakarta mengatasi perlawanan Borneo FC 3-2 dan Persib Bandung menang 3-0 atas tamunya Persela Lamongan. Di Makassar, PSM mengungguli PSS Sleman 2-0. 

Laga terakhir pekan pertama mempertemukan PS Tira Persikabo melawan Arema FC. Laga digelar di Stadion Pakansari Bogor, Senin 2 Maret 2020 sore. []

Berita terkait
10 Besar Liga 1, Target Realistis Persita Tangerang
Persita Tangerang memasang target papan tengah atau masuk 10 Besar di Liga 1 2020. Ini merupakan target realistis dari tim promosi.
Laga Pembuka Liga 1, Persebaya Ditahan Persik
Persebaya Surabaya gagal menang di laga pembuka Shopee Liga 1 2020 setelah ditahan Persik Kediri 1-1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.
Kejutan Tim Debutan, Bhayangkara FC Tertahan di Aceh
Persiraja Banda Aceh menahan Bhayangkara FC dengan skor 0-0 di laga perdana Shopee Liga 1 2020 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.
0
Pasien Positif Corona Aceh Bertambah, Jadi 11 Kasus
Pasien terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) di Aceh sudah mencapai 11 orang.