Banda Aceh - Tim gabungan Satuan Narkoba Polresta Banda Aceh dan Dit Narkoba Polda Aceh menangkap pria berinisial AN (37), warga Kecamatan Meurah Dua, Pidie Jaya.

Tersangka ditangkap kedapatan mengirim narkotika jenis ganja sebanyak tiga koper melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar, Rabu 12 Juni 2019 sekitar pukul 06.30 WIB. Barang terlarang itu rencananya akan dikirim ke Pulau Jawa.

Kasat Narkoba Polresta Banda Aceh AKP Budi Nasuha Waruwu mengatakan, tersangka AN ditangkap pada Rabu jelang tengah malam di Jalan Banda Aceh - Medan, tepatnya di Desa Sunong, Kecamatan Merah Dua, Pidie Jaya.

Artikel lainnya: Polda Sumut Amankan Pemilik Narkotika Jenis Katinon

"Saat ditangkap tersangka tak melakukan perlawanan," kata Budi Nasuha, Jumat 14 Juni 2019.

Ia menjelaskan, kasus itu bermula ketika tersangka AN mengirim 50 bal daun ganja kering seberat 61 kilogram yang sudah dikemas dalam tiga koper melalui sebuah jasa angkutan di Banda Aceh pada Rabu 12 Juni 2019 pagi.

Barang terlarang itu diketahui saat petugas curiga ketika memasukkan koper berisi ganja itu ke dalam mesin X-Ray.

Artikel lainnya: Selama Ramadan Peredaran Narkoba di Jatim Turun

"Ketika dibuka ternyata isinya ganja yang dibalut dengan koran," jelas Budi.

Setelah diamankan petugas bandara SIM, barang itu kemudian diserahkan pada Satuan Narkoba Polresta Banda Aceh. Dari hasil pengembangan, tersangka diketahui berada di Pidie Jaya dan dilakukan penangkapan.

"Saat ini tersangka kita amankan dan masih dilakukan pengembangan dan pemeriksaan," kata Budi. []