UNTUK INDONESIA
Khasiat Lemon untuk Kesehatan Jantung dan Pencernaan
Lemon memiliki beberapa khasiat baik untuk kesehatan jantung dan melancarkan pencernaan. Berikut Tagar ulas.
Kulit Lemon. (Foto: Pixabay/stevepb)

Jakarta - Buah lemon memiliki beragam khasiat untuk kesehatan tubuh, khususnya menjaga kesehatan jantung serta saluran pencernaan.

Buah citrus ini kaya akan nutrisi mulai dari air, bulir, hingga kulitnya. Lemon mengandung beberapa zat seperti karbohidrat, kalsium, zat besi, vitamin A dan C, magnesium, dan fosfor menjadi senyawa yang berguna untuk kesehatan.

Berikut Tagar rangkumkan dari berbagai sumber sejumlah khasiat buah lemon untuk kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah lemon berkhasiat menjaga kesehatan jantung, kebutuhan harian vitamin C sebesar 51 persen mampu terpenuhi, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Buah lemon juga mengandung serat pangan dan senyawa tumbuhan, dapat menurunkan risiko faktor penyakit jantung secara signifikan. Senyawa seperti hesperidin dan diosmin mampu menurunkan kadar kolesterol.

2. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Lemon mengandung serat pektin (serat larut dalam air) yang mampu meningkatkan kesehatan usus dan memperlambat pencernaan gula dan pati.

Sehingga hal ini mampu menjadi faktor pengendalian gula darah dalam tubuh. Caranya mudah, hanya perlu mengolah lemon menjadi jus dan mengonsumsi hingga ke ampasnya.

Jika minum jus lemon tanpa ampasnya, maka manfaat dari buah kuning bulat ini akan hilang.

3. Mencegah Batu Ginjal

Lemon membantu pencegahan terjadinya batu ginjal, kandungan asam sitrat bekerja mencegah pembentukan batu ginjal dengan meningkatkan volume dan nilai pH pada urine. Namun, studi ini masih perlu dilakukan riset lebih lanjut untuk membuktikannya.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam buah lemon berperan penting dalam proses pembetukan kolagen. Studi pada hewan memperlihatkan mengonsumsi vitamin C dalam bentuk aslinya atau mengoleskan secara topikal mampu mencegah terjadinya kerusakan pada kulit.

5. Melawan Anemia

Penyakit anemia terjadi apabila seseorang kekurangan zat besi dari makanan yang dikonsumsi. Lemon menjadi pilihan tepat, karena mengandung vitamin C dan asam sitrat. Kedua nutrisi ini berperan pada proses penyerapan zat besi yang optimal di dalam tubuh.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Mengonsumsi buah lemon memiliki risiko lebih kecil mengalami kanker. Kandungan seperti limonene dan naringenin pada lemon memiliki efek antikanker.

Studi pada hewan menyebutkan D-limonene, kandungan pada minyak lemon bersifat melawan kanker. Namun, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

7. Mengendalikan Tekanan Darah

Studi di Jepang yang dimuat dalam Journal of Nutrition and Metabolsm menemukan partisipan wanita di Jepang yang rutin mengonsumsi lemon setiap hari, dibarengi berjalan kaki memiliki tekanan darah lebih rendah.

Namun, penemuan itu perlu dilakukan pengkajian lebih lanjut lagi, apakah benar mengonsumsi lemon mampu mengendalikan tekanan darah. []

Berita terkait
Trik Mengatasi Depresi Secara Efektif
epresi dapat diatasi dengan penanganan yang tepat dan cepat. Berikut Tagar bagikan ulasannya.
Lima Alasan Pentingnya Mencuci Muka Sebelum Tidur
Mencuci muka sebelum tidur sangat penting untuk dilakukan karena menyimpan sejumlah manfaat. Berikut Tagar ulas efeknya bagi kulit.
Bahaya Sifilis dengan Serangan Silent Desease
Sifilis termasuk salah satu Infeksi Menular Seksual (IMS), disebabkan bakteri Treponema Pallidum yang muncul tanpa tanda.
0
Tingkatkan Minat Baca dan Literasi Indonesia
Tingkat baca rendah jadi alasan BBW hadir membawa bazar buku murah dan berkualitas ke Indonesia