UNTUK INDONESIA
Kisah Legendaris Jembatan Ancol
Kisah Si Manis Jembatan Ancol pernah terkenal di era 90-an dan menjadi cerita paling legenda di Jakarta.
Sebagian warga masih mempercayai jembatan Ancol adanya makhluk penunggu.(Foto: Tagar/ Muhammad Nefki Hasbiansyah)

Jakarta- Nama Ancol tentunya sudah tidak asing lagi di indera dengan kita, bukan hanya itu saja dulunya juga sampai pernah difilmkan, sampai anak-anak kecil pun tahu tentang kisah tempat itu.

Ancol merupakan salah satu tempat rekreasi, yang bisa dikunjungi untuk melepas penat di tengah hiruk-pikuk Jakarta. Tempat ini pula yang menjadi pilihan bagi anak muda untuk nongkrong bersama teman atau kekasihnya.

Jalan untuk menuju ke lokasi itu memang terkesan biasa saja, namun di balik itu semua menyimpan berbagai kisah misteri.

Hal yang paling terkenal adalah tentang kisah Si Manis jembatan Ancol sebagai salah satu makhluk penunggu di jembatan itu dan diyakini warga lokasi jembatan Ancol tempat angker di Jakarta Utara.

Kisah ini terkenal pada era 90-an, bahkan diangkat juga menjadi film. Kala itu kisah manis jembatan Ancol sangat terkenal dan menjadi cerita paling legenda.

Kronologis cerita tentang kisah ini memang beragam, awalnya bermula ketika salah seorang perempuan bernama Maryam tewas di sekitaran kawasan jembatan Ancol, setelah diperkosa secara bergilir oleh beberapa orang pria.

Usai memperkosanya, kemudian jasad Maryam dibuang ke bawah jembatan. Sehingga warga setempat banyak percaya kalau arwah wanita cantik itu menjadi penasaran dan suka menghantui tempat tersebut.

AncolLokasi jembatan Ancol itu dipercayai adanya penghuni makhluk gaib, salah satu warga mempercayai dengan ada peristiwa kecelakaan paling fenomenal terjadi pada tahun 1950 lalu. (Foto: Tagar/ Muhammad Nefki Hasbiansyah)

Pada jembatan yang menjadi salah satu akses keluar masuk Ancol ini sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang dikaitkan pada sosok penunggu di sana. Tidak jarang banyak kecelakaan terjadi di sini.

Tiap malam Jumat di situ sering nongol sosok wanita berpakaian merah menggunakan payung, saya pernah nyamperin dia, waktu itu saya masih kecil. Pas dekat malah ngilang. Saya lari langsung ke opung.

Salah satu bukti yang dianggap bahwa lokasi jembatan Ancol itu memang dihuni oleh makhluk gaib, yaitu dengan ada peristiwa kecelakaan paling fenomenal terjadi pada tahun 1950.

Berdasarkan pengakuan dari korban yang selamat, kecelakaan itu berawal dari adanya sosok wanita yang muncul secara tiba-tiba di kawasan jembatan Ancol dan menyeberang jalan, sehingga membuat pengendara kehilangan fokus.

Penduduk percaya sosok gaib yang hadir itu adalah Maryam dan itulah alasan di balik semua kecelakaan lalu lintas terjadi di daerah tersebut. Aura mistis yang kuat terasa jika kita datang pada tengah malam.

Ojek Online AncolSeorang pengendara ojek online yang sering mangkal di dekat jembatan Ancol. (Foto: Tagar/ Muhammad Nefki Hasbiansyah)

Bukan hanya sebatas itu saja, pada tahun 1985 saat hujan turun rintik-rintik. Salah seorang pelukis di Ancol bernama Mbak Broto, pernah di datangi oleh seorang wanita yang cantik di kios lukisannya.

Perempuan itu meminta dilukis. Saat lukisan itu baru diselesaikan separuh jadi, tiba-tiba Mbah Broto meminta pamit sebentar untuk ke kamar mandi. sekembalinya itu malah perempuan tersebut sudah tidak ada lagi dan teman-temannya juga tidak tahu keberadaanya.

Di sini saya suka liat buaya putih Mas, terutama saat malam hari. Sosok buaya yang suka muncul pada malam hari adalah simbol kalau akan terjadi kecelakaan di jembatan itu.

Cerita lain yang tidak kalah menariknya dialami seorang tukang tambal ban di sekitar areal jembatan Ancol, Alexander 21 tahun, dirinya pernah melihat sosok Si Manis. Si Manis kerap berdiri di jembatan pada Jumat Kliwon menggunakan payung dan berpakaian merah sambil menangis. Sayangnya ketika dihampiri sosok wanita itu menghilang.

“Tiap malam Jumat di situ sering nongol sosok wanita berpakaian merah menggunakan payung, saya pernah nyamperin dia, waktu itu saya masih kecil. Pas dekat malah ngilang. Saya lari langsung ke opung” ujar Alexander.

Menurut kisah yang tersebar, kematian yang cukup tragis membuat Maryam berubah menjadi sosok Si Manis yang menjadi penunggu jembatan Ancol. Sehingga sering muncul pada saat-saat tertentu.

Jembatan AncolPenduduk percaya sosok gaib yang hadir itu adalah Maryam dan itulah alasan di balik semua kecelakaan lalu lintas terjadi di daerah tersebut. Aura mistis yang kuat terasa jika kita datang pada tengah malam. (Foto: Tagar/ Muhammad Nefki Hasbiansyah)

Pria bertubuh tambun itu menyarankan apabila ingin melewati jembatan tersebut pada malam hari, alangkah baiknya membunyikan klakson kendaraan dan jangan ugal-ugalan. atau bertindak yang tidak sopan kalau akan melewati jembatan itu.

Jembatan Ancol yang sejatinya lurus itu akan terlihat berbelok-belok, apabila pengguna jalan yang melintasi malam hari itu tidak menyalakan klakson sebanyak tiga kali dan bisa saja sampai kehilangan arah dan membuat terjun ke jurang.

Alex juga menambahkan kalau sosok yang menjadi penunggu di jembatan itu bukan hanya Si Manis saja, ada juga sosok siluman yang kerap membunuh tanpa meninggalkan jejak, seperti buaya putih dan ular yang sering terihat di kali.

“Di sini saya suka lihat buaya putih Mas, terutama saat malam hari. Sosok buaya yang suka muncul pada malam hari adalah simbol kalau akan terjadi kecelakaan di jembatan itu,” kata Alex.

Selain sosok buaya, ada juga sosok ular yang kerap memakan anak kecil yang mandi di bawah jembatan. Ular itu tidak dapat ditemukan keberadaannya sampai sekarang, namun pada hari tertentu ular tersebut keluar.

Sekarang mah udah gak begitu sih ya, dulu mah emang kecelakaan tuh udah biasa di sini. Tapi sekarang udah rame jadi ya jarang, cuman tetep kudu sopan, apalagi jangan ugal-ugalan.

Cerita lainnya juga disampaikan oleh Yudi, 37 tahun, yang kediamannya tidak jauh dari lokasi jembatan itu. Pada tahun 2017 lalu, ia pernah melihat mobil taksi yang tercebur ke dalam kali.

Berdasarkan keterangan dari beberapa pihak, kejadian itu dipicu karena pengguna mobil tidak membunyikan klakson. Kecelakaan lain seperti pengendara motor yang terlindas truk kontainer, karena melihat ke laut seakan ada wanita yang menunggu di sana.

Tambal Ban AncolSalah seorang tukang tambal ban di sekitar areal Jembatan Ancol, Alexander 21 tahun. (Foto: Tagar/ Muhammad Nefki Hasbiansyah)

“Dulu waktu kejadian kebakaran di Mangga Dua itu, kan di sini ada juga mobil nyemplung ke bawah jembatan. itu risiko kalo tidak menyalakan klakson di sini. Memang sepertinya ini aneh, tapi memang kejadiannya seperti itu ” kata Yudi.

Yudi juga menambahkan, di jembatan tersebut ada Jin Volker. Dikisahkan dengan makhluk hitam yang tinggi besar, juga menjadi penjaga jembatan. Nama Volker sendiri diambil dari daerah yang tidak jauh dari lokasi jembatan dan mengarah ke laut.

Kehadirannya ditandai dengan keadaan jembatan yang tiba-tiba gelap. Maka dari itu diharuskan untuk membunyikan klakson agar Jin Volker itu minggir dan tidak menghalangi jembatan yang membuat pengendara bisa tercebur ke laut.

Namun di zjaman sekarang, misteri Jembatan Ancol memang sudah tidak begitu santer terdengar. Namun pengendara tetap saja hati-hati saat melewati wilayah itu dan harus menyalakan klakson.

Seorang pengendara ojek online yang sering mangkal di dekat jembatan, Aryo Brataseno, 37 tahun, menyebutkan, kehadiran sosok Si Manis dan makhluk gaib lainnya, sudah tidak begitu santer lagi.

Namun diimbau untuk tetap waspada kalau melewati jembatan pada malam hari, khususnya malam Jumat Kliwon, karena makhluk-makhluk gaib itu sering memperlihatkan dirinya, serta membuat fokus pengedara menjadi terganggu.

“Sekarang mah udah gak begitu sih ya, dulu mah emang kecelakaan tuh udah biasa di sini. Tapi sekarang udah rame jadi ya jarang, cuman tetep kudu sopan, apalagi jangan ugal-ugalan” ungkap Aryo. []

(Muhammad Nefki Hasbiansyah)

Baca cerita lain: 

Berita terkait
Bertahan Hidup dengan Jalan Prostitusi di Aceh
Meski Kota Lhokseumawe Aceh kaya gas alam melimpah, namun sangat banyak persoalan di antaranya perempuan memilih bekerja di jalan prostitusi.
Cerita Pekerja Muslim di Lingkungan Vihara Dharma Bakti Jakarta
18 tahun bekerja di rumah ibadah yang tidak dianutnya.
Ketika Kabut Asap Memburamkan Langit Aceh
Perjalanan kisah pria paruh baya bersama cucunya serta ibu dan anak berjuang melawan kabut asap di Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh.
0
Orang Batak Sudah Mulai Malu Berbahasa Batak
Trisna Pardede menggelar diskusi soal bahasa Batak bersama Saut Poltak Tambunan, penulis novel berbahasa Batak Si Tumoing Manapu Nipi.