UNTUK INDONESIA
Khofifah Maklumi Arab Saudi Setop Jemaah Umrah
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta warga Jatim yang akan umrah untuk tidak resah, karena pemerintah sudah mengambil langkah.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Pemprov Jatim/Tagar/Adi Suprayitno)

Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta semua pihak menghormati keputusan Kerajaan Arab Saudi menangguhkan sementara visa calon jemaah umrah untuk mencegah wabah virus corona. Ia pun meminta kepada warga Jatim tak khawatir.

Khofifah mengaku sebagai tamu dirinya tidak bisa berbuat apa-apa dan mencampuri kebijakan Arab Saudi tersebut. Gubernur menyerahkan semuanya kepada kerajaan Arab Saudi. Ia optimis kebijakan yang diambil pemerintah kerajaan Arab Saudi telah didasari pertimbangan keamanan seluruh jemaah.

Kalau ada virus tertentu kita diminta suntik. Format seperti itu kan sudah menjadi satu keputusan Internasional.

"Itu pasti sudah dengan pertimbangan secara komprehensif sampai akhirnya pemerintah Arab Saudi menunda untuk ibadah umrah. kalau yang begitu ojok kabeh-kabeh gubernur komentar rek (Jangan semua gubernur yang komentar)," ujar Khofifah, di Surabaya, Kamis 27 Februari 2020.

Mantan Menteri Sosial itu meminta semua pihak tak mempermasalahkan dengan ditangguhkan visa jemaah umrah. Mengingat hingga saat ini vaksinnya belum ditemukan sejak merebaknya virus corona.

"Kalau ada virus tertentu kita diminta suntik. Format seperti itu kan sudah menjadi satu keputusan Internasional," ucap Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama (NU).

Sementara anggota Komisi E DPRD Jawa Timur Hartoyo meminta duta besar Indonesia untuk Arab Saudi mengomunikasikan lagi terkait penangguhan visa calon jemaah umrah. Mengingat hingga sekarang di Indonesia belum ditemukan suspect penderita corona atau Covid 19.

"Saya berharap ada perwakilan di Arab Saudi bagaimana pendekatan-pendekatan dengan Arab Saudi karena untuk Indonesia itu kan saya rasa tidak ada terjangkit corona," kata Hartoyo.

Politisi Partai Demokrat itu menyakini, pemerintah Arab Saudi juga sudah menyiapkan langkah antisipasi terkit penyebaran virus corona. Sehingga ia menyebut tidak masyarakat tidak perlu khawatir ketika menjalankan umrah.

Untuk diketahui, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memutuskan untuk menangguhkan sementara kedatangan jemaah umrah dari luar negaranya sebagai antisipasi mewabahnya virus corona. Penangguhan visa jemaah umrah tersebut diungkapkan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi pada Kamis waktu setempat. []

Berita terkait
Polda Jatim Tangkap 3 Orang Kasus Bobol Kartu Kredit
Kasus pembobolan kartus kredit yang dibongkar Polda Jawa Timur ternyata melibatkan sejumlah artis sebagai endorse penjualan promo tiket pesawat.
Benarkah Buronan KPK Nurhadi Bersembunyi di Jatim
KPK telah mendatangi dan melakukan penggeledahan di tiga tempat di Jawa Timur untuk mencari keberadaan buronan kasus suap di Mahkamah Agung Nurhadi
Khofifah Lebih Senang Pembayaran SPP Online
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menilai pembayaran SPP melalui online akan lebih transparan jika dibandingkan dengan manual.
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.