UNTUK INDONESIA
Kisah Manahan dan Persis yang Disaksikan Presiden
Presiden Joko Widodo tidak hanya meresmikan Stadion Manahan, Solo, tetapi juga menyaksikan uji coba Persis melawan Persib Bandung.
Presiden Joko Widodo memberikan bola kepada anak gawang saat peresmian Stadion Manahan, Solo, Sabtu 15 Februari 2020. Peresmian juga ditandai dengan laga uji coba Persis Solo melawan Persib Bandung. (Foto: Tagar/Reyma Pramista)

Solo - Stadion Manahan memiliki sejarah unik karena dua kali diresmikan oleh Presiden. Pada 21 Februari 1998, stadion di Solo itu diresmikan Presiden Soeharto. Dan, 22 tahun kemudian atau tepatnya 15 Februari 2020, stadion itu diresmikan Presiden Joko Widodo setelah direnovasi yang menghabiskan dana Rp 301 miliar tersebut. Peresmian ditandai dengan laga uji coba Persis Solo melawan Persib Bandung. 

Menurut kisah, Presiden Soeharto datang ke Manahan untuk pertama dan terakhir kalinya. Presiden kedua itu datang untuk meresmikan stadion kebanggaan Kota Solo. Namun di tahun itu pula Soeharto lengser dan tak pernah lagi menginjakkan kaki di stadion yang diresmikannya itu. 

Kini, Stadion Manahan kembali direnovasi yang pelaksanaannya butuh waktu hampir dua tahun. Renovasi dimulai pada Agustus 2018 yang saat itu menjadikan sejumlah pemusatan latihan nasional Asian Para Games (APG) 2018 harus dipindahkan.

Stadion Manahan diharapkan bisa ditetapkan sebagai stadion untuk Piala Dunia U-20 2021

Setelah renovasi selesai, Manahan berubah menjadi stadion yang tidak hanya megah tetapi juga sangat representatif untuk pertandingan internasional. Stadion itu memenuhi standar FIFA sehingga bakal dijadikan venue Piala Dunia U-20 2021. 

Sabtu, 15 Februari 2020, Presiden Jokowi pun meresmikan salah satu stadion termegah di Indonesia. Presiden bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan cucu pertamanya Jan Ethes Srinarendra menghadiri peresmian yang disaksikan langsung ribuan suporter Pasoepati yang memadati tribun stadion.

Pasoepati Saksikan Uji Coba Persis Lawan Persib

Mengenakan jaket merah, kedatangan Presiden Jokowi disambut dengan tepuk tangan meriah dari ribuan suporter Pasoepati. Mereka datang ke stadion tidak hanya untuk menghadiri peresmian tetapi juga menyaksikan laga persahabatan Persis melawan Persib Bandung.

Peresmian ditandai dengan pemberian bola sepak dari Jokowi kepada salah satu anak gawang. Selanjutya, pemain Persis dan Persib memberikan bola dengan cara menendangnya ke arah suporter yang duduk di tribun stadion.

Persis vs PersibPeresmian Stadion Manahan, Solo, oleh Presiden Joko Widodo ditandai dengan laga uji coba Persis Solo lawan Persib Bandung, Sabtu 15 Fenruari 2020. Tampak pemain Persib, Zulham Zamrun (kedua kiri) berusaha melewati hadangan pemain Persis, Susanto (ketiga kiri) di laga yang dimenangkan Persib 0-2. (Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha/pd)

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi berharap Stadion Manahan ditetapkan PSSI menjadi salah satu stadion penyelenggara Piala Dunia U-20 2021. Dengan demikian masyarakat Solo bisa menikmati event pertandingan berskala internasional tersebut.

"Stadion Manahan diharapkan bisa ditetapkan sebagai stadion untuk Piala Dunia U-20 2021. Dengan demikian kita bisa bersama-sama melihat laga internasional di stadion yang megah ini," ujar Jokowi.

Peresmian stadion ditandai dengan pertandingan persahabatan Persis melawan Persib pada pukul 20.30 WIB. Pertandingan juga menandai peringatan HUT ke-21 Pasoepati, suporter Persis.

Kendati bermain di kandang sendiri, Persis dipaksa menyerah 0-2 oleh lawannya. Di laga itu, gol Persib dihasilkan Beckham Putra Nugraha di menit 11. Selanjutnya, Kim Jeffrey Kurniawan memperbesar keunggulan Maung Bandung lewat tendangan penalti menit 25.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan jika pengelolaan stadion untuk sementara secara resmi diserahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo pukul 19.00 WIB.

"Tepat pukul 19.00 WIB telah diserahkan pengelolaan sementara kepada Pemkot. Kami dan juga Pasoepati mengucapkan terima kasih, karena dipercaya mengelola Stadion Manahan ini," ujar wali kota yang akrab disapa Rudy tersebut. Wali kota memastikan merawat dan menjaga stadion kebanggaan warga Solo tersebut dengan baik. []

Berita terkait
Presiden Pulang Kampung, Peresmian Manahan Dimajukan
Presiden Joko Widodo akan meresmikan Stadion Manahan, Solo, Sabtu 15 Februari 2020. Usai peresmian digelar uji coba Persis Solo lawan Persib.
FIFA Tinjau Stadion Manahan Sebagai Venue PD U-20
FIFA meninjau Stadion Manahan, Solo, Selasa 17 September 2019 yang jadi salah satu venue bila Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.
Jokowi Kenalkan Stadion Manahan Sebagai Ikon Kota Solo
Renovasi Stadion Manahan sebagai Ikon baru Kota Solo disebut Presiden Jokowi bakal selesai pada September 2019.
0
Banjir di Sumbawa NTB Tewaskan Satu Bocah SD
Bocah kelas 4 SD warga Dusun Untir, Desa Uma Beringin, Kecamatan Untir Iwes, Kabupaten Sumbawa, meninggal dunia akibat hanyut terbawa air banjir.