UNTUK INDONESIA
Kisah Cinta AHY-Annisa Pohan Hingga Lahir Almira
Almira artinya putri yang mulia, Tunggadewi itu tokoh wanita abad ke 14, Ratu Majapahit yang setia dan berani. Annisa Pohan, istri Agus Yudhoyono.
Kemesraan AHY dan Annisa Pohan. (Foto: Instagram/@annisayudhoyono)

Jakarta - Kisah cinta Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan bermula dari perkenalan keduanya di salah satu radio swasta di Bandung, Jawa Barat, sekitar tahun 2004. Saat itu Agus diperkenalkan dengan Annisa melalui seorang teman yang dikenalnya ketika dia duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) bernama Aditya Djanaka.

Aditya yang merupakan atasan dari Annisa mengenalkan mereka saat dalam jadwal siaran Oz radio Bandung. Diakui oleh Annisa dalam sebuah buku berjudul Sukses Para Penyiar Favoritmu yang ditulisnya sendiri, bahwa pertemuan itu sangat spesial dalam sejarah hidupnya.

"Oz Radio menjadi tempat yang sangat penting dalam kehidupan saya. Saya bertemu dengan suami saya, Agus Yudhoyono, di Oz Radio, dalam kesempatan itu diperkenalkan oleh Punggawa Oz lain bernama Aditya Djanaka."

Hubungannya dengan Agus semakin lama semakin dekat hingga diberitakan sejumlah program infotainment televisi. Annisa Pohan yang saat itu menjadi presenter acara sepak bola bernama Bundesliga dan La Liga semakin kerap muncul di layar televisi.

Hingga akhirnya berbagai media mengabarkan keseriusan pasangan ini ke tahap yang lebih lanjut.

Ada cerita menarik yang sempat dibagikan Annisa dalam akun Instagramnya perihal kisah cintanya dengan Agus. Setelah menjalin hubungan, Agus kemudian mengenalkan calon istri kepada ibunya, Ani Yudhoyono. 

Dalam unggahan foto istri Agus tersebut, Annisa bercerita dikenalkan dengan ibu mertuanya untuk meminta restu. Dalam potret, AHY berambut cepak mengenakan baju lengan panjang warna hitam. Di sampingnya, Annisa dalam balutan kaus v-neck hitam dengan rambut tergerai, duduk berdampingan dengan Ani.

"Saya baru dikirim sebuah foto circa 2004 oleh Tante Purnomo, ini diambil di rumah Cikeas ketika awal-awal Mas Agus kenalin saya ke Memo @aniyudhoyono," tulis Annisa Pohan dalam keterangan foto yang diunggah pada 24 Oktober 2019. 

Annisa juga sedikit bercerita masa lalu awal-awal ia dengan sang suami. Ani sebagai ibu, menurut Annisa memiliki kekhawatiran apakah anaknya mendapat pendamping yang tepat.

Almira artinya putri yang mulia, Tunggadewi itu tokoh wanita abad ke 14, Ratu Majapahit yang setia dan berani. Sedangkan Yudhoyono adalah nama keluarga.

AHY, Ani Yudhoyono, dan Annisa PohanMomen pertama AHY mengenalkan Annisa Poha dengan ibunda Ani Yudhoyono. (Foto: Instagram/@annisayudhoyono)

"Karena Mas Agus dulu adalah seorang prajurit maka harus memiliki istri yang bisa hidup susah dan tahan banting kata Memo. Sedangkan Annisa berasal dari keluarga yang dari lahir sudah berkecukupan dan profesi saya yang seorang pekerja seni dikhawatirkan akan sulit beradaptasi di lingkungan kehidupan militer," ujar Annisa.

Menurut Annisa, kekhawatiran tersebut dirasa sangat wajar sebagai seorang ibu. Namun, AHY selalu meyakinkan Annisa bahwa ia bisa menjadi pendamping yang baik melihat karakter dan cara hidup Annisa.

Selain meyakinkan pujaan hati, AHY juga melakukan hal serupa kepada sang ibunda, Ani Yudhoyono bahwa Annisa adalah pilihan terbaik. Setelah proses itu, tidak perlu waktu lama untuk Annisa dan Ani untuk kian mengenal.

"Akhirnya Memo pun yakin setelah berkenalan dengan saya dan tidak perlu waktu lama Memo segera ke rumah orang tua saya untuk menyatakan keseriusan Mas Agus," tulis Annisa Pohan.

Annisa mengaku mengenal Ani Yudhoyono selama belasan tahun dari sebelum menikah hingga kini, sudah menganggapnya seperti anak kandung. Kedekatan itu pula yang juga dirasakan Annisa.

"Begitupun saya menganggap Memo seperti Ibu sendiri sampai akhir hayatnya. I miss you, Memo," tutur Annisa.

Menikah di Istana Bogor

Tanggal 8 Juli 2005 AHY dan Annisa melangsungkan pernikahan, resepsi digelar di Istana Bogor. Royal Wedding mereka sempat menjadi pembicaraan publik karena resepsi yang dilakukan di Istana milik negara. 

Banyak pihak mengatakan Istana hanya boleh digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan penyelenggaraan negara dan pemerintahan. Namun, banyak juga warga yang menunjukkan antusiasnya untuk menyaksikan pernikahan anak kepala negara saat itu.

Mas kawin yang diberikan Agus untuk Annisa adalah uang Rp 872.005 sesuai tanggal akad mereka. Keduanya mempercayakan tata rias tersebut pada perias asal Yogyakarta, Tienuk Riefki. Sementara untuk busana pengantin menggunakan desain Adjie Notonegoro.

Almira Tunggadewi Lahir

Pada 17 Agustus 2008, tepat pada hari kemerdekaan Republik Indonesia kabar bahagia datang bagi Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan. Mereka dikaruniai kelahiran putri pertama bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono yang kemudian dipanggil Aira.

Aira lahir sekitar pukul 06.21 WIB di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta.

"Almira artinya putri yang mulia, Tunggadewi itu tokoh wanita abad ke 14, Ratu Majapahit yang setia dan berani. Sedangkan Yudhoyono adalah nama keluarga," kata Annisa saat itu.

Kecintaan mereka kepada sang putri akhirnya pada tahun 2009 nama Almira diabadikan sebagai nama yayasaan yang bergerak di dunia anak-anak dan perempuan, Yayasan Tunggadewi.

Karena Mas Agus dulu adalah seorang prajurit maka harus memiliki istri yang bisa hidup susah dan tahan banting kata Memo.

AHY dan Annisa PohanAHY, SBY, Ani Yudhoyono, Annisa Pohan, dan Almira. (Foto: Instagram/@annisayudhoyono)

Tunggadewi Foundation atau Yayasan Tunggadewi didirikan Annisa Pohan, bergerak dalam pengembangan pusat pembelajaran secara informal dengan adanya program Rumah Pintar dan Jendela Dunia. Semua pembelajarannya tersebut tidak dipungut biaya sama sekali.

Hubungan harmonis keduanya berlanjut hingga saat ini, bahkan saat AHY memutuskan untuk mengundurkan diri dari kedinasan militer dan maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta, Annisa selalu setia mendampinginya. 

Dalam sebuah konferensi pers pernyataan politik dari AHY yang maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta, Annisa Pohan mencium tangan dan memeluk sang suami usai AHY berbicara. Kejadian tersebut diabadikan berbagai media. []

Baca juga:

Berita terkait
Putri AHY dan Annisa Pohan Dibully, KPAI: Politis!
Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti mengimbau netizan berhenti membully Almira putri Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Annisa Pohan.
Denny Siregar: Surat Terbuka untuk Partai Demokrat
Demokrat, jangan mentang-mentang partai kaya dan pernah berkuasa, seenaknya mau menindas orang seperti saya. Saya tidak akan mundur. Denny Siregar.
Bara JP Dukung Denny Siregar Hadapi Demokrat di Jalur Hukum
Bara JP mendukung langkah pegiat media sosial Denny Siregar yang siap berhadapan di jalur hukum dengan Partai Demokrat.
0
Kisah Cinta AHY-Annisa Pohan Hingga Lahir Almira
Almira artinya putri yang mulia, Tunggadewi itu tokoh wanita abad ke 14, Ratu Majapahit yang setia dan berani. Annisa Pohan, istri Agus Yudhoyono.