UNTUK INDONESIA
Kivlan Zen, Ahok dan Tiga Sosok Menangis di Pengadilan
Hukuman yang ditetapkan pengadilan acap kali membuat terdakwa bergidik. Tak terkecuali Kivlan Zen, Ahok dan tiga sosok menangis saat di pengadilan.
Terdakwa kasus dugaan kepemilikan senjta api ilegal Kivlan Zen (kanan) dibantu istrinya mengusap wajahnya saat mengikuti sidang pembacaan dakwaan di PN Pusat, Jakarta, Selasa, 10 September 2019 (Foto: Antara/Reno Esnir)

Jakarta - Hukuman yang ditetapkan pengadilan acap kali membuat terdakwa bergidik. Tak terkecuali bagi sosok-sosok yang dikenal lantang dalam berbicara. Misalnya Kivlan Zein dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang kerap lepas melontarkan pandangannya menangis saat duduk di kursi panas mendengar putusan hakim. 

Berikut kisah Kivlan Zen, Ahok dan tiga sosok yang menangis di pengadilan:

1. Kivlan Zen

Terdakwa kasus kepemilikan senjata api ilegal, Kivlan Zen, sempat menangis sebelum mengikuti sidang dakwaannya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, pada Selasa, 10 September 2019. Istrinya, Dwitularsih terlihat mengusap air mata Kivlan sesaat sebelum sidang dimulai. 

Kuasa hukum Kivlan, Tonin Tachta mengatakan, kliennya menangis karena terharu melihat banyak alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) dan Akademi Militer yang datang ke persidangannya.

"Beliau terharu ternyata banyak temannya yang berempati. Setelah itu waktu Ibu (istri Kivlan) datang tinggal melanjutkan saja tadi," katanya.

Kivlan ZenTerdakwa kasus dugaan kepemilikan senjta api ilegal Kivlan Zen (kanan) dibantu istrinya mengusap wajahnya saat mengikuti sidang pembacaan dakwaan di PN Pusat, Jakarta, Selasa, 10 September 2019 (Foto: Antara/Reno Esnir)

2. Basuki Tjahaja Purnama

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pernah menangis di Pengadilan Negeri Jakarta Utara saat membacakan nota keberatan terkait dugaan penistaan agama pada Selasa, 13 Desember 2016.

Ahok mengaku menangis karena mendapat pertentangan batin karena tak menyangka dituduh penistaan agama. Tak hanya menangis, suara Ahok bergetar saat membacakan nota keberatan.

Eks Bupati Belitung itu diketahui mempunyai kakak angkat bernama Andi Baso Amier. Tak hanya dengan Andi, Ahok juga dekat dengan keluarga kakaknya itu yang beragama Islam. Andi juga sosok yang berjasa ketika menempuh pendidikan di universitas.

AhokMantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (Foto: Fajar.co.id)

3. Ratna Sarumpaet

Terdakwa penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet pernah meneteskan air matanya saat membacakan nota pembelaan atau pledoi di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 18 Juni 2019.

Dalam nota pembelaan yang dibacakannya itu, Ratna mengatakan bahwa kasus yang menjeratnya bermuatan politis. Dia bahkan mengklaim hal itu sengaja dipolitisasi demi kepentingan salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden yang maju di Pemilu 2019.

"Seolah saya telah dengan sengaja menciptakan dan menyebarkan kebohongan demi kepentingan salah satu pasangan calon presiden," katanya diikuti tangis.

Ratna SarumpaetTerdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet meninggalkan ruangan seusai menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (11/7/2019). Majelis Hakim menjatuhkan hukuman dua tahun penjara terhadap Ratna Sarumpaet. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

4. Zumi Zola

Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola meminta majelis hakim memutuskan hukuman ringan atas kasus yang membelitnya saat membacakan nota pembelaan di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta. Bahkan, dia juga meminta tuntutan denda yang diberikan kepadanya agar rendah.

"Saya memohon agar mendapatkan hukuman seringan-ringannya dan tuntutan denda yang dijatuhkan rendah karena ekonomi saya sudah terpuruk," ujar dia diikuti tangis pada 22 November 2018.

Dalam perkara itu, Zumi divonis enam tahun kurungan dengan denda Rp 500 juta subside 3 bulan kurungan dan pencabutan hak politik selama lima tahun. 

Zumi terbukti menerima gratifikasi proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi 2014-2017, dan kasus pemberian suap kepada sejumlah anggota DPRD Jambi terkait persetujuan DPRD terhadap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Jambi Tahun Anggaran 2017 dan 2018.

Zumi ZolaGubernur Jambi nonaktif Zumi Zola meninggalkan gedung KPK seusai diperiksa di Jakarta, Rabu (4/7/2018). KPK memperpanjang masa tahanan Zumi Zola sebagai tersangka penerimaan gratifikasi proyek-proyek di Provinsi Jambi. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)

5. Ahmad Dhani

Tersangka pencemaran nama baik Ahmad Dhani juga pernah meneteskan air mata saat menjalani persidangan kelima di Pengadilan Negeri Surabaya, Selasa 26 Februari 2019. Bukan karena vonis yang akan diterimanya, ternyata Dhani menangis karena tidak bisa menghadiri perayaan ulang tahun sang putri, Shafeea.

"Selamat ulang tahun kepada anakku tercinta Safeea Ahmad yang ke 8 tahun," kata musisi tersebut.

Ahmad DhaniTerdakwa kasus pencemaran nama baik Ahmad Dhani menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. (Foto: Antara/Ali Masduki)


Berita terkait
Ahok dan Mereka yang Ingin KPAI Dibubarkan
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ternyata pernah berpendapat perihal ingin membubarkan KPAI karena menghamburkan uang.
Kivlan Zein, Hantu PKI dan Konsumsi Micin
'Mungkin mantan petinggi militer yang paling sering dihantui oleh sosok PKI, hanya Kivlan Zein.' - Ulasan Denny Siregar
Ahok Semangati Petani Jagung di Humbahas Sumut
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyemangati petani jagung di Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara.
0
Pulang dari Zona Merah, 1 Warga Samosir ODP Covid-19
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Samosir, menetapkan seorang wanita sebagai ODP.